selasar-loader

Bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat?

LINE it!
Answered Mar 05, 2018

Dunia ini tidak hanya didominasi oleh orang-orang yang ingin cepat kurus. Banyak orang yang juga ingin tahu bagaimana cara menambah berat badan dengan cepat. Apa saja yang harus dilakukan? Mungkinkah dengan banyak makan makanan dengan asupan kalori yang tinggi?


Selasar Sehat
Akun Selasar yang mengajak Anda hidup sehat

Jika tujuan Anda menambah berat badan dengan cepat hanya untuk sekadar gemuk, lebih banyak makan makanan yang mengandung kalori yang tinggi tentu akan menjadi cara termudah saat ini. Sayangnya, tujuan Anda dalam menambah berat badan harus pula disertai dengan tujuan kesehatan agar mencapai berat ideal. Untuk itu, tidak sembarang makanan dengan asupan kalori tinggi dapat kita makan seketika.

Bagi sebagian orang, badan kurus terkadang menjadi menyebalkan. Selain dikira sedang stres atau sakit, orang berbadan kurus ternyata juga rentan terkena penyakit. Untuk itu, banyak orang yang berusaha untuk mencari cara menambah berat badan dengan cepat agar bisa memiliki berat badan ideal serta terlihat sehat dan segar.

Untuk menaikkan berat badan Anda, pastikan Anda telah mengetahui berat badan ideal yang seharusnya Anda miliki sehingga Anda memiliki target yang pasti untuk menambah berat badan. Jangan sekali-kali Anda berusaha menambah berat badan dengan cara asal tanpa perhitungan karena hal tersebut hanya akan menaikkan berat badan Anda dalam waktu sementara.

Pastikan juga Anda mengetahui penyebab mengapa selama ini semua orang mengkategorikan Anda sebagai seorang yang kurus. Seseorang yang berbadan kurus bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti genetika (keturunan), aktivitas fisik yang cenderung tinggi, penyakit tertentu, mengonsumsi obat tertentu, serta sedang mengalami permasalahan psikologis.

Penyebab di atas pada dasarnya akan berpengaruh pada nafsu makan serta pola makan Anda. Untuk itu, kenali dulu penyebabnya sebelum Anda memulai berbagai cara menambah berat badan agar cara yang Anda lakukan tidak  “salah langkah”.

Berikut cara menambah berat badan dengan cepat yang bisa Anda lakukan mulai saat ini.

1.     Menambahkan kalori yang sehat pada makanan Anda

h4I_cXbXHnsSxhGZoSfexvFKicDxF54m.jpg

Anda dapat meningkatkan asupan kalori yang tinggi dengan memakan kacang-kacangan, gandum utuh, susu, telur, atau alpukat dalam menu harian yang Anda konsumsi. Menurut penelitian, kacang-kacangan memiliki banyak nutrisi yang lengkap dan penting bagi tubuh. Pada satu cangkir kacang tanah mentah saja terdapat kandungan gizi berupa 828 kalori (8% dari kebutuhan harian), 72 gram lemak (110% dari kebutuhan harian), 37 gram protein (73% protein dari kebutuhan harian), 24 gram karbohidrat (8% dari kebutuhan harian), 12 gram serat (19% dari kebutuhan harian), dan 10 gram lemak jenuh (50% dari kebutuhan harian). Adapun kacang yang dapat dikonsumsi untuk menambah berat badan yakni kacang almod, kacang tanah, dan kacang kenari. Kacang-kacangan ini dapat Anda konsumsi baik sebagai camilan, bumbu masak, ataupun pelengkap makanan di piring Anda.

2.     Pilih makanan padat gizi

0QIuOnJPzxvRW5Mt5XNtp8R330nvC4Kd.jpg

Makanan padat gizi adalah pilihan yang ideal untuk jenis makanan apapun karena makanan ini penuh dengan berbagai vitamin dan mineral yang Anda butuhkan untuk kesehatan atau juga memenuhi asupan kalori Anda dalam rangka menambah berat badan Anda. Untuk itu, pastikan asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda mulai saat ini adalah makanan yang padat gizi. Makanan seperti ini dapat ditemukan pada daging sapi rendah lemak, daging ayam tanpa kulit, fillet salmon, bayam, dan keju. Anda juga dapat mengganti nasi sebagai sumber karbohidrat dengan sumber karbohidrat rendah glikemik seperti beras merah dan biji-bijian.

