selasar-loader

5 Fakta kucing himalaya yang harus kamu tahu sebelum memelihara, apa saja?

LINE it!
Answered Mar 13, 2018

Kucing himalaya memiliki bulu yang lembut dan mata yang biru. Lalu apa yang harus diperhatikan saat kita ingin memelihara kucing himalaya ini?


Juwita Purnamasari
Penyuka kucing; Make Up Artist; Hobi Belanja

Kucing himalaya adalah kucing cantik yang dikenal dengan mata biru mereka yang berkilau dan tanda unik yang ada pada berupa bulu titik warna yang panjang pada telinga, wajah, kaki, dan ekornya. Kucing himalaya adalah kucing yang diperkenalkan di Eropa sejak tahun 1950-an dengan nama persia titik warna.

Nama lain dari kucing himalaya ini adalah kucing persia hilamaya. Mengapa ada persianya? The International Cat Association memasukkan kucing himalaya ini dalam kelimpok yang sama dengan kucing persia dan kucing eksotis, yakni dalam kelompok Standar Kelompok Ras Persia. Terkadang, kucing himalaya juga masih dianggap sebagai versi lain atau warna lain dari persia sehingga tidak dianggap sebagai ras yang berbeda.

Himalaya sendiri sering dianggap unik karena penampilannya yang mencolok dan kecantikan yang menakjubkan. Dengan tubuhnya yang gemuk, bulat, dan besar, ia memiliki kaki-kaki yang pendek seperti kucing persia. Kakinya yang pendek membuat mereka sulit untuk melompat.

Kucing himalaya terdiri dari dua jenis berdasarkan bentuk wajahnya, yakni wajah boneka dan wajah datar. Himalaya wajah boneka memiliki wajah terutama hidung yang sedikit pesek jika dilihat dari samping, sedangkan himalaya wajah datar memiliki wajah atau hidung yang sangat pesek sehingga dari samping terlihat datar.

Selain fakta di ata, ternyata ada 5 fakta kucing himalaya yang harus kamu ketahui sebelum memeliharanya. Apa saja?

Simak uraian di bawah ini mengenai 5 fakta kucing himalaya yang harus kamu tahu!

1. Kucing himalaya adalah kucing hybrid

pzK3OLieMmGmuI69qalc55DWyDtE-Dos.jpg

Persilangan keturunannya berkembang biak dari Himalaya, Persia dan Siam, terjadi secara alami, tetapi kucing ini adalah hasil intervensi manusia. Peternak menginginkan seekor kucing dengan mantel/ bulu layaknya seekor kucing persia, tetapi tetap ingin mempertahankan mata biru dan tanda-tanda seekor Siam. Maka lahirlah Himalaya sebagai kucing hybrid, yakni persilangan sesama ras kucing domestik, ras persia dan ras siam. Fakta lainnya, kucing himalaya ii sering disebut dengan "Himmie" oleh penggemar kucing himalaya. Tidak semua orang sepakat mengenai ras dari kucing himalaya ini, beberapa orang menganggap Himalaya sebagai jenis yang berbeda, yang lain menganggapnya sebagai varietas dari kucing persia.

2. Memiliki afeksi yang tinggi

XzRYYrmzLnUrTwY4SigwDHBiuP0usMc-.jpg

Kucing himalaya sama sekali tidak angkuh atau tidak terlihat sombong. Kucing himalaya justru menyimpan kasih sayang mereka untuk orang-orang di rumah yang membuatnya merasa nyaman. Seekor kucing himalaya suka berpelukan dan dekat dengan manusia yang mereka percayai. Kucing himalaya sendiri bukanlah kucing yang bisa hidup dengan baik di lingkungan lalu lintas yang padat atau tinggi. Kucing himalaya adalah jenis kucing tenang yang sangat menyukai lingkungan yang relatif sepi dan tenang.

3. Bulu yang lembut, harus selalu dirawat

VjWdfB2h0sDynNULJ1UEovScif2BTdYZ.jpg

Untuk menjaga agar kucing himalaya terlihat tetap mengagumkan, sangat disarankan agar kucing himalaya disisir bulunya setiap hari. Mewarisi akar kucing persia, kucing himalaya dengan bulu yang tebal, membuatnyamudah kusut dan berantakan. Menyisir bulu tebal dari kucing himalaya dapat menghindari kucing himalaya dari masalah kekusutan bulu dan memberikan “ikatan” yang baik antara pemilik dengan kucing himalaya ini. Jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menyisir bulu dari kucing himalaya agar kamu semakin dekat dengannya.

4. Badan besar dan bulu yang tebal

9QECgZH0xArP_MlCzdmv6xaqDb6w0kOv.jpg

Meskipun kucing himalaya memiliki DNA Siam, mereka ternyata jauh lebih mirip dengan gen kucing persia. Kucing berukuran sedang ini kokoh dan berotot dengan tulang besar. Kamu ianjurkan untuk memandikan kucing himalaya minimal sebulan sekali. Ketika memandikan, jangan heran jika kucing himalaya basah jadi tidak terlihat begitu kecil seperti kucing lainnya karena kucing himalaya memiliki tulang dan badan yang memang aslinya besar. Kucing himalaya sendiri sebenarnya adalah kucing yang paling populer di dunia, walaupun banyak yang tidak sepakat menganggapnya sebagai satu ras tersendiri atau menganggapnya hanya sebagai varietas Persia-yang telah lama berkembang biak.

5. Rawan Masalah Kesehatan

duyeK7YhY_5tPYBuprLJsiw4aGKGSzNu.jpg

Kucing himalaya ini sangat menggemaskan, tetapi mereka amat rentan terhadap masalah kesehatan karena sejumlah alasan. Karena bentuk wajah mereka yang rata, mereka rentan terhadap masalah pernapasan dan membutuhkan penyekaan setiap hari agar tetap bersih dan sehat. Penyakit ini hatus dihindari agar tidak merugikan pemiliknya. Saat melakukan perawatan, pastikan kamu tetap menjaga matanya agar tidak menempel dengan bulu karpet atau bantalan kaki. Tidak hanya itu,  karena kucing ini adalah keturunan persia, beberapa kucing himalaya cenderung bertambah berat badannya dengan mudah sehingga asupan makanan mereka harus dipantau dengan baik. 

Jika kamu menginginkan kucing yang imut, lucu, dan menggemaskan karena berbulu lebat dan memiliki afeksi yang tinggi, kucing himalaya adalah pilihan yang tepat. Kucing ini dapat dibeli dengan harga kisaran 800.000 sampai 1,5 juta rupiah untuk kucing himalaya yang berusia 2,5-3 bulan. Sedangkan jika kamu ingin membeli indukan kucing himalaya, kamu harus merogoh kocek lebih dalam, yakni siapkan uang untuk memiliki kucing himalaya ini yang berkisar antara 1,8-2,5 juta rupiah.

Jika kamu ingin memelihara kucing himalaya ini, pada umumnya kamu harus memastikan kesehatan kucing ini dengan menanyakan sertifikat sehat yang dimiliki kucing ini pada pemilik sebelumnya.

294 Views
Write your answer View all answers to this question