selasar-loader

5 Fakta kucing himalaya yang harus kamu tahu sebelum memelihara, apa saja?

LINE it!
Answered Mar 20, 2018

Kucing himalaya memiliki bulu yang lembut dan mata yang biru. Lalu apa yang harus diperhatikan saat kita ingin memelihara kucing himalaya ini?


Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Kucing adalah salah satu hewan paling menarik di dunia. Namun demikian, mereka seringkali disalahpahami sebagai hewan yang tidak terlalu menyayangi majikannya sehingga dianggap tidak sebaik anjing. Padahal, kucing juga bisa diajak bermain dan membawa keseruan tersendiri, membantu kita melepas penat setelah seharian beraktivitas, baik kuliah maupun bekerja.

Salah satu anakan kucing yang dianggap sangat affectionate adalah Kucing Himalaya. Sebagaimana diketahui, kucing Himalaya (dahulu bernama kucing persia titik warna) adalah salah satu ras kucing  yang merupakan hasil persilangan antara ras persia dengan ras siam. Persilangan tersebut bertujuan untuk mendapatkan ras kucing dengan tipe badan yang sama seperti kucing persia, tetapi dengan pola warna seperti kucing siam.

Kucing himalaya sangat identik dengan mata yang berwarna biru dan pola titik warna. Para pemilik kucing Himalaya mencintai ras ini karena selain warnanya indah, ia juga termasuk kucing yang cukup manja sehingga asyik sekali dielus-elus jika ia sudah bersandar di pangkuan kita.

Jika kamu sedang mencari kucing terbaik yang asyik dipelihara, fakta-fakta kucing Himalaya ini mungkin bisa membantu.

Bukan berasal dari Himalaya

Begitulah faktanya. Meskipun ras kucing ini dinamakan Himalaya, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa kucing ini sebenarnya bukan berasal dari pegunungan Himalaya. Asal tahu saja, kucing Himalaya pertama dilahirkan bukan di sana, melainkan di Amerika Serikat!

Ras kucing ini dinamakan Himalaya karena mereka merupakan kucing yang kuat. Selain itu, mereka senang berada di luar rumah.

Kucing Himalaya = Seleb Hollywood

Beberapa kucing Himalaya sudah mendapatkan debutnya di salah satu kutub perfilman dunia: Hollywood. Salah satu “artis kucing Himalaya” yang terkenal adalah Sassie di film Homeward Bound.

MfjCbVK2pn36qILVY3B8oR452M2HfxQo.jpg intrada.com

Selain itu, ada juga kucing Himalaya bernama Mr. Jinx yang termahsyur via film Meet the Parents.

hzclM0hPd_2n_F7k8XTDsgQNRVmt4QCU.jpg tvtropes.org

Kebanyakan peran yang mereka mainkan adalah peran gila hormat yang berkelakuan seperti diva. Mungkin ini karena bulu yang dimiliki kucing-kucing Himalaya terlihat anggun dan mewah.

M3eZDJeuBISWbc-iGRV0-3-p9wcdAVbi.jpg alchetron.com

Martha Stewart kabarnya juga memiliki setidaknya tiga kucing Himalaya dan menampilkan mereka dalam iklan-iklannya, termasuk di sampul majalahnya pada edisi Februari 1999.

Bukan Kucing Pintar

Meskipun tampak anggun dan elegan, kucing Himalaya sayangnya bukan merupakan kucing yang pintar. Animal Planet memeringkat ras-ras kucing berdasarkan kecerdasan mereka melalui skor dari 1 sampai dengan 10. Hasilnya, skor kucing Himalaya adalah 3.

oU-GTCleG52McGPsgClKcb_5GytHIsxL.jpg alchetron.com

Eits, jangan marah dulu. Perlu diketahui bahwa mengukur kecerdasan kucing itu tidak semudah yang dikira. Mereka biasanya cenderung tidak kooperatif. Selain itu, ada semacam perbedaan cara dalam memelihara kucing. Lagipula, kamu tidak perlu menyekolahkan kucing hingga ke universitas negeri dan lulus dengan predikat cum laude. Jadi, fakta ini sebenarnya tidak terlalu penting untuk diperhatikan.

Kepribadian kucing Himalaya

Kucing Himalaya adalah hewan peliharaan yang baik dan biasanya cukup tenang. Mereka sangat suka melingkar di tempat yang hangat, namun juga senang bermain dengan mainan-mainan tertentu, bahkan mereka bisa bermain hanya dengan secarik kertas.

Selain itu, "Himmie", sebutan bagi ras ini, juga merupakan kucing yang manja, lho. Mereka sangat senang untuk meringkuk di pangkuan tuannya.

3-K1wFkPgxeq2udJwHVd8YU77C0M366b.jpg alchetron.com

Mereka kadang-kadang bahkan posesif, meminta kita untuk memperhatikan mereka. Tetapi ya itu, mereka pilih-pilih orang. Tidak sembarang manja.

Lingkungan yang cocok untuk kucing Himalaya

Kucing Himalaya sangat suka lingkungan yang tenang dan agak tersembunyi, tipikal yang cocok dipelihara di lingkungan pinggiran kota atau apartemen (kalau aturannya membolehkan memelihara kucing). Namun, kalau punya anak kecil di rumah, sebaiknya jangan memelihara hewan ini karena mereka kurang suka lingkungan yang berisik. Selain itu, anak-anak juga akan cenderung tertarik dan membawa-bawa si kucing sehingga bila tidak diawasi dengan benar, ini akan berbahaya baik bagi si kucing (terkena risiko keseleo) maupun si anak (risiko dicakar akibat kucing stres).

Kucing Himalaya di mata saya yang sangat subyektif ini adalah kucing paling asyik untuk dipelihara. Warnanya, bulunya, dan sifatnya cocok dengan kepribadian saya yang sebenarnya juga tidak terlalu ramai (saya cuma ramai di medsos, hahaha).

Semoga jawaban ini membantu untuk lebih mengenal kucing Himalaya. Semoga pula tulisan ini bisa mengubah perspektif kita terhadap kucing bahwa mereka juga bisa sayang kepada kita, hanya saja mereka memang merupakan makhluk yang sangat pemilih terhadap manusia yang bisa mereka percaya. Namun yakin deh, sekali kamu dipercaya mereka, kamu akan susah move on karena keimutan kucing Himalaya yang sulit untuk ditolak!

410 Views
Write your answer View all answers to this question