3.     Makan dalam porsi yang kecil

X9wCLAf7ujEZsJ8wMSMXshDIYGw_oNZ6.jpg

Jika Anda adalah tipe orang yang berjuang menaikkan berat badan karena masalah psikologis yang Anda alami, biasanya memakan dengan menggunakan porsi besar atau porsi biasa cukup menyiksa Anda, maka memilih makan makanan dalam porsi yang kecil adalah pilihan yang bijak. Hal ini tidak akan membuat Anda bertambah stress karena target makanan yang harus masuk ke dalam tubuh. Namun Anda tetap harus menaikkan frekuensi makan sehingga gizi dan kalori yang dibutuhkan untuk menambah berat badan Anda cukup.

4.     Kunyah secara perlahan hingga lembut

KlbgQB6XErSVVwtXIHxdknSc-gpEAxqT.jpg

Kalori yang tinggi serta makanan padat gizi tentu terasa amat berat untuk dikunyah sedangkan Anda dikejar target menambah berat badan. Untuk itu, Anda harus memastikan makanan Anda masuk ke lambung dalam keadaan telah lembut. Mengapa demikian? Mengunyah secara perlahan sehingga makanan lembut saat masuk ke pencernaan, akan memudahkan organ pencernaan Anda dalam mencerna berbagai makanan tersebut dan sari-sari makanan yang Anda konsumsi akan lebih mudah terserap di organ pencernaan Anda itu.

5.     Minum air putih yang cukup setelah makan

6bjdgIv8QJE1Jz1W5VVmqh8JzLCpP7j3.jpg

Mengapa setelah makan? Ini menjadi penting. Tentu agar Anda tidak merasa kenyang terlebih dulu sebelum makanan masuk ke perut Anda. Meminum air putih setelah makan juga dapat membantu tubuh untuk dapat menyerap kalori lebih banyak. Minum air yang cukup akan menambah berat badan karena lancarnya metabolisme di dalam tubuh, juga akan meningkatkan massa tubuh secara langsung (air akan didistribusikan ke seluruh tubuh, jaringan otot yang sehat mengandung air hingga 75%).

Selain berbagai cara di atas, Anda juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga rutin, memakan serat dan buah-buahan, serta memiliki jumlah tidur yang cukup. Jalani berbagai cara di atas secara rutin lalu mulailah Anda melihat perbedaan pada berat badan Anda. Selamat mencoba!

Penting untuk mengetahui bahwa tidak semua orang berpenampilan kurus menderita masalah kesehatan yang harus ditangani. Berat badan kurang dari ukuran normal standar kesehatan bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Untuk menambah berat badan, Anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab berat badan Anda rendah dan susah bertambah. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan berat badan Anda rendah:

1. Genetika

Jika Anda sudah berbadan 'tipis' sejak kecil hingga dewasa dan rata-rata keluarga Anda juga demikian, kemungkinan memang Anda dilahirkan dengan metabolisme yang lebih tinggi dari orang kebanyakan. Secara alami, mungkin Anda juga memiliki nafsu makan kurang dari orang lain. Begitu juga dengan anggota keluarga Anda lainnya.

2. Aktivitas fisik tinggi

Latihan dan aktivitas fisik dapat memengaruhi berat badan Anda. Jika Anda sering bergerak berarti Anda membakar lebih banyak kalori daripada orang yang lebih banyak duduk sehingga metabolisme Anda lebih tinggi dan tubuh Anda cenderung lebih langsing.

3. Penyakit

Sakit dapat memengaruhi nafsu makan serta kemampuan tubuh Anda untuk mengelola makanan. Jika Anda baru saja kehilangan banyak berat badan tanpa diet atau olahraga, itu mungkin merupakan tanda adanya penyakit seperti masalah tiroid, diabetes, penyakit pencernaan, atau bahkan kanker. Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang penurunan berat badan Anda yang banyak dan mendadak.

4. Obat

Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mual dan muntah. Beberapa jenis pengobatan, seperti kemoterapi juga dapat mengurangi nafsu makan dan menyebabkan berat badan Anda rendah.

