selasar-loader

Bagaimana cara mudah cek saldo Jamsostek?

LINE it!
Answered Mar 21, 2018

Kamu menyetor uang tiap bulannya melalui perusahaan untuk membayar iuran Jamsostek. Lalu bagaimana cara mudah cek saldo Jamsostek yang telah kita setor?


Zulfian Prasetyo
Penulis dan Editor

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang paling mudah bagi saya adalah dengan aplikasi pada telepon seluler atau handphone. Mengapa? Karena aktivitas manusia di dunia maya itu banyak sekali, dan semuanya dapat dilakukan melalui telepon genggam. Yang saya perhatikan, kalau kita ingin bisnis yang menitikberatkan pada layanan, ya bikin saja aplikasinya di Playstore maupun Appstore. BPJS sepertinya memahami hal ini dengan baik. Buktinya, mereka meluncurkan dua aplikasi, yaitu Mobile JKN untuk BPJS Kesehatan dan BPJSTKU.

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan terlebih dahulu. Kamu sebaiknya mendaftar terlebih dahulu di website https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selanjutnya, masukkan email yang kamu daftarkan dan PIN akun BPJS kamu. Jika sudah mempunyai akun lama di Jamsostek, kamu dapat login menggunakan ID dan password dari akun lama tersebut.

s7whMbIxEx5x3v8xsrhWJaGC4SRiaBj3.png

Setelah mendaftar di website, kamu bisa mendownload aplikasi BPJSTKU di Playstore dan Appstore.

s4jezIEG0V7BvzHDlK87TfiyWudGzVCD.png

Setelah mendownload, login di aplikasi BPJSTKU dengan akun yang telah ada.

9BXsyuskc8ZOwKGpgBMMrXZFuZppCCuH.png

Setelah berhasil login, pilih menu JHT (Jaminan Hari Tua) yang berada di bagian bawah layar dan berbentuk celengan ayam jago. Di sana, akan ada tiga pilihan, yaitu Rincian Saldo JHT, Cek Saldo JHT, dan Klaim Saldo JHT. Pilihlah Cek Saldo JHT.

IFuZXpn797VTyMb0EIcMZvipMFm1SnfX.png

Informasi mengenai saldo JHT yang terkumpulkan akan muncul pada layar ponsel kamu.

v0BvrkHaoe6s51H_aNxYPRSlybDKs5nU.png

Buat saya, ini adalah cara cek saldo jamsostek paling mudah.

Bagaimana kalau jumlah memory ponsel kamu tidak memungkinkan buat install aplikasi baru? Kita pakai cara kedua, yaitu dengan menggunakan eSaldoJHT. Dengan menggunakan fasilitas ini, kita bisa mendapatkan informasi saldo, keterangan upah, dan total saldo JHT kita.Caranya cukup mudah. Proses awalnya sama, yaitu regitrasi akun di website BPJS Ketenagakerjaan sekaligus aktivasi akunnya melalui email kita. Setelah itu, saldo JHT berikut rinciannya akan dikirimkan melalui email dalam bentuk dokumen PDF yang terenkripsi.

Agar lebih jelas, kita bisa simak video di bawah ini.

 

Ada hal yang perlu saya beritahukan kepada teman-teman di Selasar. Saya kurang tahu juga apakah cara ini masih dimungkinkan atau tidak untuk sekarang ini. Pasalnya, sistematika maupun prosedur BPJS ini berubah-ubah terus, bikin bingung. Saya sempat cek dengan mencari eSaldo JHT di website resmi BPJS Ketenagakerjaan, tetapi tidak ada fitur yang demikian di antarmukanya.

JO9z4eeoTaXdsBBpRSYAVXSNWgM4baVv.png

Dari bagian Layanan Peserta, kita akan diarahkan untuk mengklik bagian Tenaga Kerja untuk cek saldo, e-Klaim JHT, dan cetak Kartu. Karena saya mau cek saldo JHT, ya saya klik bagian itu, tombol hijau bertulisan Masuk.

Sayangnya, saya kemudian diarahkan ke laman Google Play yang di dalamnya ada aplikasi BPJSTKU.

Jadi, sepertinya ini memang satu-satunya cara, atau lebih tepatnya cara paling mudah, untuk mengecek saldo JHT. Tidak perlu jalan ke luar rumah, bisa dilakukan dari tempat tidur sekalipun. Hehehe.

220 Views
Write your answer View all answers to this question