selasar-loader

Apakah Anda percaya bahwa saat ini penerimaan CPNS bebas praktik suap dan KKN?

LINE it!
Answered Apr 02, 2018

Proses penerimaan CPNS di Kemenkumham dan Mahkamah Agung sedang berlangsung. Lalu disusul Periode II di mana akan tersedia ribuan lowongan untuk 61 instansi dan 1 Pemerintah Daerah. Menkeu Sri Mulyani sendiri menjamin bahwa proses penerimaan CPNS di Kemenkeu bebas KKN. Stigma bahwa untuk menjadi pegawai negeri sipil orang harus membayar ada di masyarakat. Walau pemerintah sekarang coba menghapus KKN dalam proses tersebut dengan sistem yang baik. Dan didukung oleh pejabat-pejabat yang berintegritas tetapi tidak menutup kemungkinan ada celah yang mungkin dimanfaatkan oleh oknum.


Manoressy Tobias
Analis amatir.

Sekadar berbagi pengalaman, sebagai salah satu peserta seleksi CPNS tahun 2017 (yang kemudian untungnya lolos). Khusus lembaga yang saya tuju, saya sama sekali tidak menjumpai/mendengar cerita-cerita "ngasih duit", juga sama sekali tidak dimintai uang, dan tidak ada "koneksi orang dalam". Uang yang saya keluarkan hanyalah untuk ongkos transportasi menuju tempat tes dan jajan depan lokasi tes.

Saya juga memiliki beberapa teman yang sekarang menjadi CPNS di kementerian-kementerian lain, dan mereka menceritakan pengalaman yang serupa. Jadi kelihatannya seleksi CPNS tahun lalu "cukup bersih". Saya katakan "cukup bersih", karena saya juga kurang tahu bagaimana proses seleksi di instansi-instansi lain.

241 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored

Author Overview


Manoressy Tobias
Seorang skeptis. Banyak pikiran, banyak opini.