selasar-loader

Apakah itu literasi? Apa saja pembagian dari literasi itu sendiri? Dan seperti apa contohnya?

LINE it!
Answered Mar 27, 2018

Apakah itu literasi? Lalu,apa saja pembagian dari literasi itu sendiri? Dan seperti apa contohnya?


Zulfian Prasetyo
Sastra bukan hanya bahasa. Sastra adalah puncak peradaban.

Saya sebenarnya agak bingung dengan pernyataan awal Hamdi Alfansuri. Ia bilang, kata itu (atau istilahnya lema) tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Karena penasaran, saya buka URL yang merupakan KBBI daring yang asli (FYI, ada beberapa yang tidak asli, kalau saya tidak diperkenankan melabelinya "kw").

Saya coba ketikkan lema "Literasi" demi memuaskan rasa penasaran. Ternyata, ada. Inilah pengertian atau definisi dari literasi. Saya sadurkan dari kbbi.kemdikbud.go.id.

li.te.ra.si1 /litêrasi/

  1. n kemampuan menulis dan membaca
  2. n pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu: -- komputer

li.te.ra.si2 /litêrasi/

  • n penggunaan huruf untuk merepresentasikan bunyi atau kata
 
Definisi atau pengertian literasi sudah terungkap. Selanjutnya adalah pembagian literasi. Untuk yang satu ini, saya agak bingung juga mau mulai dari mana. Tapi saya menemukan bahwa diri saya sepakat dengan pernyataan dari Pak Ikhwanul Halim, seorang pria yang sehari-hari berkutat dengan jagat literasi, juga mas Hamdi si pecinta kata (dan sekaligus wanita, mudah-mudahan).
 
Baca, tulis, dan hitung dapat dianggap sebagai pembagian dari literasi karena merupakan bagian dari literasi itu sendiri. Sebenarnya kalau mengacu pada KBBI, yang utama adalah baca dan tulis sih. Tapi saya teringat juga perihal literasi finansial yang rasanya mustahil dilakukan tanpa melibatkan keahlian menghitung. Jadi, berhitung seharusnya bisa dianggap sebagai pembagian dari literasi, meski mungkin masih debatable juga. Pihak KBBI mau mempertimbangkan ulang, mungkin?
 
Contoh-contoh literasi adalah seperti berikut ini.
 
Literasi Kesehatan

Literasi kesehatan merupakan kemampuan untuk memperoleh, mengolah serta memahami informasi dasar mengenai kesehatan serta layanan-layanan apa saja yang diperlukan di dalam membuat keputusan kesehatan yang tepat.

Literasi Finansial

Yang kedua adalah literasi finansial, yakni kemampuan di dalam membuat penilaian terhadap informasi serta keputusan yang efektif pada penggunaan dan juga pengelolaan uang, di mana kemampuan yang dimaksud mencakup berbagai hal yang ada kaitannya dengan bidang keuangan.

Literasi Digital

Literasi digital merupakan kemampuan dasar secara teknis untuk menjalankan komputer serta internet, yang ditambah dengan memahami serta mampu berpikir kritis dan juga melakukan evaluasi pada media digital dan bisa merancang konten komunikasi.

Literasi Data

Literasi data merupakan kemampuan untuk mendapatkan informasi dari data, lebih tepatnya kemampuan untuk memahami kompleksitas analisis data

Literasi Kritikal

Literasi kritikal merupakan suatu pendekatan instruksional yang menganjurkan untuk adopsi perspektif secara kritis terhadap teks, atau dengan kata lain, jenis literasi yang satu ini bisa kita pahami sebagai kemampuan untuk mendorong para pembaca supaya bisa aktif menganalisis teks dan juga mengungkapkan pesan yang menjadi dasar argumentasi teks

Literasi Visual

Literasi visual adalah kemampuan untuk menafsirkan, menciptakan dan menegosiasikan makna dari informasi yang berbentuk gambar visual. Literasi visual bisa juga kita artikan sebagai kemampuan dasar di dalam menginterpretasikan teks yang tertulis menjadi interpretasi dengan produk desain visual seperti video atau gambar

Literasi Teknologi

Literasi teknologi adalah kemampuan seseorang untuk bekerja secara independen maupun bekerjasama dengan orang lain secara efektif, penuh tanggung jaab dan tepat dengan menggunakan instrumen teknologi untuk mendapat, mengelola, kemudian mengintegrasikan, mengevaluasi, membuat serta mengkomunikasikan informasi.

Literasi Statistik

Literasi statistik adalah kemampuan untuk memahami statistik. Pemahaman mengenai ini memang diperlukan oleh masyarakat supaya bisa memahami materi-materi yang dipublikasikan oleh media.

Literasi Informasi

Literasi informasi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang di dalam mengenali kapankah suatu informasi diperlukan dan kemampuan untuk menemukan serta mengevaluasi, kemudian menggunakannya secara efektif dan mampu mengkomunikasikan informasi yang dimaksud dalam berbagai format yang jelas dan mudah dipahami.

Ini saya sadur dari gurudigital.id

234 Views
Write your answer View all answers to this question