selasar-loader

Pilih cari lowongan kerja atau menciptakan lapangan kerja?

LINE it!
Answered Mar 02, 2018

Jika lowongan kerja yang dipilih, apa alasannya dan di bidang apa? Jika menciptakan lapangan kerja, bagaimana caranya?


Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Saya mau pilih lowongan kerja dulu, lalu menciptakan lapangan kerja. Tidak ada larangan untuk memilih keduanya, kan? Hehehe. Hmm…begini penjelasannya.

Setelah lulus kuliah, saya berencana untuk cari lowongan kerja, mungkin akan cari lowongan kerja bank atau di Kereta Api Indonesia (persero). Alasannya, lowongan kerja bank biasanya tidak mensyaratkan S1 jurusan tertentu. Kesempatannya terbuka untuk semua jurusan sehingga saya menjadi lebih tertantang untuk mengikutinya. Beda dengan lowongan kerja di PT Nindya Karya (Persero), misalnya, yang memang kebutuhannya sudah sangat spesifik (mereka tidak mungkin menerima sarjana lulusan ilmu budaya untuk menangani pekerjaan konstruksi, kan?). Kalau di bank, mungkin yang akan saya pilih pertama adalah Bank Mega. Sebagai salah satu perusahaan yang bernaung di bawah bendera CT Corp, menurut saya program kerjasama Bank Mega dengan Carrefour itu brilian. Saya yakin, pasti banyak nasabah baru Bank Mega yang tertarik untuk bergabung karena bisa belanja lebih murah di Carrefour atau Transmart.

Kalau di PT Kereta Api Indonesia (Persero), alasannya adalah karena perusahaan ini merupakan perusahaan BUMN dan bidang bisnisnya adalah bagian dari gaya hidup yang telah menjadi kebutuhan. Buat saya, kereta adalah moda transportasi paling cepat dan murah di Indonesia. Sambil menunggu kereta commuter line, saya kadang suka membayangkan berapa banyak penghasilan yang diterima PT Kereta Commuter Indonesia dalam sehari jika setiap gerbongnya disesaki warga Jabodetabek yang setiap hari bekerja menggunakan kereta? PT KAI sebagai perusahaan sarat pengalaman (didirikan pada tahun 1945) tentu bisa meraup pendapatan yang lebih besar lagi, terutama pada momen-momen mudik lebaran. Lagipula, lumayan juga nanti saya bisa mudik gratis ke kampung di Jawa Tengah, hehehe.

Setelah dirasa kenyang dengan berbagai pengalaman dalam dunia kerja, baru saya berusaha menciptakan lapangan kerja. Saya berniat untuk merintis suatu usaha, entah di bidang teknologi atau yang bersifat padat karya. Dengan demikian, saya bisa membantu mereka yang mencari lowongan kerja. Saya juga harus mendaftarkan mereka pada BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan sehingga kesejahteraan lahir batin bisa diupayakan, meskipun mereka adalah pegawai non-PNS.

Mudah-mudahan.

289 Views
Write your answer View all answers to this question