selasar-loader

Apa saja fakta BPJS Kesehatan yang wajib diketahui?

LINE it!
Answered Mar 23, 2018

BPJS Kesehatan tentu bukan hal yang asing di telinga kita. Namun, bisakah kamu memberitahukan fakta-fakta terkait badan usaha penyelenggara sistem jaminan kesehatan nasional ini? Yuk, jawab tantangan Selasar dengan sharing ilmu kamu di sini!


Ade Ratri
Konselor pendidikan

Fakta terbaru yang harus kamu ketahui adalah bahwa BPJS Kesehatan kini telah memiliki aplikasi online yang dinamakan dengan Mobile JKN yang dilengkapi dengan belasan fitur yang akan membantu peserta BPJS untuk memantau segala hal yang berhubungan dengan administrasi BPJS Kesehatan.

Pembuatan aplikasi tersebut berdasar pada adanya pengetahuan bahwa perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi semakin pesat, di antaranya penggunaan perangkat telepon pintar yang saat ini sudah dimiliki sebagian masyarakat, jumlah pengguna telepon pintar di Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 100 juta orang, serta tren teknologi saat ini mengarah ke penggunaan mobile application (Apps yang banyak digunakan seperti media sosial saja mencapai 92 juta pengguna atau sekitar 32% dari populasi).

Saat ini peserta atau calon peserta BPJS Kesehatan dapat men-download aplikasi ini melalui Google Play Store maupun Apple Store. Aplikasi Mobile JKN berjalan dengan baik bila menggunakan perangkat mobile dengan sistemĀ  operasi Android 4.0 ke atas dan iOS 10 sangat dianjurkan. Dengan Aplikasi Mobile JKN, akses pelayanan BPJS Kesehatan kini ada dalam genggaman.

6i1tsoTF_iZLIcDpljZSOYie7qT6Qo0i.jpg

Adanya Mobile JKN menjadi salah satu cara bagi BPJS Kesehatan untuk melakukan peningkatan pelayanan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, terdapat peningkatan jumlah peserta BPJS yang men-download JKN Mobile menjadi target yang terus digenjot oleh BPJS Kesehatan. Sudah kah kamu men-mendownload BPJS online?

Menurut saya, adanya BPJS Kesehatan Mobile atau dikenal dengan Apps-nya Mobile JKN sangat membantu peserta BPJS dalam mengecek kepesertaan. Akses informasi akun ini benar-benar tanpa batas. BPJS memberikan semua fasilitas pengecekan informasi dari akun yang BPJS yang dimiliki dalam satu genggaman melalui berbagai fitur dalam satu aplikasi. Tidak hanya itu, adanya fitur skrining riwayat kesehatan juga mampu membantu masyarakat untuk mengenali kesehatan tubuhnya sendiri.

Bagi pihak BPJS, aplikasi Mobile JKN ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi ke dalam bentuk Aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta di mana saja kapan pun tanpa batasan waktu (self service).

Tentu saja terobosan ini membuat peserta BPJS menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan segala aktivitas administratif. Peserta menjadi tidak wajib mendatangi kantor cabang BPJS terdekat karena semua sudah digantikan dalam teknologi yang diringkas di aplikasi Mobile JKN. Peserta menjadi tidak dirugikan secara waktu, tenaga, juga uang karena semua bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

188 Views
Write your answer View all answers to this question