selasar-loader

Bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat?

LINE it!
Answered Mar 21, 2018

Dunia ini tidak hanya didominasi oleh orang-orang yang ingin cepat kurus. Banyak orang yang juga ingin tahu bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat. Apa saja yang harus dilakukan? Mungkinkah dengan banyak makan makanan dengan asupan kalori yang tinggi?


Adibah Rasikhah Amanto
Health Nutrition UGM 2016

Sebenarnya kecenderungan untuk menambah atau mengurangi berat badan dipengaruhi oleh 2 hal, intrinsik (genetik) dan ekstrinsik (lifestyle) seseorang. Jika Anda menemui orang kurus namun makannya banyak, berarti mereka memiliki sisi genetik yang memang membuat mereka kurus, bisa dengan metabolisme yang lebih cepat ataupun akibat dari beberapa reaksi protein tubuh (read : uncoupling protein). Hal ini berlaku pada mereka yang makan sedikit dan cepat gemuk. Terlepas dari faktor genetik yang sulit diubah, kita masih diberikan faktor luar yang mungkin untuk diubah terkait pengaruhnya bagi status kesehatan.

Prinsip nya sama dengan diet/asupan harian, yaitu lebihkan pemasukan (konsumsi) daripada pengeluaran (aktivitas). Jadi sederhananya, Anda bisa menambah asupan makanan Anda setiap harinya. Dengan asumsi bahwa beban pengeluaran energi melalui beberapa mekanisme seperti basal metabolisme, aktivitas fisik, dan lainnya adalah tetap. Maka asupan kalori lebih dapat menjadi jalan untuk menambah berat badan. Hal ini sesuai prinsip bahwa kelebihan kalori akan disimpan menjadi cadangan (dalam bentuk lemak) tubuh sehingga berat badan meningkat. 

Namun apabila Anda mengehendaki kenaikan berat badan yang cepat, mungkin bisa dengan mengurangi kegiatan yang dapat menguras kalori/energi, seperti olahraga. Hal ini akan membuat kalori lebih cepat menumpuk dan badan akan lebih cepat gemuk, akan tetapi hal ini tidak disarankan karena berakibat pada penumpukan penyakit dikemudian hari seperti kolesterol, jantung, dan stroke. 
 

Untuk menambah asupan makan tidak berarti pula harus langsung ditambahkan dalam jumlah besar hingga 2 kali makan, hal ini dapat memengaruhi keseimbangan metabolisme tubuh sehingga bisa mengakibatkan mual dan lainnya. Jadi tubuh yang terbiasa bekerja untuk beban X itu tidak bisa langsung dijadikan X +1, tubuh bukan mesin yang bisa langsung diupgrade dalam hitungan detik. Untuk itu penambahan/ pengurangan asupan diet harus bertahap agar tubuh dapat beradaptasi :)

Sebaiknya konselingkan rencana penambahan berat badan pada ahli gizi terdekat.

161 Views
Write your answer View all answers to this question