selasar-loader

Apa yang dimaksud dengan 5W 1H dalam menulis berita?

LINE it!
Answered Mar 22, 2018

Andara Geofani
Suka membaca, Engineer, Hobi Makan

Berita adalah sejumlah informasi yang tersusun sedemikian rupa untuk disampaikan pada masyarakat. Berita adalah peristiwa yang mengandung hal menarik, luar biasa, dan terkini (aktual). Tidak semua peristiwa layak dan perlu diberitakan. Peristiwa yang layak diterbitkan ialah peristiwa yang penting, menarik, dan aktual. Jadi, berita merupakan laporan mengenai kejadian atau peristiwa yang "diperlukan" oleh masyarakat.

Syarat berita yang baik antara lain aktual, faktual, besar, dan adil atau tidak memihak. Dalam media massa, berita yang disajikan bersifat aktual dan menyangkut hal-hal yang menarik bagi masyarakat umum. Isinya beragam, mungkin hal itu berkenaan dengan masalah hukum, kriminalitas, politik, keagamaan, kebudayaan, kesehatan, olahraga, hobi,

dan masalah-masalah lainnya. Berita dapat kita ikuti melalui media-media massa, seperti

radio, televisi, koran, majalah, atau internet.

Berita dalam surat kabar disajikan dengan struktur piramida terbalik. Berita-berita utama disimpan pada bagian atas sebagai lead atau teras berita dan semakin ke bawah sajian berita itu semakin tidak penting.

  • Teras berita
  • Tubuh berita
  • Akhir berita

Teras berita merupakan bagian yang paling penting, biasanya sudah mewakili seluruh isi berita. Bagian ini memuat informasi yang merupakan jawaban 5W 1H (what-apa peristiwanya, who-siapa yang mengalaminya, where-di mana kejadiannya, when-kapan peristiwa itu terjadi, why-mengapa hal itu terjadi, dan how-bagaimana suasana atau akibatnya).

aDL9ewrT_fZ80chH_bGSlBn9aLvvXbI8.jpg

Tubuh berita berisi ulasan atau informasi lengkap tentang teras berita dan berangsur-angsur ke hal yang kurang pentingyang termuat pada akhir berita.

Berdasarkan pola tersebut, segi kepentingan berita semakin ke bawah semakin berkurang. Nilai yang paling penting terletak pada kepala berita. Dalam leader, terdapat unsur 5W 1H. Akan tetapi unsur manakah yang disebutkan lebih dahulu? Untuk bisa menentukan unsur mana yang paling penting, penulis itu sendiri yang harus bisa mengukurnya.

Isi sebuah berita harus tepat, benar, dan tidak terdapat kesalahan. Karena itu, dalam menulis berita harus didukung dengan langkah konfirmasi dari pihak- pihak yang terkait dalam pemberitaan. Berita disusun secara urut, di mana isi berita yang penting dan jangkauan informasinya luas diletakkan pada bagian awal. Sedangkan, bagian yang kurang penting, bersifat khusus, dan sempit jangkauan informasinya diletakkan pada bagian akhir berita.

Dengan demikian, unsur-unsur berita menyangkut enam pokok penting, yaitu:

  1. nama peristiwa (apa)
  2. pelaku (siapa)
  3. tempat (di mana)
  4. waktu (kapan)
  5. sebab-sebab peristiwa itu terjadi (mengapa)
  6. prosesnya (bagaimana)

Kelengkapan berita terkait dengan unsur-unsur berita yang terdiri atas pertanyaan apa, siapa, di mana, kapan, kenapa, dan bagaimana (5W 1H) dari suatu peristiwa yang terjadi harus lengkap agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi.

Keenam hal tersebut lazim ditempatkan di bagian awal pemberitaan sebagai bagian yang secepatnya harus diketahui pemirsa. Bagian awal ini disebut pokok berita atau lead. Pokok berita memaparkan klimaks kejadian secara ringkas, lengkap, dan jelas. Jadi, pokok berita sifatnya ringkas, tetapi menjawab segenap pertanyaan 5W 1H (apa peristiwanya, siapa yang mengalami, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana suasana atau akibatnya).

Berita harus ditulis berdasarkan keadaan sebenarnya dan tidak memihak/berat sebelah. Berita tidak boleh dibumbui dengan opini sehingga merugikan pihak yang diberitakan dan harus disampaikan tanpa usaha untuk memengaruhi pembaca atau pendengarnya.

Suatu berita dikatakan menarik jika berguna bagi pembaca. Isi berita hubungannya dekat dengan fakta yang disajikan ini berkenaan dengan kehidupan atau lingkungan pembaca/pendengar. Selain itu, berita juga harus memiliki daya pengaruh yang kuat.

202 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored