selasar-loader

Berapa banyak korban pada Perang Dunia II?

LINE it!
Answered Mar 02, 2018

Muhamad Iman Abdurahman
Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian Universitas Gadjah Mada / RK 8 Yogyakarta

Pada era Perang Dunia II, dilaporkan total korban tewas mencapai lebih dari 60 juta orang. Jumlah tersebut diperkirakan 2% dari total populasi dunia pada tahun 1939 (sekitar  2 miliar jiwa). Angka tersebut merupakan jumlah korban tewas akibat konflik militer terbesar dalam sejarah umat manusia. Jika kematian karena penyakit dan kelaparan akibat perang diperhitungkan, maka jumlahnya mencapai 80 juta jiwa.

Selama Perang Dunia II, Jerman mulai menginvasi Uni Soviet pada tahun 1941. Banyak laki – laki yang kemudian dibunuh atau diculik untuk dijadikan sebagai tahanan dan kemudian dianiaya oleh kelompok Nazi. Setelah Perang Dunia II selesai, hanya 1.100 laki – laki tersisa hidup dari 3.400 laki – laki yang lahir pada tahun 1923 di Soviet.

Kemudian pada Operasi Barbarosa yang merupakan bagian dari rencana Hitler, dimana dalam rentang waktu delapan bulan, Nazi telah membunuh 2,8 juta tahanan Soviet. Nazi membunuh para tahanan dengan sangat kejam, seperti membiarkannya kelaparan hingga tewas, menyemprotkan gas beracun, dan membakar mereka hidup – hidup.

 

sumber : www.kampungbaca.com
 

117 Views
Write your answer View all answers to this question