5. Masalah psikologis

Faktor-faktor seperti stres dan depresi dapat mengganggu kebiasaan makan yang sehat. Rasa tidak percaya diri juga dapat menyebabkan gangguan makan. Jika Anda menderita masalah emosional yang merusak kebiasaan makan yang sehat, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

6. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab seseorang susah gemuk atau bahkan semakin mengurangi berat badan. Kebanyakan orang yang mengalami stres berkurang nafsu makannya. Tentu saja jika berkurang nafsu makan maka asupan gizi yang dibutuhkan tidak tercukupi.

7. Minuman beralkohol

Kandungan yang ada di dalam alkohol memang tidak bagus bagi tubuh. Hal tersebut malah akan membuat Anda semakin susah untuk gemuk atau bersifat kontradiktif dalam cara menggemukkan badan. Lebih baik Anda menghindari minuman jenis ini jika sedang melakukan program penggemukan badan.

8. Kurang minum air mineral

Salah satu penyebab lainnya mengapa seseorang kurus kering atau susah gemuk adalah tidak minum air mineral sebagaimana yang dibutuhkan oleh tubuh. Air mineral membantu tingkat metabolisme dalam tubuh. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik.

9. Kekurangan nutrisi

Nutrisi merupakan salah satu zat yang dibutuhkan untuk tubuh sehingga penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak nutrisi dari berbagai sumber makanan.

Ternyata memiliki tubuh yang kurus atau berat badan yang rendah bukan tanpa risiko, ada beberapa risiko kesehatan yang harus ditanggung oleh seseorang dengan berat badan terlalu kurus, antara lain sebagai berikut:

1. Patah tulang

Lemak merupakan hal yang dibutuhkan dalam pembentukan esterogen, hormon pada tubuh perempuan yang juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Makin sedikit lemak tubuh, makin sedikit pula esterogen yang dihasilkan sehingga tulang menjadi rapuh karena massanya sedikit.

2. Arthritis dan gangguan jantung

Penelitian di Mayo Clinic menunjukkan, perempuan yang terlalu kurus 3 kali lebih rentan serangan jantung di usia 42 tahun ke atas. Mengapa demikian? Lemak yang terlalu sedikit di persendian memicu arthritis atau radang sendi, yang merupakan faktor risiko atheroschlerosis atau penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

3. Keguguran

Menurut penelitian di London School of Hygiene & Tropical Medicine, perempuan yang terlalu kurus memiliki risiko keguguran 72 persen lebih besar pada trimester pertama. Terlalu kurus juga menyebabkan perempuan lebih rentan mengalami morning sickness, yakni mual muntah saat hamil muda.

4. Anemia

Memiliki berat badan di bawah normal, membuat tubuh lebih mudah lelah. Menurunnya energi dan gampang lelah ini merupakan gejala umum anemia. Gejala lainnya meliputi detak jantung tak teratur, sesak napas, pening, dan sakit kepala. Kekurangan sel-sel darah merah bisa menyebabkan anemia. Selain itu, anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi, vitamin B-12, dan folat.

5. Kualitas sperma berkurang

Indeks massa tubuh yang tidak ideal memengaruhi komposisi hormon dalam tubuh pria, salah satu akibatnya, produksi sel sperma akan terganggu sehingga sulit membuahi sel telur karena jumlah dan kepekatannya berkurang.

6. Sakit paru-paru

Penyakit paru-paru kronis seperti asma, bronkitis, dan pneumonia lebih banyak menyerang perempuan lanjut usia yang berat badannya di bawah rata-rata. Terlalu kurus menyebabkan tubuh perempuan kekurangan adipokin, sejenis sel yang diproduksi di lemak untuk membantu daya tahan tubuh.

Jadi sudah saatnya Anda memulai gaya hidup sehat dan menaikkan indeks masa tubuh Anda sehingga tidak terlalu kurus. Menjaga indeks massa tubuh ini penting sehinga kita memiliki indeks massa tubuh yang ideal dan baik bagi kesehatan.

Baca juga:

Apa saja makanan untuk diet yang aman bagi penderita maag?

Apa saja makanan yang harus dihindari pada menu diet sehat?

Bagaimana cara mengecilkan perut buncit paling efektif?

290 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored