selasar-loader

Apa yang Anda ketahui tentang cryptocurency? Menurut Anda, bagaimana masa depan cryptocurrency dan apa alasannya?

LINE it!
Answered Mar 14, 2018

L8UQfWMcD9D199nKsrnFA4iFAafREzoA.png

Cryptocurrency (mata uang kripto) adalah aset digital yang menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi, untuk mengendalikan pembuatan unit tambahan, dan untuk memverifikasi pengalihan aset. Sebagai mata uang digital, mata uang alternatif dan mata uang virtual, menggunakan kontrol terdesentralisasi sebagai lawan dari uang elektronik terpusat dan sistem perbankan sentral.

Kontrol terdesentralisasi setiap cryptocurrency berjalan melalui blockchain, yang merupakan basis data transaksi publik, berfungsi sebagai buku besar terdistribusi]

Bitcoin yang diciptakan pada tahun 2009, merupakan kripto yang terdesentralisasi pertama. Sejak saat itu, banyak mata uang kripto lain telah diciptakan, yang dikenal sebagai  altcoins (alternative coins).

Apa yang Anda ketahui tentang cryptocurency? Menurut Anda, bagaimana masa depan cryptocurrency dan apa alasannya?

 

Bandung, 4 Maret 2018

(Sumber gambar: blog.rublix.io)


Pepih Nugraha
Tidak suka ekonomi tetapi harus membacanya

Mata uang digital atau virtual seperti Bitcoin telah resmi dilarang Bank Indonesia, demikian juga pemrosesasannya. Mata uang digital dinyatakan bukan alat pembayaran sah di Indonesia. Virtual currency sendiri merupakan uang digital yang diterbitkan selain otoritas moneter di sebuah negara (di Indonesia BI) yang diperoleh dengan cara mining antara lain Bitcoin dan Degecoin.

Alasan pelarangan mata uang digital adalah untuk melaksanakan prinsip kehati-hatian, menjaga persaingan usaha, pengendalian risiko, dan perlindungan konsumen. Karena berbagai negara melarang penggunaan mata uang digital dalam berbagai transaksi, maka masa depannya sangat tergantung dari "belas kasih" masing-masing negara yang belum menerapkan larangan. Bahkan, alasan pelarangan itu besar kemungkinan bisa dianggap kriminal bagi pengguna dan pemiliknya.

Prinsip kehati-hatian yang diterapkan BI untuk melindungi warganya dari penipuan virtual yang mungkin saja bisa diakibatkan oleh jual beli atau transaksi menggunakan uang digital. Tentu saja pelarangan uang digital dimaksudkan agar tidak mengganggu nila mata uang negara yang bersangkutan.

152 Views
Write your answer View all answers to this question