selasar-loader

Apa kebijakan yang ingin Anda buat untuk meningkatkan industri pariwisata Wae Rebo?

LINE it!
Answered Mar 06, 2018

Muhammad Bagoes Himawan
Mahasiswa Arsitektur ITB | Peserta Rumah Kepemimpinan Bandung | @goeshhimawan

QgCdhcwqaiET-uWZTa0Wf7tmTPDOKHNy.jpg

Kampung Adat Wae Rebo sejatinya berawal dari kampung adat biasa yang kemudian mendapatkan penghargaan sebagai warisan budaya dunia dari UNESCO pada tahun 2012. Sebelumnya kampung adat Wae Rebo bahkan hampir punah dengan hanya tersisanya 2 rumah adat Mbaru Niang nya yang layak huni. Selanjutnya dengan pembangunan kembali Mbaru Niang oleh arsitek Indonesia, Yori Antar, barulah terlihat pesona kampung adat Wae Rebo. Hal yang menjadi daya tarik utama di sana adalah lanskap kampung adatnya, pesona alam, serta budaya khas warga kampungnya.

Meningkatkan pesona pariwisata Wae Rebo yang masih tergolong baru membutuhkan banyak sekali faktor. Menilik dari sudut pandang saya yang memiliki background arstektur, maka saya akan mendahulukan pengadaan kemudahan akses menuju lokasi Kampung Adat Wae Rebo. Beriringan dengan itu juga dilakukan pengadaan fasilitas-fasilitas penunjang pariwisata yang memungkinkan meningkatkan wisatawan secara berkala.

Akses masuk dan fasilitas-fasilitas penunjang pariwisata tersebut tidak akan bisa terealisasi tanpa modal yang cukup. Maka saya akan membuka peluang bagi investor pariwisata untuk menginvestasikan modalnya ke kampung adat ini. Bersama bantuan pemerintah serta pebisnis pariwisata, saya akan menggencarkan publikasi pengenalan kampung adat ini sebagai kampung wisata baru di Nusa Tenggara Timur.

176 Views
Write your answer View all answers to this question