selasar-loader

Apa yang kalian semua harapkan untuk pendidikan di Indonesia?

LINE it!
Answered May 06, 2018

...karena setiap anak memiliki bakat masing-masing dan mempunyai keunikan masing-masing


Fikri Mauli Utomo
Mahasiswa Agribisnis IPB 2014 l Rumah Kepemimpinan Angkatan 8

Pendidikan adalah hal terpenting yang menentukan kehidupan seorang manusia. Semakin tinggi pendidikannya maka semakin kuat juga ia dalam menggenggam dunia. Kita mengenal pendidikan dimulai ketika masih dalam gendongan ibu hingga maut menjemput kita. Begitu pentingnya pendidikan, bahkan dalam agama islam dikatakan menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap muslim dan muslimah. Oleh sebab itu, pendidikan menjadi hal utama dalam pembangunan SDM di setiap negara di dunia ini.

Berbicara tentang pendidikan Indonesia, saya kira masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Setidaknya terdapat tiga permasalahan utama yang terjadi pada pendidikan Indonesia, yaitu 1) tidak meratanya kualitas pendidikan di Indonesia, 2) sistem pendidikan yang masih belum sustain (sering berganti-ganti), dan 3) infrastruktur pendidikan yang masih belum memadai khususnya di daerah-daerah terpencil. Permasalahan tersebut harus dijadikan evalauasi bagi pihak-pihak yang terkait untuk terus berupaya memperbaiki sistem dan kualitas pendidikan di Indonesia. Karena Indonesia memiliki potensi SDM unggul yang siap dididik untuk menjadi solusi bagi permasalahan bangsa ini.

Adapun harapan saya untuk pendidikan di Indonesia, secara umum ada tiga yaitu :

1. Kualitas pendidikan di setiap daerah di Indonesia dapat merata dan memiliki standar yang sama dari segi kurikulum maupun fasilitas pendidikannya. Sehingga, dapat menghasilkan kualitas SDM berpendidikan yang sama dan merata di setiap daerah di Indonesia.

2. Sistem pendidikan segera diperbaiki dan dirumuskan dengan berbagai pihak yang berkompeten. Selanjutnya, sistem pendidikan yang sudah dirumuskan tersebut dapat difiksasi dan tidak ada perubahan yang signifikan lagi.

3. Biaya pendidikan dapat ditekan bahkan di gratiskan mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di seluruh wilayah Indonesia. Sehingga, setiap anak di Indonesia khususnya yang memiliki kekurangan ekonomi dapat menikmati pendidikan.

162 Views
Write your answer View all answers to this question