selasar-loader

Apa saja fakta BPJS Kesehatan yang wajib diketahui?

LINE it!
Answered Mar 02, 2018

BPJS Kesehatan tentu bukan hal yang asing di telinga kita. Namun, bisakah kamu memberitahukan fakta-fakta terkait badan usaha penyelenggara sistem jaminan kesehatan nasional ini? Yuk, jawab tantangan Selasar dengan sharing ilmu kamu di sini!


Fani Widianingsih
Love to learn, learn to love

Peserta BPJS Kesehatan bisa berobat saat mudik.

Ini adalah fakta tentang BPJS yang saya tahu dari Kepala Grup Manajemen Pelayanan Kesehatan Primer BPJS Kesehatan, Fachrurrazi. Melalui keterangan pers pada Kamis, 15 Juli 2017, ia mengimbau peserta BPJS Kesehatan untuk membawa kartunya saat mudik, karena bila terjadi sesuatu, mereka bisa berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan.

Ini yang saya kutip dari sebuah situs berita. ”Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan ini berlaku sejak 19 Juni sampai 2 Juli 2017. Jangan lupa, ini hanya berlaku bagi peserta yang tidak telat bayar iuran (jadi mendingan jangan telat bayar deh, hehehe). Saya belum tahu apakah kebijakan yang sama akan diberlakukan kembali tahun ini. Mudah-mudahan deh, ya.

Untuk mengecek iuran peserta, peserta BPJS dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile (mungkin maksudnya Mobile JKN) pada Menu Cek Iuran, sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan. Saya melihat ada pertanyaan di Selasar tentang fitur yang sebaiknya ada pada BPJS Kesehatan mobile (Ini linknya: Apa fitur yang sebaiknya ada pada BPJS Kesehatan Mobile?). Seru juga, tuh!

Di samping itu, selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, melakukan konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

296 Views
Write your answer View all answers to this question