selasar-loader

Apakah Ospek mahasiswa a la militer masih relevan dilakukan?

LINE it!
Answered Apr 03, 2018

Mengapa ospek mahasiswa dengan cara militer (ex: konsekuensi atas kesalahan, hukuman fisik) tidak relevan untuk dilakukan? Adakah yang mengetahui referensi buku tentang metode pendidikan?


Hilmy Maulana
memperbaiki diri tanpa henti. Serving you exceed your expectations

Mekanisme pendidikan orientasi kampus yang diterapkan a la militer, sekilas menampilkan perlakuan fisik yang berlebihan, seperti adanya hukuman push-up atau jalan jongkok seperti demikian, mungkin banyak dianggap sebagai metode yang kuno dan harus ditinggalkan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah assesment yang tepat pada peserta didiknya. Sebagai penyelenggara orientasi, kita harus menemukan formulasi yang tepat bagi peserta didik. Kemudiaan, melakukan workshop dengan seluruh unsur pelaksana orientasi. Sehingga diharapkan ada kesamaan visi dan pandangan antara unsur pelaksana dengan unsur pengawas. Kemudian, dalam tahap pelaksanaan, haruslah menerapkan sistem yang sesuai dengan target peserta didiknya. Kemudian, diadakan evaluasi berkenaan dengan pelaksanaan orientasi tersebut. Sehingga, because kekurangan bisa diperbaiki.

Mengenai adanya hukuman, itupun diperlukan sewaktu-waktu. Namun yangboeelu diperhatikan adalah hukuman tersebut diorientasikan kepada peserta didik. Bukan pada pemberi hukumannya. Diharapkan hukuman tersebut tidak melibatkan kontak fisik antar peserta didik dan pemberi hukuman.  Seperti hukuman tendangan, atau pukulan, hal itu harusnya bisa dihapuskan, bahkan dihilangkan. Hukuman yang berupa push-up dan sit-up ataupun squatjumping masih bisa dilakukan. Karena hukuman tersebut bisa menjadi alternatif melatih kedisiplinan. Kemudian juga, diharapkan bisa membentuk mental dan kepribadian bagi peserta didik. Jangan sampai kita mengabaikan aspek kepribadian bagi peserta, karena target dari orientasi pun mencakup aspek tersebut. Mengenai referensi buku yang bisa digunakan untuk acuan, rasanya ada banyak. Bisa menggunakan buku panduan outbond dan outdoor activity, atau psikologi pendidikan. semoga bisa membantu 

147 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored