selasar-loader

Berapa harga kostum Gundala Putra Petir?

LINE it!
Answered Apr 05, 2018

dT8HDWLszsBiAhIvZzOlav-yD9sAkhtt.jpg


Zulfian Prasetyo
Tertarik pada gaya hidup sehat dan pernak-pernik keseharian lainnya.

Gundala Putra Petir adalah superhero Indonesia yang diilhami kisah Ki Ageng Selo, yakni figur di Jawa Tengah yang dipercaya mampu menangkap petir saat tengah bekerja di sawah.

Secara kemampuan superhuman, ia mengingatkan saya pada karakter Thor dan The Flash, namun dengan tampilan visual berupa kostum yang cenderung dipengaruhi oleh The Flash, meskipun warnanya lebih seperti Captain America.

Hanung Bramantyo pernah didaulat untuk menjadi sutradara film Gundala, meskipun akhirnya harus sertijab ke Joko Anwar. Menurut Hanung, harga kostum superhero ternyata sangat mahal. Satu kostum pertama dihargai sebesar Rp 3 miliar. Meski harga kostum selanjutnya tidak semahal itu, yakni Rp600 jutaan, tetap saja ongkos itu terasa mahal karena untuk satu tokoh, dibutuhkan puluhan kostum.

"Sekadar contoh, tokoh Spiderman perlu kostum sampai 70 helai. Belum lagi kostum tokoh lawannya. Jadi, mengingat harganya sangat mahal, kami sedang mencari pembuat kostum yang menawarkan harga lebih murah," tutur Hanung, dikutip Kompas.

Saya kurang paham juga kenapa Hanung menjadikan Spiderman sebagai benchmark-nya. Menurut saya, jika butuh benchmark, dia bisa ambil dari The Flash atau Captain America. Kalau mau kostum yang lebih budget-friendly, ya bisa dari pembuat kostum The Flash versi serial televisi itu.

331 Views
Masamune Priambodo

Wow, 600 juta? Kenapa gak rekrut cosplayer aja buat bikinin ;)   Apr 18, 2018

Zulfian Prasetyo

Bisa sih, Bang, kalau film ini hanya untuk proyek lucu-lucuan aja ;)  Apr 18, 2018

Write your answer View all answers to this question