selasar-loader

Apa yang biasanya selalu dibawa ketika bepergian? Mengapa?

LINE it!
Answered Mar 03, 2018

Dio Kuncoro
Teknik Transportasi Laut FTK ITS 2014 | Peserta Rumah Kepemimpinan 4 Surabaya '8

The most important thing yang harus dibawa adalah KEBERANIAN dan KETANGGUHAN. Kenapa? Ya, sebenernya kemanapun kita pergi dan dalam kondisi apapun, bahkan dalam kondisi kita tidak punya modal sekalipun, bisa kita lakukan begitu saja. Bahkan, tanpa perlu modal (uang) kita juga bisa pergi. Bagaimana bisa tanpa uang? Hidup pada dasarnya tidak selalu bergantung pada materiil yang kita punya. Toh dulu sebelum adanya uang ataupun barang-barang modern seperti sekarang manusia (nenek moyang kita) juga bisa menjelajah kemana saja tanpa batas. Manusia diciptakan dengan anugerah akal yang luar biasa, dan hati yang yang lembut. Itu kenapa selain menjadi makhluk individu, kita juga merupakan makhluk sosial yang senantiasa (secara naluriah) berbagi satu sama lain. Oleh karena itu, jika kita bepergian kita bisa saja tidak perlu membawa apapun, melainkan keberanian, berani bertanya kepada orang lain, berani meminta tolong/bantuan. Selain itu juga ketangguhan, tangguh dalam menghadapi kondisi apapun, mengolah akal untuk bisa menyelesaikan permasalahan dengan kreatif. Gitu. By the way, kok jadi filosofis gini jawabannya. Hahaha. Tapi itu semua bener kok, kita harus berani dan tangguh ketika bepergian, apalagi bepergian jauh dan lama.

Oke tapi jawaban yang lebih realistisnya (untuk jaman now), kita harus selalu bawa paling tidak 3 hal utama (versi saya). Pertama, IDENTITAS pribadi kita. Kenapa? Ya jelas sekali akan lebih mudah bagi kita untuk minta tolong ke orang lain (khususnya petugas yang berkaitan), just in case, ketika terjadi apa-apa dengan kita. Orang juga akan dengan mudah menelusuri orang-orang yang mungkin kita kenal. Jadi it will be very helpful sih.

Terus, kedua, ALAT KOMUNIKASI. Entah apapun itu, bisa berupa handphone, walky talky, radio, atau bahkan dua tabung kaleng yang dihubungkan oleh seutas tali. Hal ini akan membantu kita untuk stay connected with people we have known. Jadi, just in case, misal terjadi sesuatu sama kita, kita bisa langsung hubungi mereka yang terdekat dengan kita. Ya semoga aja mereka pas respon juga. Hehe.

Dan terakhir, ketiga, ALAT PEMBAYARAN. Ini juga bentuknya bisa apapun itu. Bisa uang dalam bentuk cash maupun debet di bank (atm), bisa juga uang elektronik yang sekarang sudah banyak berkembang, atau bahkan barang apapun yang memungkinkan, in worst case, untuk kita jadikan barang barter. Ya, barter, metode kuno tapi bakalan useful banget ketika emang worst case kita nggak punya apa-apa. Alat pembayaran ini jelas lah ya gunanya untuk apa, ya untuk memenuhi kebutuhan kita jika memang kita lagi butuh sesuatu.

So, jangan lupa selalu bawa minimal 3 hal utama tersebut ya, guys, kalau memang mau bepergian. Tapi kalau bisa segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik biar bepergian kita jadi lebih menyenangkan dan aman. 

123 Views
Write your answer View all answers to this question