selasar-loader

Bagaimana sistem pendidikan di Indonesia sekarang? Sudah benarkah?

LINE it!
Answered May 05, 2018

Jelaskan....


Galih Fajar Ramadhan
Mahasiswa Teknik Biomedis ITB

Menurutku, daripada menyalahkan atau membenarkan yang ada, lebih baik fokus pada apa yang bisa kita lakukan sekarang untuk semakin meningkatkan pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan membandingkan dengan sistem pendidikan terbaik di dunia saat ini, yaitu di Finlandia. Ada beberapa hal mendasar yang membedakan sistem pendidikan di Finlandia dengan sistem pendidikan secara umum di dunia, diantaranya:

1. Waktu istirahat yang lebih sering, yaitu 15 menit istirahat setiap 45 menit kegiatan belajar mengajar

2. Waktu sekolah yang lebih pendek, di Finlandia, tidak ada yang namanya kelas di sore hari, semua murid pulang pada siang hari maksimal. Hal ini dilakukan agar siswa tidak merasa terbebani karena terlalu lama di sekolah, dan memberi lebih banyak waktu kepada siswa untuk melakukan kegiatan di luar sekolah.

3. Hubungan yang dekat antara guru-murid, guru-guru, dan murid-murid, tidak dapat dipungkiri, subjek utama pendidikan di sekolah adalah guru, dan objek utama adalah muridnya. Sehingga, hubungan yang kuat perlu dibangun antar elemen utama tersebut.

4. Kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menyenangkan, para guru Finlandia selalu mencari metode untuk menyampaikan materi pelajaran yang menyenangkan, sehingga para siswa dapat menyerap materi tersebut dengan lebih baik, dan tidak menjadi beban.

(berdasarkan beberapa bab di buku Teach Like Finland)

182 Views
Write your answer View all answers to this question