selasar-loader

Setujukah Skripsi diganti dengan Inovasi Project Social ? Atau Membuat StartUp Mungkin

LINE it!
Answered May 05, 2018

Setujukah jika tugas akhir mahasiswa/i Strata 1 ini diganti dengan mahasiswa harus membuat Project Social ? Atau Startup ? 


Andre Basrija
Accounting Student of UNPAD | Awardee Rumah Kepemimpinan Bandung

Saya kurang setuju karena pertanyaan ini menggunakan kata "diganti", yang artinya tidak akan ada lagi (benar-benar ditiadakan) penelitian teoritis yang tertuang dalam karya bernama skripsi. Akan tetapi, jika kata "diganti" diubah menjadi "ditawarkan berbentuk" sehingga pertanyaannya akan menjadi "Setujukah skripsi ditawarkan berbentuk inovasi projek sosial? Atau membuat Startup Mungkin?" Dan jawaban saya akan langsung "Yes!!". Mengapa??

Karena jika skripsi diganti menjadi suatu projek sosial atau startup maka hal ini sesungguhnya menggeneralisasi seluruh disiplin ilmu secara paksa. Meskipun tujuan akhir dari setiap keilmuan di dunia perkuliahan adalah untuk pengabdian kepada masyarakat sosial, tapi setiap mahasiswa di berbagai disiplin ilmu tetaplah harus melahirkan suatu penelitian teoritis yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan penelitian selanjutnya di kemudian hari, mengingat betapa dinamisnya suatu ilmu mengikutinya perkembangan zaman.

Projek sosial sangat identik dengan disiplin ilmu sosial sedangkan startup sangat identik dengan disiplin ilmu ekonomi sehingga akan sangat kurang relevan jika disiplin ilmu lain dipaksakan untuk menciptakan suatau projek sosial ataupun startup. Tapi tidak menutup kemungkinan jika para mahasiswa mampu menciptakan projek sosial ataupun startup yang sesuai dengan keilmuannya masing-masing. 

Sesungguhnya juga karya-karya berbentuk projek sosial ataupun startup sudah dikemas oleh Kemenristekdikti dalam suatu ajang kompetisi bergengsi antar mahasiswa se-Indonesia yang kita kenal dengan nama "Program Kreativitas Mahasiswa". Jadi tujuan direct impact dari mahasiswa kepada masyarakat juga sudah bisa dicapai dari sini. 

Jadi, kembalikanlah keputusan kepada para mahasiswa yang melakukannya, apakah mereka lebih memilih membuat skripsi yang umumnya teoritis, atau justru memilih mendesain suatu projek sosial atau startup dengan syarat tetap mempertahankan atau mengandung unsur keilmuannya. Karena apa pun yang dihasilkan dari keilmuan mereka akan memberi dampak bagi masyarakat sosial baik secara langsung maupun tidak langsung.

188 Views
Write your answer View all answers to this question