selasar-loader

Bagaimana cara mengurangi stres di tempat kerja?

LINE it!
Answered Apr 02, 2018

Dio Kuncoro
Teknik Transportasi Laut FTK ITS 2014 | Peserta Rumah Kepemimpinan 4 Surabaya '8

Banyak sekali hal yang dapat dicoba untuk mengurangi stres di tempat kerja. Sebelum menjawab untuk menyamakan frekuensi, pertama di sini saya menerjemahkan "tempat kerja" bukan hanya di kantor, melainkan tempat kerja yaitu di mana kita "bekerja", entah itu di rumah, toko, meja belajar, atau ruangan lainnya. Dan apa yang saya utarakan di sini berdasaran pengalaman pribadi dan tidak melalui pembuktian secara ilmiah, sehingga belum tentu cocok bagi setiap orang. Oke sekarang lanjut ke pembahasan.

Berdasarkan pengalaman saya ada beberapa usaha yang saya lakukan untuk mengurangi stres di tempat kerja.

1. Buat suasana tempat kerja senyaman mungkin

Kita bisa menata dan menghias tempat kerja kita senyaman mungkin sesuai dengan selera kita. Dimulai dari membersihkan meja kerja kita dari kotoran, sampah, maupun hal-hal yang mengganggu lainnya. Lalu menatanya serapi mungkin, menyusun dan meletakkan barang-barang sesuai dengan tempatnya. Setelah itu kita bisa menghias meja/tempat kerja kita dengan dekorasi yang menyenangkan bagi kita, seperti: foto-foto keluarga atau orang-orang tersayang, gambar-gambar lucu, pernak-pernik warna-warni, dan sebagainya.

2. Berikan waktu jeda untuk beristirahat sejenak

Di saat kerjaan menumpuk sedemikian banyak sementara deadline juga semakin mepet, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengambil jeda sejenak untuk sekedar istirahat melemaskan otot-otot badan. Yang biasa saya lakukan yaitu stretching, mendorong tangan ke atas sambil menggerakkan punggung memutar kanan-kiri, lalu memutar-mutar kepala. Bisa juga sambil memijit-mijit bahu dan kepala/kening kita. Dan setelah itu bisa berdiri dan berkeliling sejenak untuk kembali menyegarkan mata dan pikiran. Karena seringkali jika pikiran kita terlalu fokus terhadap suatu hal kita menjadi jenuh dan akhirnya stres.

3. Minum secangkir minuman favorit

Masih berkaitan pula dengan poin nomor 2, kita bisa sejenak menghentikan pekerjaan kita dan membuat secangkir minuman kesukaan kita yang dapat membantu melegakan pikiran. Minuman yang dimaksud bisa kopi, teh, susu, coklat, sirup, jahe, atau yang lain. Dan biasanya yang lebih me-refresh itu adalah minuman hangat, apalagi ketika kita bekerja di malam hari. Kalau untuk saya sendiri biasanya yang paling manjur adalah kopi/teh/coklat hangat.

4. Sharing dengan orang lain

Mempunyai banyak masalah itu memang berat, apalagi jika dipendam sendiri. Maka dari itu, ada baiknya jika kita memang sudah terlalu "penuh" dengan masalah, kita bisa menceritakan "curhat" ke orang lain, entah itu sahabat, teman, atau keluarga. Memang dengan bercerita itu seringkali teman bicara kita tidak bisa banyak membantu secara langsung. Namun secara psikis hati kita akan merasa lebih tenang dan "plong" karena paling tidak kita merasa ada orang lain yang "ada" untuk kita. Sehingga kita tidak akan merasa sendirian dan frustasi. Karena memang naluriahnya kita juga merupakan makhluk sosial.

5. Mendengarkan musik

Kita semua tahu bahwa musik adalah salah satu yang membuat dunia ini lebih "hidup", tanpa musik mungin dunia akan terasa sangat hampa. Dengan mendengarkan musik akan membuat kita menjadi lebih bahagia dan rileks (tentunya dengan pilihan musik yang tepat). Cara ini akan sangat membantu bagi orang dengan tipe belajar audio. Lalu bagaimana dengan yang lain? Mungkin memang tidak semua orang merupakan tipe pembelajar audio, kalau saya sendiri tipe audio-visual. Bisa jadi justru orang malah tidak fokus ketika belajar/mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan musik. Namun kita bisa mencobanya dengan menyediakan sedikit waktu jeda (tidak sambil mengerjakan sesuatu) untuk mendengarkan lagu atau musik yang menenangkan atau kesukaan kita. Karena kini banyak juga penelitian yang membuktikan bahwa irama musik dapat merangsang otak kita, dan banyak juga sekarang musik-musik anti stres/refreshing yang dapat kita download secara gratis di internet.

6. Bernyanyi

Untuk poin ini sebenarnya sangat berdasarkan saya sendiri yang notabene hobi bernyanyi. Namun bisa kalian coba juga. Dengan bernyanyi kita bisa mengekspresikan diri kita. Kita dapat mengeluarkan segala unek-unek kita. Apalagi jika kita menyewa kamar karaoke, kita bisa berteriak-teriak sepuas kita dan dapat menjadikan kita lebih "plong".

7. Sholat dan membaca Al-Quran

Dibanding keenam poin sebelumnya, yang mana kesemuanya memberikan kenyamanan secara lahiriyah saja, poin yang terakhir ini dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan selain secara lahiriyah namun juga rohaniyah. Kita dapat berjeda sejenak dari pekerjaan kita dan melaksanakan sholat (wajib ataupun sunnah), karena sejatinya sholat itu juga merupakan sarana istirahat yang diberikan oleh Allah bagi kita. Lalu kita bisa juga membaca Al-Quran yang merupakan cara berkomunikasi kita dengan Allah SWT. InsyaAllah dengan begitu kita akan menjadi lebih tenang dan produktif lagi. Bagi yang non-islam bisa juga melakukan ibadah sesuai dengan ajarannya masing-masing.

Nah, demikian beberapa poin yang dapat dicoba untuk mengurangi stres di tempat kerja. Semoga bisa bermanfaat!

89 Views
Write your answer View all answers to this question