selasar-loader

Bagaimana cara memutihkan wajah dengan mudah?

LINE it!
Answered Mar 23, 2018

Kulit wajah kusam tentu sangat tidak enak dipandang. Sedangkan keuangan tidak mendukung untuk kita melakukan perawatan wajah mahal. Lalu bagaimana cara memutihkan wajah dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah?


Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Sebenarnya, ada banyak cara yang tergolong mudah dalam memutihkan wajah. Cara memutihkan wajah paling mudah adalah dengan menggunakan sabun cuci muka yang mengandung vitamin C secara teratur sebanyak dua kali sehari. Tidak kurang, tidak lebih karena dapat membuat kulit jadi kering. Cara memutihkan wajah lainnya adalah dengan rajin minum air mineral. Ibu saya yang rajin minum air mineral wajahnya tampak cerah dan awet muda. Menyegarkan wajah dengan air (termasuk berwudhu) bisa juga menjadi cara memutihkan wajah, dalam hal ini mencerahkan. Maksudnya, orang yang tadinya berwajah kusam bisa jadi lebih segar atau enak dipandang.

Sementara itu, ada hal-hal yang juga perlu dihindari dalam upaya memutihkan wajah ini. Menghindari polusi adalah salah satunya, termasuk menghindari kontak dengan asap rokok (coba perhatikan, para perokok biasanya punya wajah lebih kusam). Selain itu, hindari terkena sinar matahari langsung (terpapar) kira-kira pada pukul 11.00-15.00. Ini berguna tidak hanya untuk kulit wajah, tetapi juga kulit di badan. Setelah berjilbab, kulit selain wajah memang lebih putih. Hehehe.

Ada cara memutihkan wajah yang juga alami, lho. Beberapa bahan di bawah ini bisa membantu memutihkan kulit wajahmu secara alami.

Kulit jeruk

PSGHRG1pNedLNfTwBtDZk0deeV_EQnw_.jpg

Kulit kulit jeruk mengandung lebih banyak Vitamin C daripada daging buahnya. Vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Vitamin C pada jeruk juga merupakan agen bleaching alami yang dapat menghilangkan kekusaman akibat terpapar sinar matahari. Begini cara memutihkan wajah dengan kulit jeruk.

  1. Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering
  2. Haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk
  3. Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta
  4. Oleskan pasta pada wajah dan diamkan selama 15 menit
  5. Bilas dengan air hangat

Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

Pepaya

7GZAgyDizPNbmZTqp6lrxmZA6KoozhR4.jpg

Pepaya kaya akan enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan dalam buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembabkan kulit.

Pepaya memang merupakan tabir surya alami yang dapat menghambat pigmentasi kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pepaya dapat dikonsumsi secara langsung untuk mencerahkan kulit atau dibuat menjadi masker dengan langkah-langkah berikut.

  1. Bersihkan pepaya dan potong menjadi beberapa bagian
  2. Haluskan pepaya, lalu oleskan masker pada wajah
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  4. Bilas dengan air hangat

Perawatan ini bisa dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Kentang

kYbFBdSyM9yaf2GnVFUBAetasmKlFgue.jpg

Kita mungkin mengenal kentang sebagai salah satu bahan makanan favorit kita. Ternyata, kentang juga bisa kamu andalkan untuk urusan merawat dan memutihkan kulit wajah. Antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam menyamarkan flek atau bintik hitam yang menyebabkan kulit wajah terlihat kusam.

Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada kentang juga berperan sebagai pencerah wajah kusam yang diakibatkan oleh flek hitam maupun minyak berlebih. Kamu bisa ikuti cara berikut untuk memutihkan wajah dengan kentang.

  1. Siapkan 1 buah kentang berukuran sedang, lalu kupas kulitnya
  2. Rebus kentang hingga matang
  3. Potong kentang kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam wadah
  4. Kemudian haluskan hingga menyerupai pasta
  5. Tambahkan 1 sendok makan susu
  6. Tambahkan minyak zaitun (opsional)
  7. Aduk hingga tercampur rata, lalu aplikasikan langsung pada wajah anda
  8. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat

Pisang

QRvT8ImBNP4dRd0KVLfyS567w8HDam75.jpg

Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara memutihkan kulit wajah dengan buah ini, begitu mudah:

  1. Haluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut
  2. Tambahkan 1 sdm madu
  3. Campur hingga rata lalu
  4. Oleskan pada wajah
  5. Biarkan mengering selama 20 menit
  6. Bilas dengan air bersih

Tomat

X8rWPKd4xtihjEcMNsJbg31uzcSjyCth.jpg

Senyawa antioksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah dan berseri. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Cara menggunakannya seperti berikut ini.

  1. Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur
  2. Oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 30 menit
  4. Bilas dengan air bersih.

Dengan melakukan cara memutihkan wajah secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu maka hasil yang didapat akan memuaskan.

Kira-kira itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan utuk memutihkan wajah. Tapi jangan lupa, kunci utama dari semua cara di atas adalah “rutin”. Jadi, jangan malas melakukannya, ya!

Selamat mencoba!

 

Ilustrasi: Pixabay

239 Views
Write your answer View all answers to this question