selasar-loader

Mengapa orang Indonesia banyak yang rasis?

LINE it!
Answered Mar 28, 2018

Fida A
Wakil Ketua BEM Fakultas Psikologi Unpad 2017; Fapsi Unpad 2014

mari mulai dari mendeifinisikan rasis, rasis berasal dari suatu paham yaitu rasisme. paham ini mengatakan bahwa perbedaan biologis inidvidu menentukan pencapaian individu tersebut, dengan bahsa lain ada inidviduu yang lebih superior didbandingkan dengan individu lainya hanya karena memiliki perbedaan biologis. 

menurut saya rasisme ini berasalh dari belief manusia (sistem kepercayaan) manusia yang membentuk pemahaman bahwa merekalah orang - orang terbaik di dunia ini. terbentuknya belief ini sangat dipengaruhi oleh budaya yang berada pada sekitar individu tersebut. pada titik tertentu, tidak menjadi masalah sama sekali ketika seseorang diharuskan percaya bahwa dirinya adalah yang terbaik, justru akan mebuat dirinya produktif karena timbulnya self motivation belief. Namun, budaya - budaya di indonesia terutama jawa yang cederung patrmonial - peternalistik tidak mengijinkan anak - anak yang merupakan bagian dari masyrakat untuk berpikir terbuka terhadap sesuatu yang baru. cara berpikir rasis kemudian muncul karena penanaman belief yang berlebihan tanpa dibersamai oleh keterbukaan pikiran terhadap sesuatu yang baru akibat budaya paternalistik tadi. 

kedepan, jika mengacu kepada perkembangan teknologi yang mau tidak mau membuka batasan - batasan diri individu, maka akan terbentuk iklim yang bisa menjadi stimulus untuk membuka pikiran. kesempatan membuka pikiran ini jika berhasil dimanfaatkan dengan baik akan menjadi sebuah langkah besar bagi individu untuk menjauhi rasis tersebut, tentu perlu pembinaan intensif agar hal ini bisa terwujud

222 Views
Write your answer View all answers to this question