selasar-loader

Apa saja yang harus dihindari saat hamil muda?

LINE it!
Answered Mar 08, 2018

Trimester pertama kehamilan atau hamil muda adalah masa yang sangat rentan. Banyak hal yang katanya tidak boleh dilakukan saat hamil muda karena akan berpengaruh pada kesehatan calon bayi. Lalu sebenarnya apa saja yang harus dihindari saat hamil muda?


Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Trimester pertama kehamilan atau masa awal kehamilan adalah fase ketika janin mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan yang dapat menentukan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Banyak yang menyatakan bahwa hamil muda adalah fase paling krusial karena banyak wanita yang mengalami keguguran pada tahap ini karena melakukan aktivitas yang berbahaya atau memakan makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi.

Kehamilan sendiri adalah sesuatu yang harus disyukuri. Setelah mendapat karunia berupa kehamilan, kita patut menjaga janin yang sudah ada di dalam kandungan sebagai bentuk rasa syukur atas karunia Tuhan yang telah diberikan. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, Ibu hamil juga diwajibkan melakukan aktivitas yang tidak berbahaya bagi janin saat hamil.

Bergitu berharganya kehamilan Anda, ada beberapa hal yang harus Anda hindari saat sedang hamil muda. Anda tidak boleh sembarangan melakukan aktivitas fisik yang bisa mengganggu janin yang ada di dalam kandungan Anda. Tidak hanya itu, segala hal yang berkaitan dengan ibu hamil harus dijaga, seperti gaya hidup, asupan makanan dan pola makan, kesehatan, serta aktivitas sehari-hari. Jika Anda tidak memperhatikan hal-hal tersebut, kesehatan Anda dan janin akan terganggu.

Agar lebih dapat menjaga kesehatan diri dan janin, berikut hal yang harus Anda hindari saat sedang hamil muda:

1.     Makan makanan mentah

Hu5j5kP_mon1Ui_KzTAlrSz0qKZNitmU.jpg

Berbagai jenis makanan mentah yang dikonsumsi sesungguhnya amat rentan terhadap penyebab penyakit seprti bakteri, virus, dan cacing. Keracunan akibat mengonsumsi makanan sangat mungkin terjadi apabila Anda mengkonsumsi makanan mentah ini. Cirus, bakteri, cacing, atau kuman yang menempel pada makanan mentah ini dapat memberikan berbagai keluhan pada kehamilan Anda dan buruk bagi janin seperti mengganggu pertumbuhan janin, menyebabkan cacat pada janin, atau bahkan mengalami keguguran. Pastikan makanan yang Anda konsumsi, terutama daging, telur, dan ikan, telah masak sempurna sehingga memperkecil risiko ikut masuknya kuman, bakteri, virus, dan cacing pada makanan Anda.

2.     Minum kopi terlalu banyak

-tVklJzwsGQJWQGnx-125alwxW72lEZI.jpg

Apakah Anda termasuk penikmat kopi? Mulai saat ini Anda harus mengurangi jumlah kopi yang masuk ke tubuh Anda. Kopi yang masuk ke tubuh Anda dalam jumlah besar, akan mengalir ke janin Anda. Minuman dengan kafein tinggi ini dapat memicu hormon yang menyebabkan stres. Tidak hanya itu, hormon ini dapat diterima secara langsung oleh janin sehingga sangat berbahaya dapat menyebabkan cacat pada janin, ketidakseimbangan hormon, meningkatkan risiko keguguran, dan berat lahir berkurang.

3.     Meminum alkohol dan merokok

sHU2W12mTyviZmxwpveNdEslGFo0e3OT.jpg

Alkohol dan rokok sudah sebaiknya Anda jauhi sama sekali. Jangan sampai Anda menyentuhnya saat sedang mengandung. Pada dasarnya tidak ada tingkat pemakaian alkohol atau pun rokok yang aman selama masa kehamilan. Alkohol dan rokok bila dikonsumsi akan tetap berebdar melalui darah dan diterima langsung oleh janin melalui plasenta. Penelitian menunjukkan bahwa Ibu yang mengonsumsi alkohol memiliki pertumbuhan janin yang terhambat jauh lebih tinggi daripada ibu lainnya. Ibu yang minum alkohol selama masa kehamilan dapat menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS), gangguan otak pada bayi, kerusakan organ vital pada janin, hingga cacat fisik. Sedangkan ibu yang menghisap rokok selama kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dalam keadaan berat badan yang rendah.

4.     Olahraga atau aktivitas terlalu berat

mzM671U8U1xri89pwlarI642BpURZ7vT.png

Anda rutin olahraga? Atau Anda adalah pekerja lapangan yang terbiasa menjalani aktivitas berat? Sebaiknya Anda mulai mengurangi itu semua selama hamil muda. Anda tetap boleh melakukan olahraga, dengan catatan bukan olahraga berat dengan risiko tinggi. Jalan santai merupakan olahraga yang paling amal saat hamil. Tidak hanya itu, senam ringan dan berenang biasanya juga dianjurkan saat hamil. Berenang termasuk olahraga yang kecil risikonya dan dapat dilakukan sejak hamil muda hingga sepanjang masa kehamilan. Berenang dapat membuat punggung terasa nyaman dan tubuh terasa ringan.

5.     Terpapar radiasi

ex8mj2Q7A7ilnFHRD-wVKC8Lt0d8feti.jpg

Apapun alasannya, terpapar radiasi bagi ibu hamil sangat tidak boleh dilakukan. Semua bentuk radiasi berpotensi membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Jika memerlukan segala hal yang berbentuk penyinaran, termasuk rontgen, Anda bisa katakan kepada dokter bahwa Anda sedang hamil. Pada dasarnya, paparan radiasi dapat mengacaukan perkembangan sel. Terlebih lagi, mutasi sel tersebut bisa berkembang kea rah kanker dan cacat. Menyeramkan bukan? Pastikan Anda terhindar dan jauh dari paparan radiasi yah.

6.     Stres

yacBsh7dBLlkNoLxOdgy6Nn4RIsub2Vp.jpg

Tahukah Anda bahwa bayi yang ada di dalam kandunganmu sangat peka terhadap perasaan Anda? Janin yang dikandung Anda memiliki ikatan perasaan yang sangat kuat dengan ibunya. Berbagai hal yang dirasakan ibunya, entah itu stres, tertekan, hingga marah bisa dirasakan juga oleh sang janin di dalam kandungan. Ketika sang ibu stress dan tertekan, janin juga ikut merasa stress dan tertekan sehingga bisa membahayakan nyawa janin serta sang ibu hamil. Efek paling krusial saat Anda stress saat hamil muda adalah keguguran. Jadi mulai sekarang, mulailah selalu untuk merasa bahagia tanpa beban pikiran negatif apapun agar Anda selalu sehat dalam masa kehamilan, begitu juga dengan janin Anda.

7.     Diet

gkQSjWtKcLZoLfg5PlZcHZGsPwZXJJWa.jpg

Banyak Ibu hamil yang masih memaksakan diri untuk melakukan diet saat hamil muda. Padahal wanita hamil yang melakukan diet memiliki risiko yang sangat besar bagi janin. Saat diet, ibu hamil banyak mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Hal ini akan berakibat pada kurangnya asupan gizi yang penting selama pertumbuhan janin sejak hamil muda seperti kekurangan vitamin, mineral, protein, dan nutrisi lainnya. Diet bisa mengakibatkan cacat pada bayi karena kurangnya zat tertentu saat pertumbuhan di masa kehamilan. Meskipun ada diet tertentu yang baik bagi ibu hamil, tetapi ada baiknya jika hal itu telah dikonsultasikan dengan dokter kandungan Anda.

8.     Minum obat tanpa resep dokter

ISvMpED7vZjL9w-3Bw-Tqw6rm70EMPI0.jpg

Minum obat sembarangan tanpa resep dokter sangat berbahaya. Segala pemakaian jenis obat untuk mengatasi berbagai keluhan yang dirasakan sangat dilarang jika tanpa resep dokter. Obat-obatan yang dikonsumsi bebas, bisa jadi mengandung bahan berbahaya yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan janin. Jadi mulai saat ini, jangan sembarangan minum obat yang bebas di pasaran yah. Ada baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter mengenai obat apa saja yang ingin Anda minum.

Semua hal yang harus dihindari di atas sama sekali tidak bersifat opsional, tetapi wajib dihindari karena berdampak buruk baik pada kesehatan sang ibu, ataupun janin. Semua hal yang wajib dihindari ini pada dasarnya adalah menjaga perkembangan serta kesehatan Anda dan janin sejak masa hamil muda hingga akhir masa kehamilan

323 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored