selasar-loader

Apa saja makanan yang harus dihindari pada menu diet sehat?

LINE it!
Answered Mar 05, 2018

Bagi yang sedang melakukan program diet, menu diet sehat menjadi andalan utama dalam menurunkan berat badan. Berbagai nutrisi dan makanan sehat menjadi asupan wajib dalam menu. Lalu apa saja makanan yang sebenarnya harus dihindari agar diet kita berhasil?


Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Berbagai artikel telah membahas menu diet sehat yang dapat Anda buat selama program diet berlangsung. Hampir semua artikel menyebutkan hal yang sama mengenai menu diet sehat, yakni berupa makanan dengan karbohidrat kompleks, sayur dan buah-buahan kaya serat, daging rendah lemak, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Menu diet sehat ini wajib dikonsumsi selama program diet berlangsung.

Menyusun menu diet sehat dapat membantu seseorang untuk mampu mencapai target penurunan berat badan yang ingin dicapainya. Dengan menyusun menu diet sehat, makanan yang masuk ke dalam tubuh pun dapat dikontrol kalorinya. Penyusunan menu diet sehat ini juga dapat mempersiapkan seseorang untuk menyiapkan mental selama program berlangsung agar tidak “kaget” saat menu makanannya benar-benar berubah dari menu makan sehari-hari.

Selain itu, olahraga yang teratur dan minum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh juga menjadi anjuran yang wajib dipenuhi saat Anda melakukan program diet. Anda pun tidak boleh melakukan perubahan pola makan yang ekstrem dengan memasukkan asupan makanan yang seadanya. Hal ini dapat membuat Anda lemas karena kalori yang masuk melalui makanan tidak sesuai dengan jumlah kalori yang dibutuhkan.

Untuk itu, agar Anda tidak salah menyusun menu diet sehat pada program penurunan berat badan yang Anda jalani, berikut adalah 5 makanan yang sebaiknya Anda hindari pada menu diet sehat Anda.

1. Daging merah

HPo5nMtVWOwdrNwUeA0EBF59C3KQGHVC.jpg

Jenis makanan ini biasanya kita dapatkan dari hewan. Daging merah yang biasanya kita konsumsi bisa berasal dari sapi, kambing, ataupun babi. Sebaiknya daging merah ini tidak Anda masukkan dalam menu diet sehat Anda karena daging merah dari berbagai hewan tersebut mengandung lemak jenuh yang tidak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh Anda.

2. Makanan tinggi kalori

7zEgk9azGRNCYDgqfqJmrOn7FbKKba6L.jpg

Makanan tinggi kalori ini tidak hanya akan memperlambat Anda dalam melakukan program diet, tetapi juga merusak program diet Anda. Makanan tinggi kalori ini dapat Anda temui pada junk food, dark coklat, keju, dan white coklat. Anda sebaiknya benar-benar menjauhi makanan ini.

3. Gorengan

_bgHuNXnyNSdABhsZdX5LrdbjoiQ8yug.jpg

Gorengan dan makanan yang digoreng biasanya menjadi surge bagi mereka yang amat menyukai rasa gurih. Eits, tetapi sebaiknya makanan ini sama sekali tidak ada dalam menu diet sehat Anda. Mengapa? Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan ini biasanya telah dipakai berulang-ulang. Bahkan biasanya minyak yang telah dipakai, didiamkan dulu jika sedang tidak digunakan untuk menggoreng. Padahal hal tersebut tidak boleh terjadi. Minyak yang dipanaskan kembali ini menjadi minyak jenuh, yang menjadi enyebab kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

4. Gula

HsOhiLChAHu8lX0eH0Fs95tLEujBD2ke.jpg

Bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh makan makanan yang mengandung gula. Sayangnya, pada makanan yang biasa kita makan, terdapat gula yang berlebihan di salamnya. Untuk itu, sebaiknya hindari donat, manisan buah, roti coklat, minuman bersoda, jus kemasan, minuman sachet, dan berbagai manisan lain dalam menu diet sehat Anda. Mengapa? Gula menyerap vitamin di dalam tubuh dan membuat Anda merasa lemah.

5. Minuman beralkohol

MeaMYX-wtgMR5kCOEsluThgx536NGeEW.jpg

Siapa sangka minuman beralkohol ternyata mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga dapat merusak program diet yang sedang Anda lakukan. Vodka misalnya, mengandung 95 kalori per slokinya. Jadi tidak ada alasan menghangatkan tubuh Anda menggunakan minuman beralkohol saat Anda diet karena itu sama saja merusak program diet Anda dan tidak baik untuk tubuh Anda.

Demikian 5 makanan yang  harus Anda hindari saat menyusun menu diet sehat. Pastikan diet sehat yang Anda lakukan benar-benar terbebas dari makanan-makanan yang dapat merusak program diet Anda dan niatkan untuk melakukan program diet ini dengan sebaik-baiknya.

Baca juga:

Apa saja makanan untuk diet yang aman bagi penderita maag?

Bagaimana cara mengecilkan perut buncit paling efektif?

Bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat?

202 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored