selasar-loader

Mengapa banyak video lucu di Youtube?

LINE it!
Answered Apr 03, 2018

Andre Basrija
Accounting Student of UNPAD | Awardee Rumah Kepemimpinan Bandung

Simple nya, adakah orang yang tidak suka akan suatu hal yang menghibur? Sepertinya tidak ada.
Dan menurut saya, itulah yang menjadi alasan betapa banyaknya video lucu yang beredar di Youtube. 

Banyak sekali jenis video lucu yang beredar di Youtube, mulai dari yang original hingga editan, baik yang berdurasi cukup panjang hingga yang hanya dalam hitungan detik saja. Namun, apakah para youtuber itu secara suka rela mengunggah video yang telah mereka buat dengan berbagai pengorbanan? Dalam pandangan saya dan sepertinya juga dalam pandangan kalian, tentu saja mereka tidak mengunggah video hanya untuk mengisi waktu kosong, meskipun mungkin ada beberapa yang seperti itu.

Bagi saya, alasan utamanya adalah penghasilan. Perusahaan Youtube sendiri mengapresiasi para youtuber yang telah mengunggah videonya ke Youtube dengan memberikan imbalan uang yang besarnya didasarkan pada banyaknya viewer video tersebut. Dari beberapa referensi yang saya baca, secara mudahnya dijelaskan bahwa setiap 1000 viewers, youtuber akan diberi imbalan sebesar USD 1. Tapi ini hanyalah hitungan kasar untuk mempermudah gambarannya karena bisa saja jauh lebih kecil atau juga lebih besar dari USD 1 per 1000 viewers. Dan Indonesia sendiri memiliki effective cost per mile yang rendah dibandingkan negara lain. Jadi bisa saja saat viewers sudah mencapai puluhan ribu, tapi imbalan yang didapatkan hanya belasan USD.

Tapi terlepas dari penjelasan perhitungan imbalan tersebut, tetap saja para youtuber akan diuntungkan dengan video mereka yang menarik perhatian para watcher. 
Dari sini make sense, banyaknya peminat video lucu menjadi opportunity bagi para youtuber untuk mengunggah video-video lucu agar nantinya jumlah viewer bisa banyak, dan pendapatan yang mereka dapatkan pun bisa besar.

Begini gambaran singkatnya:
Pasar yang besar => Opportunity => Profit

Terima kasih.

204 Views
Write your answer View all answers to this question