selasar-loader

Apa saja alasan menggunakan BPJS Kesehatan online?

LINE it!
Answered Mar 21, 2018

Saya ingin menggunakan layanan BPJS Kesehatan online namun perlu mengetahui terlebih dahulu seluk beluknya. Jawaban di bawah ini berupa fakta-fakta penting maupun alasan yang berkaitan dengannya tentu akan sangat membantu. Terima kasih sebelumnya atas bantuan Anda.


Ade Ratri
Konselor pendidikan

mlugVXKkD18e6-Err-rfBmphkF3S_aW6.jpg

Alasan menggunakan BPJS Kesehatan Online biasanya karena beberapa hal berikut ini:

1. Upaya peningkatan pelayanan

Adanya pengetahuan bahwa perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi semakin pesat, di antaranya penggunaan perangkat telepon pintar yang saat ini sudah dimiliki sebagian masyarakat, jumlah pengguna telepon pintar di Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 100 juta orang, serta tren teknologi saat ini mengarah ke penggunaan mobile application (Apps yang banyak digunakan seperti media sosial saja mencapai 92 juta pengguna atau sekitar 32% dari populasi), BPJS kesehatan menghadirkan BPJS Kesehatan Mobile dengan nama Mobile JKN yang merupakan bagian dari tuntutan zaman.

Kita sebagai warga Indonesia yang baik tentu harus bersyukur karena BPJS Kesehatan memiliki kemauan untuk ikut serta dalam perubahan zaman dengan meningkatkan layanan kepada peserta.

Saat ini peserta atau calon peserta BPJS Kesehatan dapat men-download aplikasi ini melalui Google Play Store maupun Apple Store. Aplikasi Mobile JKN berjalan dengan baik bila menggunakan perangkat mobile dengan sistem  operasi Android 4.0 ke atas dan iOS 10 sangat dianjurkan. Dengan Aplikasi Mobile JKN, akses pelayanan BPJS Kesehatan kini ada dalam genggaman.

Peningkatan pelayanan ini adalah hal yang sangat diharapkan oleh penyelenggara BPJS dengan meluncurkan Mobile JKN. Sehingga, peningkatan jumlah peserta BPJS yang men-download JKN Mobile menjadi target yang terus digenjot oleh BPJS Kesehatan. Sudah kah kamu men-mendownload BPJS online?

2. Kemudahan akses informasi akun BPJS

f0-A_K1n0FhQ05SfItxOg5G5bDsYJyAf.jpg

Menurut saya, adanya BPJS Kesehatan Mobile atau dikenal dengan Apps-nya Mobile JKN sangat membantu peserta BPJS dalam mengecek kepesertaan. Akses informasi akun ini benar-benar tanpa batas. BPJS memberikan semua fasilitas pengecekan informasi dari akun yang BPJS yang dimiliki dalam satu genggaman, dalam satu aplikasi. Tidak hanya itu, adanya fitur skrining riwayat kesehatan juga mampu membantu masyarakat untuk mengenali kesehatan tubuhnya sendiri.

Saat ini, Mobile JKN telah memiliki belasan fitur yang sudah ada, berikut adalah rincian fitur yang dimiliki Mobile JKN:

1. Info JKN

Fitur ini memungkinka peserta program JKN mendapatkan informasi seputar tata cara pendaftaran, hak dan kewajiban, saksi, serta fasilitas dan manfaat yang akan di terima meliputi fasilitas kesehatan, pelayanan kesehatan, hak kelas rawat inap di Fasilitas Tingkat Lanjutan, dan pelayanan kesehatan yang ditanggung dalam program JKN. Informasi yang disajikan pada fitur ini sangat detail sehingga mudah di akses peserta.

2. Lokasi

Fitur ini memungkinkan peserta mendapatkan informasi alamat kantor regional, kantor cabang, alamat lengkap daftar Faskes Tingkat Pertama, dan alamat lengkap Faskes Tingkat Lanjut. Sayangnya fitur ini masih belum lengkap karena masih banyak rumah sakit ataupun faskes tingkat lanjutan yang belum terdata secara online. Pembayaran. Fitur ini akan menginformaikan metode pembayaran yang bisa di pilih untuk membayar iuran kepesertaan setiap bulan.

3. Pengecekan Virtual Account

Peserta dapat mengakses informasi mengenai Virtual Account dengan mudah dan cepat. Saat ini BPJS Kesehatan sudah menetapkan satu VA atau satu Virtual Account untuk satu Kartu Keluarga sehingga tidak repot lagi ketika akan melakukan pembayaran iuran. Lebih praktis dan memudahkan masyarakat dalam penggunaannya.

4. Skrining Riwayat Kesehatan

Ada 47 pertanyaan tentang kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makan yang harus diisi. Berdasarkan pengisian pertanyaan ini, pengguna BPJS kesehatan akan mendapatkan hasil pengecekan risiko penyakit yang mungkin diderita meliputi diabetes, hipertensi, jantung, dan ginjal. Jika pengguna aplikasi tersebut terdeteksi memiliki risiko kesehatan sedang hingga berat, akan muncul pemberitahuan untuk segera memeriksakan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar. Akan tetapi jika hasil skrining menunjukkan pengguna memiliki risiko rendah, akan tercantum saran-saran kesehatan seperti anjuran pola hidup sehat dan latihan fisik rutin minimal 30 menit setiap hari.

5. Kartu Peserta

Melalui fitur ini peserta bisa mengecek kartunya sekaligus bisa mencetaknya karena bisa di kirim melalui email yang didaftarkan peserta ketika login pertama kali pada aplikasi ini.

6. Pengaduan keluhan

Sayangnya sampai saat ini, fitur Pengaduan Keluhan. masih dalam tahap pengembangan dan saat ini baru tersedia pengaduan melalui Care Center 1500 400 yang bisa di akses selama 24 jam. Ke depannya akan dikembangkan fitur yang memungkinkan peserta melakukan pengaduan secara chat melalui chat room.

7. Peserta

Pada fitur ini peserta bisa mengecek siapa saja yang termasuk dalam satu Virtual Account dengannya. Tidak hanya itu, peserta juga mampu mengecek jumlah iuran yang harus dibayarkan dalam satu VA terdaftar.

8. Premi

Melalui fitur ini, peserta akan mendapatkan informasi rinci seputar tagihan, sisa saldo, serta denda yang harus dibayarkan secara rinci sehingga peserta tidak lagi khawatir atau kebingungan mengenai jumlah tagihan yang ditunggaknya.

9. Catatan Pembayaran

Fitur yang memungkinkan peserta mendapatkan informasi seputar tagihan, channel/bank tempat membayar, serta tanggal bayar secara lengkap berikut dengan tata cara pembayaran yang bisa dilakukan untuk membayar iuran BPJS.

10. Pelayanan

Fitur ini menyediakan daftar catatan atau rekam medis yang dilakukan selama berobat menggunakan fasilitas dan layanan program JKN-KIS. Hal ini sangat membantu peserta BPJS dalam mengetahui riwayat pelayanan yang pernah didapatkannya.

11. Ubah data peserta

Fitur ini memberikan keleluasaan bagi peserta untuk  mengubah data kepersertaannya, termasuk mengubah Faskes Tingkat Pertama, alamat, email, dan nomor handphone.

12. Pendaftaran Peserta

Melalui fitur ini, peserta dapat melakukan pendaftaran peserta baru program JKN-KIS. Berbagai panduan pendaftaran pun lengkap disertakan pada fitur ini. Namun pendaftaran calon Peseta Penerima Upah belum bisa didaftarkan melalui aplikasi JKN-KIS karena masih harus melalui perusahaan tempat peserta bekerja. Untuk itu, pastikan kamu terdaftar JKN di perusahaan kamu masing-masing ya!

13. Pengaturan

Sama seperti aplikasi teknologi lainnya, fitur ini menjadi fitur yang memungkinkan peserta menghapus notifikasi, mengubah password, atau login keluar dari aplikasi ini.

3. Menghemat waktu dan tenaga

8gNoarrnH2KO1XQKigGnJmznZ-suuUtf.jpg

Bagi pihak BPJS, aplikasi Mobile JKN ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi ke dalam bentuk Aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta di mana saja kapan pun tanpa batasan waktu (self service).

Tentu saja terobosan ini membuat peserta BPJS menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan segala aktivitas administratif. Peserta menjadi tidak wajib mendatangi kantor cabang BPJS terdekat karena semua sudah digantikan dalam teknologi yang diringkas di aplikasi Mobile JKN. Peserta menjadi tidak dirugikan secara waktu, tenaga, juga uang karena semua bisa dilakukan kapanpun dan di manapun.

490 Views
Write your answer View all answers to this question