selasar-loader

Bagaimana cara memutihkan wajah secara alami?

LINE it!
Answered Mar 07, 2018

Kulit wajah putih, segar, sehat, serta cerah adalah dambaan setiap orang. Namun melakukan perawatan di skin care mahal menggunakan bahan kimia yang belum tentu cocok dengan kulit wajah kita. Lalu bagaimana cara memutihkan wajah secara alami yang bisa kita lakukan sendiri?


Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Memiliki wajah cerah, bersih, sehat, dan segar menjadi dambaan setiap. Kulit wajah yang terlihat cerah, bersih, sehat, dan segar akan membuat penampilan Anda menjadi menarik dan juga meningkatkan tingkat percaya diri Anda. Saat ini telah banyak varian perawatan wajah di skin care mahal yang tersebar hampir di setiap kota. Sayangnya, semua perawatan wajah yang ditawarkan menggunakan bahan kimia yang belum tentu cocok dengan kondisi kulit kita. Namun ternyata, sejak dulu telah banyak cara memutihkan wajah secara alami yang telah dilakukan leluhur-leluhur kita.

Perkara kulit putih memang sudah menjadi hal yang didamba-damba setiap orang, mengingat banyak sekali produk kecantikan yang menjadikan wajah putih sebagai standar kecantikan. Namun di luar itu, kulit wajah yang bersih, sehat, segar, dan terawat seharusnya menjadi dambaan setiap orang yang bisa dilakukan dengan perawatan mudah melalui rumah. Asalkan Anda rajin melakuannya secara rutin dan teratur.  Anda juga bisa menggunakan berbagai macam bahan alami yang tersedia di sekitar Anda.

aktIESx3tqHM5YZ9-24eikkQXkRMU7B1.jpg

Di sekitar Anda banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa membantu Anda untuk memutihkan wajah serta  mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar. Bahan-bahan ini juga tidak sulit untuk dicari. Anda bisa membuat masker ataupun scrub yang dapat memutihkan wajah menggunakan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Untuk itu, simak 6 cara memutihkan wajah secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah berikut ini:

1.     Membuat masker minyak zaitun

sLw-9f_Jf8tc5HONRPcRNrpMQ288huWN.jpg

Minyak zaitun bukanlah minyak biasa. Minyak Zaitun memiliki berbagai macam nutrisi yang bermanfaat untu kulit. Minyak ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta vitamin K yang tinggi. Di dalam minyak zaitun juga terdapat polifenol, trigliserida, tokoferol, squalene, asam lemak omega 3, 6, dan 9 serta zat besi. Adapun jenis minyak zaitun yang direkomendasikan untuk perawatan kulit wajah adalah ekstra virgin olive oil karena nutrisinya masih lengkap, murni, serta tidak mengandung atau dicampur dengan bahan kimia sintetis. Adapun yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker minyak zaitun ini adalah:

a.     Cuci tangan Anda hingga bersih.

b.     Oleskan 2-3 tetes minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah.

c.     Pijat-pijat wajah Anda sehingga nutrisinya menyerap ke dalam kulit.

d.     Diamkan hingga terasa kering kira-kira 20-30 menit.

e.     Bilas dengan air dingin tanpa menggunakan sabun.

Selain membuat wajah lebih putih, minyak zaitun juga dapat membantu menyamarkan garis-garis halus pada wajah Anda, serta menghilangkan kantung mata dan jerawat. Untuk hasil yang optimal, Anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari.

2.     Membuat masker bengkoang

Bengkoang atau bengkuang merupakan resep kecantikan alami yang secara turun temurun telah dipraktikkan untuk memutihkan wajah, merawat wajah, dan mengencangkan wajah. Sejak dulu masker bengkoang telah populer di kalangan bangsawan wanita. Bahkan kini, bengkoang telah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan krim wajah modern. Bengkoang dipercaya mampu menghilangkan noda bekas jerawat, menyegarkan kulit wajah, memutihkan wajah, serta mencegah penuaan dini. Penggunaan bengkoang sebagai maskerpun sangat mudah. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Adapun cara membuat masker bengkoang adalah sebagai berikut:

a.     Ambil bengkoang dan kupas kulitnya.

b.     Cuci hingga bersih.

c.     Potong bengkoang menjadi dua bagian, lalu diparut.

d.     Peras parutan bengkoang dan simpan airnya ke dalam mangkok.

e.     Diamkan air perasanbengkoang selama 1 jam sampai mengendap seperti tepung.

f.      Pisahkan air perasan bengkoang dengan tepung yang mengendap di bawah mangkuk. Tepung inilah yang digunakan sebagai masker.

g.     Oleskan endapan tepung bengkoang tadi pada wajah menggunakan masker.

h.     Biarkan hingga mengering.

i.      Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

Jangan menggosok wajah Anda saat membersihkan sisa masker bengkoang karena dapat menyebabkan iritasi. Anda dapat menggunakan masker bengkoang ini kapan saja secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

3.     Membuat masker lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah. Lidah buaya mengandung 150 nutrisi lami seperti mineral, lignin, salicylic acids, saponin, sterol, amino acids, dan anthraquinones. Berbagai kandungan ini mampu menutrisi kulit, meminimalisasi sumbatan pori, sumber antioksidan, mengurangi terjadinya pigmentasi kulit, mengurangi kadar minyak, meningkatkan produksi kolagen, serta melembutkan kulit. Banyak bukan? Anda dapat memanfaatkan lidah buaya ini sebagai masker tanpa campuran apapun loh. Caranya adalah sebagai berikut:

a.     Ambil lidah buaya.

b.     Potong menjadi 2.

c.     Ambil gel yang terdapat di lidah buaya dengan menggunakan sendok.

d.     Oleskan seluruh gel yang ada pada lidah buaya ke seluruh permukaan wajah.

e.     Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit hingga mengering.

f.      Bilas wajah Anda dengan menggunakan air dingin.

Perawatan memutihkan wajah menggunakan masker lidah buaya ini dapat Anda lakukan dua kali dalam sehari. Untuk hasil yang optimal, penggunaan rutin sangat disarankan agar wajah terlihat lebih putih.

4.     Membuat scrub kopi dan gula

OG-robMbOwdfaY1GQuUu-eWZJ5Lw3yF1.jpg

Salah satu penyebab kulit kusam adalah tumpukan sel kulit mati. Untuk mengangkat sel kulit mati tersebut, Anda dapat menggunakan campuran kopi dan gula sebagai scrub. Scrub kopi dan gula ini juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah, memutihkan wajah, membersihkan komedo dan jerawat di wajah, mengecilkan pori-pori kulit, melembabkan kulit kering, serta menghaluskan kulit wajah. Cara membuat scrub kopi dan gula ini mudah. Berikut caranya:

a.     Siapkan 3 sdm bubuk kopi murni, ½ sdm gula, serta air hangat.

b.     Campurkan ketiga bahan tersebut di dalam mangkuk lalu biarkan beberapa saat.

c.     Pastikan wajah Anda bersih dan kering.

d.     Oleskan scrub kopi dan gula tersebut ke seluruh permukaan wajah secara merata.

e.     Diamkan hingga mengering sekita 20 menit.

f.      Bilas wajah menggunakan air sambil memijat-mijat wajah menggunakan scrub tadi.

Untuk hasil yang optimal, Anda dapat menggunakan scrub ini 4-5 kali dalam seminggu. Karena bahan alami, penggunaan scrub kopi dan gula ini aman bagi wajah Anda.

5.     Menggunakan jeruk nipis

Khasiat jeruk nipis bagi kesehatan tubuh sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Vitamin C pada jeruk nipis memiliki sifat antioksidan yang sangat baik bagi tubuh, yaitu untuk meminimalisir risiko terkena penyakit. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, mineral, asam sitrun, asam sitrat, asam amino, karbohidrat, minyak atsiri, dsb. Dengan berbagai kandungan tersebut, jeruk nipis memiliki khasiat dapat memutihkan wajah, membuat wajah lebih segar, dan mulus. Jeruk nipis dapat digunakan sebagai masker wajah dengan cara berikut:

a.     Siapkan 1 buah jeruk nipis.

b.     Belah dan peras airnya ke dalam mangkuk.

c.     Ambil kapas dan celukpak ke mangkuk yang berisi air jeruk nipis tersebut.

d.     Oleskan kapas ke seluruh permukaan wajah secara merata.

e.     Diamkan selama 15 menit hingga kering.

f.      Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

6.   Membuat masker putih telur

Putih telur sejak lama dikenal mampu memutihkan wajah serta mengencangkan kulit wajah. Masker putih telur ini telah menjadi favorit banyak orang sebagai cara memutihkan wajah. Membuat masker putih telur inipun cukup mudah dan murah. Baik laki-laki maupun wanita dapat membuat masker putih telur ini dan menggunakannya sebelum tidur. Berikut adalah cara membuat masker putih telur:

a.     Siapkan telur.

b.     Pisahkan antara kuning telur dan putih telur.

c.     Masukkan putih telur ke dalam mangkuk.

d.     Aduk putih telur hingga berbusa atau seperti pasta.

e.     Cuci wajah Anda hingga bersih dan keringkan.

f.      Oleskan masker putih telur ini ke seluruh wajah Anda secara merata.

g.     Diamkan selama 30-60 menit.

h.     Lalu bilas wajah Anda hingga bersih.

Apabila Anda menggunakannya sebelum tidur, Anda bisa membiarkannya semalaman dan bilas wajah Anda keesokan paginya. Menggunakan masker putih telur ini akan mendapatkan manfaat seketika. Kulit wajah Anda akan terlihat lebih putih dan kencang. Anda bisa meggunakan masker putih telur ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang optimal.

Anda dapat melakukan perawatan wajah menggunakan jeruk nipis ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil optimal dalam memutihkan wajah Anda.

7. Membuat Masker Pepaya

yeB_JaTPQSDhpSgVArNWKom3TIKZ6W7C.jpg

Enzim papain yang terdapat pada pepaya dapat membantu mengikis sel kulit mati dan aktioksidannya dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan akibat jerawat, dan mengurangi peradangan pada kulit. Bahkan kini begitu banyak sabun muka yang terbuat dari bahan dasar pepaya. Cara menggunakannya pun simpel. Sama seperti bahan alami lainnya, kamu hanya perlu mengaplikasikan pepaya sebagai masker di wajah kamu.

a. Bersihkan pepaya dan potong dadu.

b. Lalu haluskan pepaya hingga menjadi bubur.

c. Jika kamu tidak suka dengan bau pepaya yang khas itu, kamu bisa menambahkan 1 sdm madu atau lemon.

d. Oleskan pada wajah lalu diamkan selama 20 menit.

e. Bilas dengan air hangat.

8. Membuat Masker Apel

WhtkahDNmL7XON6VH0j1OjVAX-e-yw58.jpg

Buah apel yang biasa kamu makan itu sangat bagus bagi kesehatan kulit karena mengandung antioxidan, flavonoid, dan serat makanan yang mampu membuat kulih menjadi cerah, menutrisi kulit, dan menangkal radikal bebas. Apel bisa kamu buat sebagai masker wajah. Caranya:

a. Basuh mukamu terlebih dahulu dengan air hangat–hangat kuku, setelah itu keringkan dengan lembut menggunakan handuk.

b. Parut buah apel dan tempelkan di wajahmu hingga rata. Usahakan agar menutupi bagian yang berjerawat juga.

c. Diamkan selama 10 menit

d. Bersihkan dengan air hangat.

e.Setelah itu ulangi lagi.

f. Aplikasikan kembali makser apel tersebut ke wajah Anda, lalu tunggu selama 15 menit.

g. Setelah itu basuh dengan air dingin.

Lakukan hal ini secara rutin agar wajahmu terasa lebih cerah dan putih secara alami. 

Bagaimana? 6 cara memutihkan wajah secara alami di atas sangat mudah untuk Anda lakukan bukan? Tunggu apalagi, wajah putih cerah kini jadi milik Anda

276 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored