selasar-loader

Di mana bengkel mobil terbaik di Ambon? Mengapa?

LINE it!
Answered Mar 29, 2018

Duljahari Wilakamar
Orang tua yang senang belajar apa saja

Kalau mau tahu di mana letak bengkel mobil terbaik di Ambon, lebih baik Anda keluar ruangan, lalu lihat mobil Anda. Tanyakan hal-hal berikut ini pada diri sendiri:

  1. Apa merek dan jenis mobil?
  2. Apa tanda-tanda kerusakan yang Anda rasakan?

 

Setelah itu, buka buku informasi yang diterbitkan oleh merek mobil Anda. Di sana, tentu ada daftar bengkel resmi di seluruh Indonesia sebagai bagian dari layanan aftersales mereka.

Bukan apa-apa, namanya bengkel itu pasti ada saja yang "nakal". Kalau ada bengkel yang katanya bagus, tetapi karena Anda dianggap kurang paham mesin, lalu dikibuli, yang dirugikan tentu diri Anda sendiri. Sudah keluar uang, dibohongi pula.

Sebaliknya, bengkel resmi itu kan sudah ada standardisasinya. Standardisasi ini berlaku tidak hanya di bengkel-bengkel yang ada di Ambon, tetapi juga seluruh Indonesia. Sejelek-jeleknya montir mereka, mereka telah mengalami pelatihan dan paham prosedur. Kalau ada kejadian yang macam-macam (misalnya montir nakal), Anda bisa adukan pada pengelola bengkel.

Karena bengkel resmi, akan ada bentuk pertanggungjawaban bila ada hal-hal yang tak diinginkan. Tentunya prosedur pertanggungjawaban itu sendiri cukup jelas. Karena kalau tidak jelas, dampaknya akan menuju ke nama baik merek mereka sendiri. Mereka tentu paham konsekuensi ini. Kalau masih bandel juga hingga ke tataran manajemen bengkel, wah, "empuk" itu untuk diadukan lewat surat pengaduan di koran-koran. Kalau Anda adalah anak muda yang kurang akrab dengan koran, ya sudah, viralkan saja di media sosial. Ujung-ujungnya, mereka sendiri yang merugi, kan?

Namun, ada hal yang wajib diperhatikan. Sebelum bawa mobil ke bengkel, cari tahu dulu "penyakit" mobil Anda. Bisa dengan tanya-tanya teman, bisa juga dengan cari tahu di internet melalui mesin pencari Google. Begitu tahu penyakitnya, tahu cara kerja mesin yang sebenarnya, kita bisa memperkirakan banyak hal, mulai dari bagian apa (sparepart) yang perlu diganti hingga perkiraan biaya perbaikannya. Ini penting, menurut saya, terutama agar kita tidak mudah dibohongi.

Tidak bisa memperbaiki mobil sendiri tak masalah. Yang penting, bisa mengenali penyakit mobil. Tahu apa yang tidak lagi bekerja dengan baik di mesin. Dan itu diawali dari pemahaman yang baik akan cara kerja mesin. Mau laki-laki, mau perempuan, selama memiliki dan mengendari mobil, Anda harus paham kendaraan yang sedang Anda kemudikan. Penting itu.

rZb-70wrq6uJGTAnYvVzQkatWbTzHjDv.jpg ilustrasi via pixabay

Lalu, bagaimana cara menentukan bengkel mobil terbaik?

Ada cara sederhana untuk mengetahui ciri-ciri bengkel mobil yang baik sebenarnya. Yang paling pertama bisa dinilai adalah jumlah pengunjungnya. Bengkel itu sangat ramai atau justru sepi seperti kuburan? Kalau ramai, kemungkinan besar bengkel itu adalah bengkel yang bagus. Yang punya mobil puas dengan pelayanannya secara keseluruhan (atau mungkin puas dengan mekaniknya meskipun bengkelnya sangat kumuh) sehingga mereka datang kembali secara reguler atau teratur. Pelanggan yang puas juga bisa saja merekomendasikan bengkel tersebut kepada koleganya sehingga ada semacam marketing otomatis yang bergaya word of mouth. Ini tidak hanya berlaku di bengkel resmi ya. Bengkel tidak resmi pun berlaku. Justru rekomendasi orang akan menjadikan patokan utama untuk dijadikan alasan memilih bengkel yang tidak resmi.

