selasar-loader

Bagaimana Cara Cepat Berhenti Merokok?

LINE it!
Answered Mar 28, 2018

"Merokok dapat menyebakan kanker". Itu salah satu bunyi iklan yang sering kita dengar, hal ini memnag benar karena dampak rokok bagi kesehatan sangat banyak. Lantas bagaimana cara cepat berhenti merokok?


Fida A
Wakil Ketua BEM Fakultas Psikologi Unpad 2017; Fapsi Unpad 2014

Ada sebuah metode kontrol perilaku yang dapat digunakan bagi siapapun yang ingin menghentikan kebiasaan buruknya. Asumsi dasar dari metode kontrol perilaku ini adalah bahwa setiap individu memiliki kontrol atas dirinya. Sederhananya individu berkehendak penuh atas pilihan -  pilihan yang akan diambil oleh individu tersebut dalam hidupnya. implikasi dari asumsi tersebut adalah metode ini sangat efektif bagi mereka yang memiliki kepercayaan bahwa hidupnya dia tentukan sendiri (internal locus of control), sementara kurang efektif bagi mereka yang lebih percaya hidupnya ditentukan oleh lingkungan (eksternal locus of kontrol). Jadi, anda yang mana? 

prinsip dasarnya ada dua, pertama adalah menunda, dan yang kedua adalah mengurangi. Namun keduanya dilakukan tidak secara langsung, yang dimaksud dengan tidak secara langsung adalah tidak menjadikan 0 sebagai titik akhir anda di hari itu juga. sederhananya, jika anda biasa merokok 3 batang sehari maka jangan buat di hari dimana anda ingin berhentu merokok 0 rokok yang anda konsumsi hal ini berkaitan erat dengan sistem hormonal tubuh anda yang sudah terstimulasi dengan nikotin dari rokok, maka lakukanlah secara perlahan dalam proses menguranginya. jika anda merokok sehari 3 batang, maka dihari selanjutnya dalam sepekan atau 5 hari, anda merokoknya 2,5 btang saja. jika dirasa tidak ada penolakan dari tubuh (pusing - pusing karena wanting nikotin) maka anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu merokok 2 batang perhari. sampai nanti anda berhasil tidak merokok sebatangpun dalam sehari, namun masih merokok beberpa batang dalam sepekan. hal itu juga yang kemudan menjadi prinsip dasar kedua dalam terapi kontrol perilaku, yaitu mengurangi frekwensi perilaku yang ingin dihilangkan. Akhir dari terapi kontrol perilaku ini adalah anda yang menentukan, apakah sudah puas dengan merokok beberapa batang per pekan? atau tidak? 

prinsip selanjutnya adalah menunda, pada bagian ini sederhananya jika anda biasa merokok jam 7 pagi seteah sarapan maka berusahalah dengan kontrol diri anda untuk tidak merokok di jam 7 pagi, tapi anda tunda hingga jam 10 atau jam 12 ketika makan siang. perhatikan rentang waktu yang anda putuskan sebagai waktu penundaan anda. mulailah dengan rentang waktu yang tidak banyak dari waktu biasa anda merokok, hingga di akhir anda akan bisa menunda merokok dalam sehari dalam waktu yang anda inginkan. 

tentu dalam proses berhentinya pasti anda akan mengalami banyak dilema, ada keinginan yang menggebu - gebu untuk merokok dan diri anda berusah amengontrol dorongan itu. hal yang perlu diperhatikan dan bisa dilakukan adalah melakukan aktivtias pengganti meroko. biasanya perokok yang ingin berhenti menggunakan lolipop sebagai pengganti rokok untuk membantunya menunda atau mengurangiaktivtias merokok

 

semoga membantu

170 Views
Write your answer View all answers to this question