selasar-loader

5 Hal ini harus ada pada contoh surat lamaran kerja, apa saja?

LINE it!
Answered Mar 12, 2018

Menulis surat lamaran pekerjaan adalah hal-hal yang susah gampang. Ada peraturan yang sebenarnya harus diikuti ketika membuat surat lamaran kerja. Lalu apa saja yang harus ada pada contoh surat lamaran kerja?


Sri Wartini
Mantan Calon PNS

Melamar pekerjaan adalah hal yang penting. Kamu tentu tidak mau ditolak suatu perusahaan hanya karena kamu salah menulis surat lamaran kerja. Alih-alih memberi kesan yang baik melalui surat lamaran kerja, surat lamaran kerja yang kamu buat mengandung kesalahan justru membuat kamu dengan mudah tersingkir dari proses rekrutmen tersebut. Kesalahan tersebut kamu dapatkan dari melihat contoh surat lamaran pekerjaan yang berseliweran di internet.

Agar terhindar dari berbagai kesalahan yang bisa menyebabkan kamu ditolak ketika melamar pekerjaan, contoh surat lamaran kerja yang kamu ikuti harus mencantumkan beberapa hal krusial agar surat yang kamu buat tidak berakhir sia-sia. Tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan formal, surat lamaran kerja yang kamu buat juga harus memuat segala hal yang berhubungan dengan diri kamu secara lengkap.

Untuk itu, berikut saya rangkumkan apa saja yang harus ada pada surat lamaran pekerjaan yang kamu buat:

1.     Waktu dan perihal

Pemberian tempat dan waktu penulisan surat adalah di sisi kanan atas surat. Penulisan tempat dan waktu ini sangat penting karena berhubungan dengan tenggat waktu yang diberikan perusahaan yang dituju dalam rentang waktu rekrutmen. Kamu bisa membuat Jakarta, 20 Januari 2018” di sisi kanan atas surat lamaran kerja.

Tidak hanya itu, kamu juga tidak boleh lupa untuk mencantumkan perihal surat tersebut dibuat loh! Kamu dengan mudah bisa menuliskan “Lamaran Pekerjaan” pada bagian ini. Hal ini akan mempermudah HRD perusahaan yang dituju untuk mengetahui apa kebutuhan kamu terhadap perusahaan tersebut.

2.     Nama yang dituju

Pastikan kamu menulis nama kepala bagian HR/ HRD di perusahaan yang kamu tuju. Jangan sampai kamu hanya menulis “Kepada HRD PT. ***”. Jika kamu tidak mencari tahu siapa nama yang bertanggung jawab pada bagian rekrutmen tenaga kerja di bagian tersebut, kamu bisa dianggap tidak memiliki usaha yang lebih untuk mengetahui lebih dalam mengenai pekerjaan tersebut. Kamu bisa mencarinya di LinkedIn atau menghubungi kontak yang tertera pada informasi rekrutmen yang kamu dapatkan. Pada bagian ini, kamu bisa menuliskan:

Kepada Kepala HR PT. Selasar Indonesia Baru
Bapak Ahmad Taufik
Jalan Kemang Timur Raya No. 998
Jakarta

3.     Identitas

Kamu harus menulis identitas lengkap kamu disertai dengan pendidikan terakhir yang kamu tempuh. Identitas ini harus sama persis dengan identitas pada KTP kamu. Jangan lupa sertakan nomor yang bisa dihubungi ketika kamu ternyata masuk ke tahap selanjutnya. Bagian identitas ini ditulis setelah kamu memberikan pendahuluan berupa darimana kamu dapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan ini dan posisi apa yang kamu inginkan.

Kamu bisa menulisnya seperti contoh surat lamaran kerja di bawah ini

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Selasar Indonesia Baru yang termuat di laman karier Selasar pada tanggal 26 Desember 2017, melalui surat lamaran ini, saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Content di PT. Selasar Indonesia Baru.

Saya yang bertanda tangan di bawah  ini:
           nama                           :   Alfi Pangestu
           tempat/tanggal lahir  :   Surabaya, 14 Juni 1994
           pendidikan terakhir   :   Srata 1 (S1 Komunikasi Unair)
           alamat                         :   Jln. Kertajaya No.12, Gubeng , Surabaya
           telepon (HP)               :    085877980***
          alamat surel                :    alfip01@gmail.com

4.     Keunggulan kamu (berkaitan dengan pekerjaan)

Setelah kamu menuliskan identitas lengkap kamu, sertakan juga keunggulan atau kelebihan kamu yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memberitahukan mengenai berapa lama kamu telah menguasai bidang pekerjaan tersebut di tempat kerja sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, lihat contoh di bawah ini yah!

Saya memiliki kondisi kesehatan tubuh dan fisik yang sangat baik dan lancar dalam berbahasa Indonesia dengan baik secara lisan maupun dengan tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan menulis atau copywriter yang baik.

Saya telah terbiasa dengan bekerja dengan tim di bawah tekanan. Saya juga terbiasa menciptakan materi iklan ataupun promosi konten menggunakan tulisan berbahasa Indonesia. Saya juga sangat familiar dengan Content Management System.

5.     Dokumen yang dilampirkan

Saat melamar pekerjaan, kamu tidak hanya membutuhkan surat lamaran kerja saja. Kamu juga membutuhkan dokumen-dokumen yang mendukung segala informasi yang telah kamu tuliskan di surat lamaran kerja. Tidak hanya itu, kamu juga wajib melampirkan dokumen-dokumen yang diminta oleh perusahaan yang kamu tuju saat melamar pekerjaan. Dokumen-dokumen yang kamu lampirkan bersama dengan surat lamaran pekerjaan, harus kamu daftarkan dan sebutkan pada surat lamaran pekerjaan. Kamu bisa menulisnya dengan cara:

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Fotokopi KTP.
3. Fotokopi ijazah S-1 dan transkrip nilai.
4. Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan.
5. Pas foto terbaru (3x4 sebanyak 3 lembar)

Saya berharap Bapak bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 (ttd)

                                                                                                                                                                                                                                                                                Alfi Pangestu

 

Jangan lupa diakhiri dengan kalimat penutup yang sopan dan berkesan. Kamu juga bisa memberikan kalimat yang mengesankan kamu adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut seperti contoh surat lamaran kerja di atas.

Untuk contoh surat lamaran kerja versi lengkap, kamu bisa lihat contohnya di bawah ini yah.

XDN6coET0-__FPMVpd9qqLZ1GNdBU_OW.png

Mudah bukan? Pastikan kelima hal tersebut ada di dalam surat lamaran kerja kamu yah. Semoga sukses!

393 Views
Write your answer View all answers to this question