selasar-loader

Legalkah jika saya secara terang-terangan mengkampanyekan gerakan golput?

LINE it!
Answered Apr 06, 2018

Zaid Sulaiman
Peserta Rumah Kepemimpinan 8 | mahasiswa ITS 2015 | teknik Material & metalurgi

Golput merupakan singkatan kata dari Golongan Putih. istilah ini biasa digunakan bagi peserta pemilu yang tidak ingin memilih. berbagai macam penyebabnya, bisa jadi disebabkan memang tidak adanya calon pemimpin yang sesuai dengan pilihan peserta pemilu. sehingga mereka memutuskan untuk tidak memilih keduanya.

ketika pertanyaannya adalah legal atau tidaknya dalam mengampanyekan gerakan ini, menurut saya tidak ada masalah dalam hal ini. selama gerakan tersebut bukan lah gerakan yang memaksa masyarakat untuk menjadi golput.

hanya saja menurut saya, ketika memang kita memutuskan untuk tidak memilih kedua atau lebih calon pemimpin, dan memutuskan untuk jadi golput. tentunya tidak menghargai beberapa elemen. ketika memang ada yang memutuskan untuk menjadi golput. berarti pertama mereka tidak menghormati pemimpin-pemimpin sebelumnya atau yang sedang menjabat, karena penggantian pemimpin ini tentu sangat diperlukan untuk memajukan sebuah bangsa. lalu gerakan ini pun tidak menghormati panitia pemilu yang telah meluangkan waktunya untuk mengurus pemilu ini. selain itu gerakan inipun tidak menghormati orang yang telah mendaftarkan dirinya sebagai calon pemimpin, karena calon pemimpin tentunya akan membuat sebuah konsep sebelum memutuskan untuk menjadi pemimpin, dalam pembentukan sebuah konsep pun tidaklah mudah. memerlukan waktu, akal pikiran, dan ada tim tentunya.

maka dari itu, sebelum kalian mengupayakan gerakan golput atau mencoba menjadi bagian dari golput. pertimbangkan lah beberapa hal. karena golput bukanlah solusi dalam menyelesaikan sebuah pemilu. ketika memang memiliki kepentingan maka coba lah untuk mengusung calon pemimpin, jika memang tidak ada maka cobalah untuk menghargai sistem yang sudah di buat.

237 Views
Write your answer View all answers to this question