selasar-loader

Bagaimana cara menulis cerita pendek?

LINE it!
Answered Mar 31, 2018

Saya ingin sekali bisa menulis cerita pendek, namun tidak tahu harus mulai dari mana. Bagaimana caranya? Apa yang perlu saya ketahui lebih dulu?


Muhammad Andika Widiansyah Putra
Agribisnis IPB 2014 | Pegiat FLP Bogor | Peserta Rumah Kepemimpinan Bogor

Hm, menulis cerita pendek ya. Secara teknis, rasanya dua jawaban sebelumnya sudah sangat menggambarkan. Tapi, insyaAllah saya mencoba berbagi dari aspek lain.

Menjadi penulis sangat menyenangkan memang. Setidaknya, itu yang saya rasakan sejauh ini. Bisa menyapa orang lain melalui cerita yang kita gubah, atau berbagi kepada orang lain melalui tulisan-tulisan singkat yang kita ciptakan.

Untuk mulai menulis, sebetulnya mudah saja. Mulailah dari diri sendiri dan dari yang terdekat. Cobalah mulai menceritakan tentang diri kamu, apa yang kamu gemari, lingkungan sekitarmu, dan nanti, mulailah angkat tentang masalah yang kamu hadapi.

Tokoh yang diangkat di awal2 tak usah terlalu banyak dan kompleks. Cukup antara kamu dan ibu, misalkan. Masalah yang diangkat, misal, tentang kamu yang ingin keluar malam dari rumah karena diajak oleh teman-temanmu, lalu ibu tak setuju. Kamu marah karena mengira ibu tak memahami apa keinginan anaknya. Kamu anggap ibu hanya terlalu khawatir tentang nasib anaknya yang sudah dewasa.

Di akhir cerita, tutup dengan hal yang manis. Misal kamu pulang dan bertemu ibu yang ternyata masih terjaga di depan pintu sambil menunggumu. Wajahnya merah, matanya sembab. Tak perlu diakhiri dengan kisah tragis.

176 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored