selasar-loader

Apa saja makanan untuk diet yang aman bagi penderita maag?

LINE it!
Answered Mar 05, 2018

Banyak penderita maag yang ternyata ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Namun karena maag yang diderita, banyak yang khawatir penyakit maagnya kambuh saat melakukan diet. Lalu sebenarnya apa saja makanan untuk diet yang aman bagi penderita maag?


Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Orang yang sedang melakukan program diet kerap kali mengalami gangguan pencernaan sehingga para penderita maag sangat rentan untuk melakukan program diet dan biasanya penyakit maagnya semakin parah. Namun ternyata, jika Anda bisa memilih makanan untuk diet yang aman bagi penderita maag, alih-alih Anda berdiet, Anda justru sedang berupaya membangun pola makan teratur yang akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda terutama semakin jarang maag Anda kambuh.

Diet pada dasarnya adalah mengatur pola makan untuk mendapatkan berat ideal. Sayangnya, banyak penderita maag yang merasa kesulitan mengatur makanan untuk diet mereka. Hal ini dikarenakan makanan untuk diet yang masuk ke tubuh mereka tidak boleh sembarangan atau dapat menimbulkan naiknya asam lambung dan membuat maag Anda kambuh. Bukan berat badan ideal yang didapat, tetapi malah maag yang semakin akut.

Penyakit maag yang menyerang organ lambung seringkali membuat penderitanya bingung untuk mengonsumsi makanan. Salah sedikit saja, rasa sakit dan nyeri pada lambung bisa kambuh dan menganggu aktivitas Anda.

Kondisi ini jelas memicu keengganan penderita maag melirik variasi lainnya untuk menu sarapan. Biasanya, bubur dan jenis makanan lunak lainnya yang menjadi pilihan. Padahal, kriteria menu sarapan tepat bagi penderita maag tidak hanya bubur yang dinilai aman. Demikian seperti yang diungkapkan oleh Kurniasih Ageng Pratiwi, S.Gz, Nutrisionis, Vivafit Fitness Center, Jakarta.

"Khusus penderita maag tidak dianjurkan melewatkan waktu sarapan karena lambung sudah kosong kurang lebih 8 jam sejak malam hari. Bila tidak makan, akan meningkatkan produksi asam lambung. Sebaiknya pilih makanan yang tidak banyak diolah menggunakan minyak dan santan serta hindari yang mengandung gas," ujar perempuan lulusan STIKes Binawan Jurusan Gizi tersebut.

Nia menambahkan bahwa penderita maag bisa mengganti sarapan bubur ayam dengan nasi merah yang dilengkapi capcay dan omelet telur tanpa tambahan lada atau bumbu rempah lainnya. Pasalnya, lada dan bumbu rempah lain bisa memicu reaksi lambung secara berlebihan. Selain itu tetap hindari olahan nasi uduk dan mie goreng.

Lebih lanjut, penderita maag tidak disarankan minum kopi pada pagi hari karena mengandung kafein. Sebagai alternatif, makan camilan seperti roti gandum atau kue kaya serat bersama teh hangat untuk mengawali hari. Opsi jenis buah yang aman bagi penderita maag, salah satunya adalah pisang. Pisang kaya akan kalium dan potasium. Kalium berfungsi menyeimbangkan PH (derajat keasaman) di dalam lambung. Sedangkan, potassium bisa menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres. Sarapan dengan buah pisang baik untuk penderita maag untuk memberi rasa kenyang.

CzlAAcSciSDWX82a0NFG5rteRivp-xTo.jpg

Ada beberapa catatan yang harus Anda perhatikan dalam menyusun menu makanan untuk diet ketika Anda juga memiliki masalah dengan lambung Anda. Di antaranya:

F9c2Xhke1CydCruA33jziNpZb8ORecCh.jpg

  1. Hindari makanan yang sulit dicerna dan memperlambat proses pengosongan lambung. Makanan jenis ini dapat membuat peregangan pada lambung Anda, seperti coklat, keju, dan kue tart.
  2. Hindari makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung seperti soda, minuman beralkohol, dan susu full cream.
  3. Hindari makanan dengan karbohidrat tinggi karena dapat menimbulkan rasa penuh pada perut, selain itu teksturnya bisa merusak lambung. Makanan jenis ini adalah nasi keras, beras ketan, dan mie.
  4. Hindari buah-buahan berserat tinggi atau yang telah dikeringkan.

Pastikan makanan dengan jenis-jenis di atas tidak masuk dalam menu makanan untuk diet Anda. Adapun kandungan makanan atau nutrisi yang disarankan ada dalam makanan untuk diet penderita maag adalah

luaUmTRo4TDxU1SrCQyl3f9MCkqjuLyt.jpg

  1. Makanan yang mengandung asam amino seperti tempe yang dikukus.
  2. Vitamin E yang terkandung dalam kemiri, gandum, dan minyak kedelai.
  3. Zat antioksidan yang terkandung dalam wortel, brokoli, dan kobis.
  4. Omega 3 yang terkandung dalam ikan seperti sarden, tenggiri, dan salmon.

Setelah Anda mengetahui jenis kandungan makanan yang sebaiknya Anda hindari dan yang harus terdapat dalam makanan Anda, Anda akan dengan mudah menyusun menu makanan untuk diet yang aman bagi lambung Anda yang memiliki penyakit maag.

Berikut adalah daftar makanan kaya akan nutrisi yang aman bagi asam lambung Anda juga bagus bagi diet Anda meskipun Anda menderita penyakit maag:

F55Q5jOh6bcTkG0iNQZJDl46fdTB3z1z.jpeg

1. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber serat makanan yang sangat mudah dicerna. Tidak hanya itu, ubi jalar juga mengandung karbohidrat kompleks dan mangaan yang mampu mengobati berbagai penyakit di usus Anda.

2. Kentang rebus

Kandungan dalam kentang dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi yang baik mengenyangkan untuk diet. Kentang yang direbus, teksturnya akan lebih lembut sehingga aman dimakan oleh penderita maag. kentang juga merupakan makanan sakit maag yang mempunyai karbohidrat yang cukup baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang lama. Dan untuk penderita maag akut kronis kentang ini bisa di buat bubur atau di jus, memakan bubur kentang dan jus kentang pada pagi hari mempunyai manfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain, karena makanan untuk maag kronis ini mempunyai sifat basa.

3. Buah pisang dan pepaya

Buah pisang dan pepaya dapat menjadi pilihan camilan saat Anda menjalani diet. Selain dapat menurunkan berat badan, buah pisang dan pepaya juga lembut sehingga mudah dicerna lambung Anda. Buah pisang dan pepaya mengandung kaliun dan Kalium yang dikandung dalam buah tersebut mempunyai manfaat untuk menyeimbangkan ph atau derajat keasaman di dalam lambung. Buah pisang juga akan memberikan perasaan kenyang, sehingga bagus dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu juga, buah pisang kaya akan kandungan potasium yang berguna untuk menormalkan peningkatan tekanan darah akibat stres.

4. Bubur ayam

Makanan lunak seperti bubur amat berguna untuk memperingan rasa sakit. Bubur bisa ditambahkan dengan telur rebus, telur setengah matang, dengan bumbu kecap asin ditambah kerupuk. Hindari memakan sate jeroan karena sulit dicerna dan akan memperparah lambung Anda. 

Makanan penderita maag akut atau kronis yang biasa di hidangkan jika kita di rawat di rumah sakit, karena memang beras adalah sumber koarbohidrat tinggi yang sangat di perlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Tapi untuk orang yang menderita maag beras tersebut di olah menjadi bubur agar lebih lunak dan dapat di cerna dengan baik oleh lambung penderita maag.

Jika Anda membeli bubur ayam di pinggir jalan, hindari menambahkan dengan sate jeroan, karena jeroan akan sulit untuk di cerna, sehingga akan menambah beban dari lambung, kalau mau tambahkan saja dengan telur rebus, karena lebih mudah di cerna dan mempunyai kandungan gizi yang baik.

5. Tempe kukus

Menu makanan tempe kukus untuk diet juga sangat baik dikonsumsi. Cara pengolahan dengan mengukus membuat nutrisi di dalam tempe dapat tetap terjaga setelah proses pemasakan.

6. Daging ikan

Anda bisa memilih ikan dengan kandungan lemak yang sedikit atau rendah lemak. Beberapa jenis ikan juga berkhasiat untuk menurunkan berat badan karena kandungan proteinnya yang tinggi. 

7. Sayur rendah serat

Tidak semua sayur bisa dikonsumsi bagi penderita maag, sayur rendah serat adalah pilihan yang baik seperti yang terdapat pada wortel, labu, dan brokoli. Sayur yang tinggi serat seperti kangkung, bayam, dan daun singkong, justru dapat memperberat kerja lambung. Sayurangyang terbaik untuk makanan maag adalah brokoli karena brokoli merupakan sumber kalium dan sulfur. Fungsi sulfur adalah akan berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Beberapa makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih, keduannya adalah bumbu masak yang memang sering di gunakan untuk penyedap berbagai masakan.

Makanan yang di larang atau sebisa mungkin dihindari bagi penderita maag adalah jenis makanan yang mempunyai sifat:

Makanan yang secara langsung akan dapat merusak dinding lambung, makanan ini antara lain:

  • Nasi, terlebih lagi adalah nasi yang keras
  • Ketan
  • Jagung
  • Ubi ubian jenis talas.
  • Sambal atau makanan yang pedas
  • Makanan yang mengandung cuka

Sumber Protein Hewani yaitu:

  • Daging yang berlemak
  • Ikan asin
  • Ikan pindang.

Sayuran dan buah yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat diantaranya:

  • Sayuran tertentu seperti: sawi dan kol.
  • Buah-buahan seperti: nangka, pisang ambon, kedondong, durian dan buah yang dikeringkan atau juga buah buahan yang di buat asinan.

Minuman yang mengandung alkohol dan mengandung soda, seperti:

  • Soft drink
  • Tape
  • Anggur putih
  • Kopi.

Beberapa obat berbentuk suplemen yang mempunyai sifat asam dan akan merangsang keluarnya asam lambung yaitu zat besi, vitamin C, asam salisilat, acetosal, kartikosteroid dan obat-obat anti rematik.

Makanan yang sulit untuk dicerna yang akan mempunyai dampak memperlambat pengosongan lambung. hal ini akan menyebabkan peningkatan peregangan pada lambung yang pada akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Makanan jenis ini antara lain:

  • Makanan berlemak
  • Kue tart
  • Coklat
  • Keju

Tambahan lain adalah makanan yang akan melemahkan klep kerongkongan bawah (GERD) sehingga akan mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan, makanan dan minuman ini antara lain:

  • Alkohol
  • Coklat
  • Makanan yang tinggi lemak
  • Santan kental atau makanan bersantan
  • Gorengan

Sekarang setelah kita mengetahui makanan yang boleh dan tidak boleh untuk penderita maag, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengatur pola makan untuk penderita maag tersebut, untuk pengaturan pola makan orang yang mempunyai penyakit maag, apalagi adalah pengidap maag kronis dan akaut adalah sebagai berikut:

  • Kurangi atau kalau memang bisa hindari sama sekali jenis makanan pedas, asam, makanan atau minuman yang mengandung gas dan juga hindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Hal penting lainnya yang sering diabaikan adalah pola makan harus teratur, lambung tidak boleh kosong lebih dari 3 jam, “ingat jangan lebih dari 3 jam”.
  • Makanan dalam porsi kecil atau sedikit tetapi dengan frekwensi yang sering. Dianjurkan untuk makan 6 kali atau lebih dalam sehari dalam jumlah kecil.
  • Makan jangan terburu buru, kunyah sampai lembut, kalau bisa seperti sunah nabi 33 kunyahan.
  • Cara memasak yang baik untuk penderita maag adalah direbus atau dikukus, hindari makanan yang di goreng.

Jika hal ini di lakukan secara disiplin dan konsisten, penyakit maag yang Anda derita akan sembuh secara berangsur angsur, atau minimal penyakit maag yang Anda derita akan tidak mengalami kambuh.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk khawatir asam lambung naik saat diet berlangsung kan? Pastikan makanan untuk diet Anda sesuai dengan aturan makanan dan nutrisi yang dianjurkan penderita maag. Selamat mencoba!

Baca juga:

Apa saja makanan yang harus dihindari pada menu diet sehat?

Bagaimana cara mengecilkan perut buncit paling efektif?

Bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat?

814 Views
Write your answer View all answers to this question