selasar-loader

Apa saja kerajinan dari kardus yang unik dan populer?

LINE it!
Answered Mar 19, 2018

Kardus merupakan wadah yang digunakan untuk membungkus barang yang kita beli. Tidak terhitung jumlahnya berapa banyak kardus yang kita miliki di rumah sebagai sampah karena tidak digunakan. Namun ternyata di luar sana banyak yang membuat kerajinan dari kardus yang menjadi unik dan populer. Apa saja kah?


Juwita Purnamasari
Penyuka kucing; Make Up Artist; Hobi Belanja

Apakah kamu termasuk orang yang mudah bosan, tetapi memiliki kreativitas yang tinggi? Kamu bisa membuat kerajinan dari kardus untuk mengatasi kebosanan dan menyalurkan ide kreatifmu loh! Saat ini begitu banyak tutorial mengenai kerajinan tangan dari kardus dan hampir semua mudah dilakukan di rumah tanpa membutuhkan alat-alat yang sulit ditemukan.

Siapa tahu kan dari kreativitasmu itu, kardus yang tadinya hanya menumpuk di gudang bisa menjadi bahan pajangan atau bahkan kamu jual?

Selain itu, kardus yang menumpuk itu jika dibiarkan hanya akan membuat rumahmu kotor karena bisa jadi menjadi sarang tikus. Bahkan jika terkena air, kardus-kardus itu hanya akan menjadi sampah-sampah tidak berguna yang memperjelek rumahmu.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, kardus memiliki manfaat utama sebagai wadah untuk mengemas barang sebelum diantar atau dipasarkan. Terkadang, kardus juga digunakan untuk mengemas barang saat kita akan pindah rumah atau kosan. Intinya, kardus memiliki manfaat sebagai wadah yang membantu kita mengemas sesuatu agar mudah dibawa dan terlihat rapih.

Namun penggunaan kardus biasanya berhenti sampai di situ. Saat barang pindahan kita sudah diletakan di lemari atau di rak masing-masing, kita tidak lagi membutuhkan kardus untuk mengemasnya. Alhasil, alih-alih merapikan kardus dari pandangan mata, kamu merasa lebih baik membuangnya atau memberikan kepada tukang loak.

Padahal saat kamu memulai untuk memanfaatkan kardus menjadi kerajinan tangan dari kardus, kamu bisa menghemat pengeluaran karena membuat benda yang dibutuhkan menggunakan kardus bekas. Tidak hanya itu, kardus bekas tidak dipakai itu memiliki nilai tambah dan nilai guna karena telah diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Selain itu, kalau kamu rajin meng-upload hasil karya kamu di instagram misalnya, bukan tidak mungkin kerajinan dari kardus buatanmu banyak yang suka dan ingin membelinya.

Ada loh seorang difabel yang terkenal karena kreativitasnya memanfaatkan kardus. Namanya Herlin Susilowati (37) tahun. Ia mengalami kelumpuhan sejak usia 16 bulan pada kedua kakinya. Akhirnya keadaan ini menjadikan Herlin hanya bisa bepergian menggunakan kursi roda.

Berbekal fakta bahwa ayahnya dahulunya adalah perajin wayang di Kota Madiun yang berjuang melestarikan wayang dengan berbagai lika liku perjuangan, Herlin pun memiliki komitmen yang sama.

Di tengah keterbatasannya, Herlin ikut serta dalam upaya melestarikan budaya dengan membuat wayang kulit menggunakan kardus, bukan dengan kulit. Ia memanfaatkan bekas kardus susu formula untuk menjadi bahan dasar pembuatan wayang.

Hasilnya menakjubkan loh!

Herlin mampu menciptakan wayang kardus dari ukuran mini hingga jumbo dengan harga terjangkau. Wayang mininya ia jual sebagai gantungan kunci seharga Rp5.000. Sedagkan wayang mini kardus buatannya dihargai kisaran Rp4.000—Rp15.000.

Saat ini, Herlin mampu memproduksi 25 wayang mini dari kardus dengan ukuran 7—12 cm perharinya.

See?  Sama sekali tidak ada yang menyangka bukan kerajinan dari kardus mampu menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan.

Bahkan, dengan kamu membuat kerajinan menggunakan kardus, kamu ikut andil dalam upaya pelestarian lingkungan loh. Kenapa begitu? Ya jelas saja, kamu sudah menjadi bagian orang-orang yang ikut serta dalam upaya 3R, yakni Reuse, Reduce, dan Recycle. Kamu termasuk yang melakukan hal baik untuk kelestarian lingkungan kita. So, jangan ragu lagi untuk memulai kreativitasmu untuk membuat kerajinan dari kardus ini yah.

Di bawah ini, saya berikan inspirasi yang bisa jadi panduan kamu untuk membuat kerajinan dari kardus:

Kerajinan dari kardus: Potret Kardus

MeVaJ0br2rsA4tgpmC1ooDWunEzDsJvu.jpg

Alat dan bahan yang harus kamu siapkan:

lbNOttyLBV3KumR4M3fuw9DGG3jBdfki.jpg

  • Kardus bekas. Usahakan cari kardus yang berwarna hitam, biasanya kardus bekas laptop atau alat elektronik. Kalau kamu tidak menemukannya, kamu bisa menyemprot kardus biasa dengan spray (Pylox).
  • Lem UHU dan lem G
  • Penggaris.
  • Cutter.
  • Art knife (usahakan dalam keadaan benar benar tajam).
  • Gunting.
  • Selotip.

Cara membuat kerajinan dari kardus: Potret Kardus

QMiACasSH_cHV_olAk4kNzl4Gq2kRMuL.jpg

  • Alas
  1. Ambil kardus bekas yang sudah tidak terpakai tadi, potong menjadi persegi dengan ukuran 30 x 40 cm.
  2. Di sisi kardus, masing-masing buat frame  dengan tinggi 3 cm, lalu dilem menggunakan lem G.
  • Gambar/ potret

xQ_tiUuW8-dzPbv0qqw4i0Jlrq2Vuv7e.jpg

  1. Pilih gambar yang kamu inginkan.
  2. Buatlah versi stensilnya.
  3. Print di kertas bekas dengan tinta tipis saja.
  4. Tempel dengan selotip di kardus hitam tadi.
  • Menyayat Gambar/ Potret

ar9An8hS-4RaQD6wxPPOyqEH5JOIzBko.jpg

  1. Sayat gambar sesuai dengan yang diinginkan menggunakan art knife.
  2. Setelah selesai di sayat, kupas perlahan sisi putih gambar sehingga hanya tersisa bagian hitam saja.
  • Finishing

JWa7_-faKaolmXAuBjD8cNOs4C8BZtHe.jpg

  1. Kamu bisa memberi ketebalan agar tampak lebih menarik.
  2. Potong gambar yang sudah jadi menjadi beberapa bagian.
  3. Beri ketebalan dengan merangkapkan kardus di setiap sisi potongan.
  4. Setelah semuanya diberikan ketebalan beragam, tempel semua bagian tersebut dengan lem UHU ke atas alas yang tadi sudah kita siapkan.

MIE-pShTOD6WarYTmi-Qipm0CALKtOgs.jpg

Bagaimana, keren bukan? Tertarik untuk membuatnya? Ini adalah hasil karya Puji Waluyo, seorang asli Surabaya, lulusan S1 Desain Produk Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Bekerja di perusahaan furniture di Surabaya, sebagai desainer produk. Suka menggambar, craft, sepak bola, dll.

Punya ide lain yang lebih menarik?

226 Views
Write your answer View all answers to this question