Ciri kedua yang menandakan bengkel mobil yang baik adalah kelengkapan peralatan. Semakin lengkap peralatannya, semakin niat bengkelnya. Tandanya, bengkel itu tumbuh nan berkembang. Ini tidak bisa dijadikan satu-satunya patokan, tentu saja. Bisa saja pemilik bengkel merupakan orang bermodal kuat sehingga dukungan dana untuk kelengkapan peralatannya pun kuat.

Ciri ketiga bengkel mobil yang baik adalah mekaniknya, dalam hal ini kualitas sang mekanik. Anda tidak bisa menilai bagus-tidaknya mekanik di sebuah bengkel berdasarkan jumlah mereka yang banyak. Anda juga tidak bisa menilai bagus-tidaknya sebuah bengkel dari seragam mekaniknya. Tidak begitu. Kalau ingin melihat bagus-tidaknya mekanik di sebuah bengkel, lihat tangan mereka. Lihat bagaimana mereka bekerja; apakah cekatan atau tidak. Mekanik yang bagus biasanya sudah tahu apa yang harus dilakukan dan itu terlihat dari gerakan tangannya yang tampak yakin dengan yang ia kerjakan. Mekanik yang kurang bagus sebaliknya; agak ragu mulai dari raut wajah hingga gerakan tangan. Coba Anda ke bengkel yang bagus, lalu perhatikan bagaimana mekaniknya bekerja. Lanjut pergi ke bengkel yang Anda anggap kurang bagus, perhatikan lagi cara kerja mekaniknya. Tapi siap-siap dengan risiko terburuknya ya, hehehe.

Customer service juga bisa dijadikan dasar bagus-tidaknya sebuah bengkel, mau bengkel mobil atau bengkel motor. Bengkel yang bagus biasanya punya layanan customer service yang baik. Ini mungkin tampak sepele bagi sebagian besar orang. Tetapi kalau seseorang memang “niat” membangun bengkel, dia akan memperhatikan hal-hal yang sekilas tampak sepele.

Siapa yang mendapatkan keuntungan dari bagusnya customer service bengkel? Ya, kita sendiri. Coba tanyakan pada diri sendiri; apakah kita akan lebih senang mengunjungi bengkel yang menyambut kita dengan ramah dan menyenangkan atau justru bengkel yang acuh terhadap konsumen? Ah, tentu Anda sudah tahu sendiri jawabannya. Yang jelas, bengkel yang terbukti bagus memiliki customer service yang informatif. Bicaranya lugas alias tidak bertele-tele. Ia akan sabar melayani nasabah dan keluhan-keluhan yang menyertainya.

Meskipun cuma customer service, ia juga memiliki pengetahuan tentang mesin yang cukup memadai, jadi kalau Anda cerita masalah pada mesin mobil melalui ciri-cirinya saja, mereka sudah bisa membuat analisis tentang bagian-bagian mesin yang tidak bekerja dengan baik untuk selanjutnya memberi tahu masalah tersebut pada sang mekanik. Tentu keramahan dihitung sebagai aspek penilaian customer service yang baik juga sehingga membuat pengunjungnya betah dan memutuskan untuk menjadi pelanggan tetap.

Itulah kira-kira ciri bengkel mobil yang bagus. Sekali lagi, bila ingin mengetahui bengkel yang bagus, Anda bisa juga bertanya langsung pada teman atau saudara yang biasa mengunjungi bengkel selain mengenali cirinya berdasarkan kriteria di atas.

Mengecek kondisi kendaraan adalah hal yang penting demi kenyamanan kita sebagai penggunanya. Maka dari itu, mari serahkan urusan pada bengkel mobil yang terpercaya untuk menanganinya.

159 Views
Write your answer View all answers to this question