selasar-loader

Mengapa carcinoma mammae hanya menyerang wanita?

LINE it!
Answered May 06, 2018

Andini Ika
Mahasiswa Farmasi UI l Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional 1 Jakarta

rIRP_GmFqCZ2b3koBp8hNzDOmjYPPMKr.jpgDari seluruh penjuru dunia, penyakir kanker payudara (Breast Cancer/ Carcinoma mammae) diberitakan sebagai salah satu penyakit kanker yang menyebabkan kematian nomor lima (5) setelah; kaker paru, kanker rahim, kanker hati dan kanker usus.
Kanker payudara adalah suatu penyakit dimana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara, Faktanya penyakit ini bisa terjadi terhadap wanita maupun pria.

Penyakit kanker payudara memang terbilang penyakit kanker yang paling umum menyerang kaum wanita, meski demikian pria pun memiliki kemungkinan mengalami penyakit ini dengan perbandingan 1 di antara 1000. Hal ini terjadi diakibatkan hormone esterogen yang lebih banyak terdapat pada wanita. Esterogen ini akan membentuk ikatan dengan sel kanker yang tumbuh. 

Keadaan hormon estrogen yang cenderung tidak stabil dapat dikarenakan oleh beragam faktor, terutama kandungan bahan kimia pada makanan seperti bahan pengawet, pewarna kimia, pemanis buatan, dan makanan yang banyak mengandung kolesterol. Sel Kanker Payudara mengandung protein yang dikenal sebagai reseptor hormon yang menjadi aktif ketika hormon mengikat. Reseptor yang aktif dapat menyebabkan perubahan
dalam ekspresi gen tertentu yang dapat menstimulasi pertumbuhan sel.

 

119 Views
Write your answer View all answers to this question