selasar-loader

Apa saja tanda awal kehamilan yang mudah dikenali?

LINE it!
Answered Mar 08, 2018

Terlambat datang bulan atau haid biasanya menjadi salah satu penanda kehamilan. Namun banyak ibu muda yang terlambat menyadari kehamilannya sehingga melakukan banyak aktivitas yang justru membahayakan kehamilan awalnya. Lalu apa saja tanda kehamilan yang mudah dikenali?


Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Banyak yang keliru memahami tanda awal kehamilan dengan sindrom menjelang haid, mengingat gejala yang dialami kedua fase ini hampir sama atau mirip. Tanda awal kehamilan ini biasanya dialami karena ada beberapa perubahan pada sang ibu, baik dari segi fisik maupun psikis.

Semakin banyak tanda awal kehamilan yang terjadi dalam diri sang ibu, maka kemungkinannya untuk hamil akan semakin besar. Tanda awal kehamilan antara ibu yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda. Namun dengan mengetahui ada beberapa tanda awal kehamilan, Ibu bisa mempersiapkan diri dengan baik mengingat trimester pertama adalah fase kehamilan yang paling rentan.

6IqgzNsDn2QNB7jO74YBK6QSiwhKDJIv.jpg

Pada dasarnya, ketika wanita mengalami keterlambatan waktu haid, calon ibu bisa mulai bersiap dan mengenali apakah ada tanda awal kehamilan dalam dirinya. Selain itu, kehamilan bisa dibuktikan dengan menggunakan tes kehamilan, entah itu menggunakan alat tes urin yang dapat dibeli di apotek terdekat maupun dengan memeriksakan diri ke dokter.

Berikut adalah beberapa tanda awal kehamilan yang mudah dikenali calon ibu dan patut menjadi suatu hal yang dicermati:

1.     Mual dan muntah (morning sickness)

g4S1ISb76-XgSTf91AuL3T3QNrwpM16F.jpg

Mual dan muntah ini lebih dikenal dengan istilah morning sickness, yakni keadaaan tidak nyaman pada pagi hari karena rasa mual hingga muntah. Hal ini terjadi di pagi hari karena menumpuknya asam lambung selama calon ibu tidur. Selain itu, mual ini terjadi juga disebabkan oleh perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit pada lapisan perut. Gejala mual dan muntah ini biasanya akan terasa pada usia kehamilan enam minggu. Namun untuk menjadi catatan, gejala ini juga bisa muncul lebih awal dan segera hilang setelah usia kehamilan mencapai 12-16 minggu. Mual dan muntah ini juga bisa terjadi pada hampir semua Ibu hamil, tidak hanya pada pagi hari, tetapi siang dan malam hari pun bisa terjadi. Keadaan ini sangat tidak nyaman bagi ibu hamil dan dapat dicegah dengan menjaga asupan yang masuk ke dalam perut agar perut tidak kosong. Mengkonsumsi makanan sedikit demi sedikit dengan frekuensi yang sering serta memakan permen jahe juga bisa meredakan gejala ini.

2.     Kram perut

C8_yVuH5mxEluIe9DuqrU8_4UT903a_5.png

Banyak wanita yang abai pada tanda kehamilan ini karena hampir sama dengan gejala sebelum tiba hari menstruasi/ haid. Bedanya, kram perut yang terjadi karena tanda awal kehamilan biasanya lebih ringan daripada kram perut yang disebabkan oleh PMS. Kram perut biasanya terjadi di minggu awal masa kehamilan. Kram perut terjadi karena proses implantasi janin ke dinding rahim sedang berlangsung. Kram perut yang terjadi sebagai tanda awal kehamilan biasanya seperti rasa dicubit atau ditarik di satu sisi perut, entah yang kanan atau kiri tergantung tempat terjadinya pembuahan. Biasanya, kram perut juga dibarengi dengan munculnya bercak darah atau flek.

3.     Sering buang air kecil

dn585Ne4hI89AriZgG7Q_Vd_T9XD5vb1.jpg

Wanita akan mengalami tanda awal kehamilan seperti merasakan ingin buang air kecil pada masa awal kehamilannya, terutama ketika malam hari. Sering buang air kecil ini terjadi karena adanya perluasan rahim sebagai tempat berkembangnya janin sehingga mengakibatkan kandung kemih yang tertekan. Namun banyak juga yang menyangsikan tanda ini karena bisa jadi sering buang air kecilnya sang ibu disebabkan oleh faktor lain.

4.     Perubahan pada payudara

7a2DgcBkiCM66Bw1r2wa4AmhGQHsL4KK.jpg

Terjadinya perubahan hormon pada awal kehamilan dapat mengakibatkan payudara terasa lebih sensitif, padat, dan lebih kencang. Bahkan perubahan pada payurara ini bisa menyebabkan payudara terasa nyeri atau sakit saat dipegang atau tersentuh. Perubahan lainnya terlihat pada bagian puting payudara. Bagian puting akan terlihat lebih menonjol dan berwarna lebih gelap. Selain itu, pembuluh darah akan terlihat lebih tampak pada permukaan payudara.

5.     Bercak darah

qzu1PpNR7JLr4_qenuD7Aqc-nwLKGifV.jpg

Jangan panik jika Anda menemukan bercak darah di celana dalam Anda yang keluar dari vagina. Karena biasanya tanda awal kehamilan ini ditandai dengan bercak darah. Bercak darah muncul sebagai tanda bahwa sel telur yang dibuahi telah menempel pada dinding rahim. Bercak darah yang muncul biasanya hanya sedikit dan berwarna yang lebih terang dari darah haid. Selain itu, darah yang keluar juga hanya sedikit dalam waktu yang sebentar.

