selasar-loader

Profesi apa yang disukai para mahasiswa komunikasi?

LINE it!
Answered Mar 06, 2018

Halo para mahasiswa IISIP Jakarta peserta kuliah manajemen media massa. Dalam kuliah pada Senin (26 Februari), dosen Anda meminta Anda membuat kelompok dan berdiskusi tentang dunia media massa.Menurut Saudara, profesi atau bidang apa yang disukai/diminati teman Anda? Silakan Anda pilih salah satu profesi yang diminati teman anggota kelompok Anda? Beri penjelasan lebih lanjut tentang profesi yang diminati teman Anda. Contoh, jika teman Anda tertarik di bidang periklanan, jelaskan apa itu periklanan dan aspek-aspek lainnya. Silakan Anda jawab minimal 8 paragraf (alinea).


    Selamat malam Pak Gantyo, perkenalkan nama saya Hanatriani Kartini dari jurusan D3 Periklanan. Saya Mahasiswa Bapak pada mata kuliah Menejemen Bidang Media pada hari selasa setiap sesi pertama.

  Setelah saya melakukan beberapa diskusi kepada teman-teman kelompok belajar, sebagian dari kami sepakat sangat menyukai dan tertarik dengan profesi pada bidang "Copy Writer" 

   Pada bidang Copy Writer sendiri adalah seorang Penulis teks dengan tujuan mempromosikan atau bahkan memasarkan sebuah produk serta jasa. untuk kali pertama seorang Copywriting mempunyai daya tarik sendiri sesuai dengan perkembangan ekonomi global.

pemasaran internet menjadi salah satu media yang dipilih untuk memasarkan produk dan jasa untuk sekarang ini, jadi peran dari seorang seorang copywriter bertugas untuk membuat naskah atau teks yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk ataupun jasa, tentunya pekerjaan seorang copywriting sangat berbeda dari jasa penulis. Sebuah copy tidak harus menulis rinci serta memuat informasi akan kegunaan dan keunggulan sebuah jasa atau pun jasa. Copy yang berarti berisi naskah yang sifatnya persuasif, secara efektif dapat membujuk para pembaca atau para calon pembeli agar mereka pada akhirnya akan mengambil keputusan untuk benar-benar membeli atau menggunakan jasa yang sedang di dipromosikan.

   Kata-kata yang di gunakan oleh seorang copywriting biasanya sudah dibuat untuk sedemikian rupa, tanpa disadari bahwa semua itu sebagai bahan promosi untuk produk serta jasa. Sebuah copy bisa berupa naskah dalam lingkup iklan di media massa seperti iklan di televisi, radio, koran atau majalah, serta bisa juga dalam bentuk katalog, papan iklan (billboard, reklame, baleho), brosur, dan media komunikasi pemasaran (media internet) lainnya.

   Seorang Copywriting mampu menghipnotis semua pembaca, dan pembaca pun akan merasa nyaman dengan tulisan dari karyanya, tak jarang kita menemukan bahkan merasa tidak jenuh ketika membaca karya tulisnya hingga akhir, namun biasanya seorang copywriting akan menulis sedikit emosi yang membangkitkan pengguna untuk jadi membeli apa yang sedang di tawarkan.

   Skill kemampuan seorang coptwriting memang bertujuan untuk membuat gregetan seorang pembaca, gimana tidak dengan memberikan informasi saja yang tadinya iseng lantas bisa berubah menjadi pembeli atau pengguna. tentunya ini bukan hal yang mudah, semua butuh ketrampilan yang cukup cerdas sehingga kelompok belajar kami sangat tertarik dengan profesi ini.

sekian jawaban yang dapat saya berikan. wassalam

207 Views
Write your answer View all answers to this question

Author Overview


More Answers from Hanatriani Kartini