selasar-loader

Berapa harga kucing anggora terbaru di Indonesia?

LINE it!
Answered Mar 21, 2018

Kucing anggora menjadi salah satu kucing favorit yang dipelihara banyak keluarga di Indonesia. Kira-kira berapa harga kucing anggora terbaru di Indonesia?


Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Kucing Anggora adalah anakan paling populer di Indonesia yang berasal dari Turki. Nama “Angora” diambil dari salah satu kota di sana, “Ankara”. Kabarnya, Angora adalah nama kuno dari ibukota Turki tersebut selain Ancyra.

v1O1HAglaW-6kTjl1Ed2u38hXC6ewrWx.jpg

Adalah orang-orang yang datang ke sana, baik untuk berkunjung maupun untuk menjajah, yang turut menyebarkan ras Anggora ke seluruh dunia sebagai hewan peliharaan, terutama Eropa. Ada pula teori yang menyebutkan bahwa bangsa Viking sempat membawa kucing Angora dari Turki lebih dari seribu tahun lalu.

Meskipun termasuk ras yang sangat populer, populasi kucing Anggora sempat mengalami kelangkaan sehingga kebun binatang Ankara membuat program pengembangbiakannya. Pada 1954, kucing ini dibawa ke Amerika Serikat untuk dikembangbiakkan di sana, dikutip dari Cat Time. Kira-kira sepuluh tahun kemudian, kucing ini baru diakui oleh Cat Fanciers Association (CFA), semacam organisasi kucing di Negeri Paman Sam. CFA mendaftarkan ras kucing ini pada 1968 dan mengakui secara penuh kucing Anggora (khusus yang berwarna putih) pada 1972. Sementara itu, ras Anggora yang berwarna baru diakui pada 1978.

PK5ojVbwY4HHozGHGYH1QwDgCAiCpKIE.jpg

Harga kucing Anggora

Rasisme yang seringkali dianggap buruk untuk umat manusia ternyata menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan harga kucing. Semakin murni rasnya, semakin mahal harganya. Sebaliknya, semakin “terkontaminasi”, semakin murah harganya.

Kucing Anggora ras murni berusia 3 bulan bisa dihargai kira-kira Rp4.000.000 - Rp 7.000.000.
Kucing Anggora hasil perkawinan dengan kucing Persia usia 3 bulan dihargai Rp1.500.000 - Rp2.800.000.
Kucing Anggora hasil perkawinan dengan kucing kampung usia 3 bulan dihargai Rp200.000-Rp60.000

uMxUh9XuUS1P7iDPpqXuVjngVv8c1On6.jpg

Namun, sebelum pergi ke toko hewan peliharaan, kita juga perlu mengetahui ciri-ciri kucing Anggora yang asli/murni. Jangan sampai dikenai harga kucing ras murni untuk kucing yang sebenarnya ras campuran.

Ciri-ciri kucing Anggora

Cara paling mudah dalam mengenali kucing Anggora adalah dengan bulunya yang lebat. Ekornya pun seperti kipas.

6dd_iaj5I7CVrLjmBNP0soyluuideUlU.jpg

Namun, ciri ini bisa mengaburkan antara ciri kucing Anggora dan ciri kucing Persia.

Ciri lain kucing Anggora adalah hidungnya yang lebih mancung. Selain itu, kucing Anggora adalah jenis kucing dengan tinggi menengah. Dibandingkan dengan ras kucing Persia, badan kucing Anggora lebih tinggi (karena kakinya lebih panjang). Dan kedua bola matanya kadang punya warna yang berbeda, misalnya satu hijau satu biru (hetrochromia).

Gw8VZEzFJ-9TsRVsWaieTautUkFj45ep.jpg

Bentuk tengkoraknya pun segitiga.

 

Perhatikan ini sebelum membeli kucing Anggora

Kucing Anggora bukanlah kucing yang murah. Jumlah uang yang Anda keluarkan tentu tidak sedikit. Karena itu, ada hal-hal yang mutlak perlu diperhatikan sebelum membeli kucing Anggora.

1. Biaya

Tentukan biaya yang Anda punya. Jangan ingin memiliki kucing Anggora namun ketika sudah sampai di toko, biaya yang Anda punya tidak mencukupi. Jika memang benar-benar menginginkan kucing Anggora asli (ras murni) namun bleum mempunyai cukup uang, menabung saja dulu. Percayalah, kepuasannya akan setimpal dengan pengorbanan Anda.

2. Ras

Sebagaimana diberitahukan sebelumnya, perhatikan ras yang hendak Anda pelihara. Jangan sampai ingin memelihara ras asli namun dibohongi karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang ciri-ciri kucing Anggora yang asli/murni.

3. Vaksin

Kucing Anggora yang sudah divaksin memang akan dihargai lebih mahal, namun itu lebih baik karena kesehatannya cenderung lebih terjamin. Kucing yang sakit-sakitan akan membuang waktu dan biaya Anda untuk pengobatannya ke dokter hewan nanti.

ISjQx3E9fdPqMacQ9e534ICubkxmf1yI.jpg

284 Views
Write your answer View all answers to this question