6.     Pusing

68oymiylN443u5EXlErq9UrAR8msu_3L.jpg

Pada awal kehamilan, wanita hamil akan mengalami peningkatan sirkulasi darah karena perubahan hormon. Hal ini lah yang menyebabkan Ibu hamil cenderung sering merasakan sakit kepala. Pusing juga bisa disebabkan oleh menurunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah. Sakit kepala yang dirasakan bisa juga seperti pusing seperti sedang berasa di atas kapal laut.

7.     Sensitif terhadap bau

krZwzv2H7A-k6FUufZ0MSxtOHp9Ev5un.jpg

Rasa mual yang dialami pada awal kehamilan biasanya disebabkan karena penciuman yang lebih tajam terhadap bau-bauan tertentu atau bau menyengat, entah itu bau wangi ataupun bau yang tidak enak. Aroma dari makanan yang dikonsumsi pun terkadang dapat menjadi pemicu mual. Tidak hanya itu, kondisi sensitif terhadap bau ini dapat membuat ibu hamil juga kehilangan nafsu makan.

Semakin banyak tanda awal kehamilan di atas yang Anda alami, semakin besar kemungkinan Anda hamil. Meskipun begitu, tanda awal kehamilan bagi setiap wanita berbeda-beda sehingga tidak dapat dijadikan patokan atau standar. Untuk lebih tepat lagi, Anda harus segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan agar Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Pada saat usia kehamilan yang masih muda, ada banyak sekali risiko yang dapat menghampiri. Oleh sebab itu, sebagai ibu yang sedang hamil muda, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar.

Hal ini benar-benar penting untuk diperhatikan oleh semua wanita, terutama wanita yang sedang hamil muda. Pada saat kehamilan, tentu saja Anda ingin menjaga kesehatan diri Anda sendiri dan juga kesehatan janin Anda. Berikut ini ada beberapa larangan ibu hamil muda yang wajib untuk Anda hindari.

1.     Larangan yang pertama adalah mengkonsumsi alkohol. Alkohol adalah minuman yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Alkohol bahkan tidak baik dikonsumsi oleh orang yang tidak hamil, terlebih lagi jika Anda sedang hamil muda. Alkohol dapat menyebabkan IQ rendah, agresif, cacat dan risiko buruk lainnya.

2.     Pantangan yang kedua yaitu merokok, tentu saja seorang wanita yang sedang hamil muda tidak boleh merokok.

3.     Makan makanan yang mengandung merkuri sangat berbahaya. Pantangan makanan bagi ibu hamil muda yaitu makanan yang mengandung merkuri. Merkuri ini biasanya terdapat didalam makanan yang kaya akan omega 3 dan juga omega 6.

4.     Pantangan selanjutnya yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil yaitu melakukan diet. Pada saat hamil, tentu saja wanita banyak mengalami perubahan bentuk badan. Mengalami kegemukan bukanlah hal yang aneh bagi seorang ibu hamil. Larangan ibu hamil muda ini sangat penting untuk diperhatikan. Pada saat kehamilan, jika kekurangan nutrisi maka dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin.

5.     Pantangan atau larangan yang selanjutnya yaitu melakukan olahraga atau beraktivitas yang terlalu berat. Pantangan ibu hamil muda ini penting untuk dihindari, terutama pada trimester 1. Jika terlalu berlebihan, maka aktivitas yang Anda lakukan dapat menyebabkan keguguran.

6.     Pantangan lainnya yaitu seorang ibu yang sedang hamil muda dilarang untuk terpapar radiasi dalam waktu yang cukup lama. Contohnya saja melakukan foto rontgen ataupun bekerja di radiologi, hal ini tidak diperbolehkan. Selain pantangan makanan ibu hamil muda, pantangan kegiatan juga penting untuk diperhatikan oleh ibu hamil muda.

7.     Pantangan lain yaitu stres, hal ini dapat mengakibatkan keguguran.

8.     Pantangan lainnya yaitu menggunakan kosmetik, terutama kosmetik yang banyak mengandung merkuri atau bahan kimia berbahaya lainnya.

9.     Pantangan selanjutnya yaitu seorang ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi makanan mentah. Makanan mentah dipercaya memiliki kandungan yang berbahaya bagi kesehatan.

10.  Larangan ibu hamil muda selanjutnya yaitu dilarang mengkonsumsi obat secara sembarangan. Terlebih lagi jika itu adalah obat-obatan berbahan kimia.

11.  Larangan selanjutnya yaitu meminum minuman berkafein.

12.  Selain itu, wanita yang sedang hamil muda juga dilarang untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat-zat kimia contohnya saja MSG atau formalin.

13.  Selain pantangan makanan ibu hamil muda tersebut, ada beberapa pantangan makanan lain. Diantaranya yaitu dilarang mengkonsumsi masakan berbahan daging kambing.

14.  Selain itu, ibu hamil muda juga dilarang untuk meminum teh dan juga kopi secara berlebihan.

15.  Pantangan terakhir yaitu seorang ibu hamil muda dilarang memakan nanas. Nanas dipercaya sebagai makanan yang dapat menggugurkan kandungan.

Jagalah kehamilan Anda dengan baik sebagai salah satu bentuk syukur Anda kepada Tuhan karena telah diberikan anugerah luar biasa berupa kehamilan. Jangan sampai Anda justru melakukan pantangan di atas secara sengaja, hal itu dapat membahayakan janin juga diri Anda sendiri.

Jangan lupa minta dukungan suami agar memantau kesehatan Anda.

243 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored