selasar-loader

Bagaimana anak kos menjaga pola hidup sehat?

LINE it!
Answered Mar 02, 2018

13Apa8DyS8uaNHEqbGlAWtu-pdvVfecm.jpg

Anak kost, terutama yang berstatus pelajar dan mahasiswa, identik dengan makan apa aja yang penting makan. Awal bulan mendapat kiriman dari orang tua bisa untuk makan di restoran. Ketika akhir bulan mulai makan yang instan-instan. Bahkan ada meme yang menggambarkan anak kost makan nasi, kerupuk, dengan kecap yang botolnya dibalik alias kecapnya sisa sedikit. Kocak tetapi ada benarnya juga.

Padahal anak kost juga perlu menjaga pola hidup sehat supaya lancar menjalankan aktivitas. Kementrian Kesehatan RI mencanangkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), salah satunya dengan membatasi konsumsi 5 sdm minyak goreng, 1 sdt garam, dan 4 sdm gula per hari.

Terkadang kesibukan membuat anak kost kurang memperhatikan asupan tubuh. Selain itu ada dilema antara biaya konsumsi dengan kebutuhan lain, misalnya untuk membayar kost,membeli buku, biaya photocopy, mengerjakan tugas, PDKT ke gebetan, pulsa HP, juga internet.

Sebenarnya untuk urusan pulsa dan paket data internet, anak kost dapat menggunakan Combo Xtra dari XL yang memberikan paket internet dengan Xtra Nelpon ke semua operator. Atau buat yang suka begadang ada XL Super Ngebut yang menyediakan kuota internet besar di malam hingga pagi hari. Mau mengerjakan tugas di kampus, kafe, atau kost tetap bisa online.

Selain membatasi konsumsi makanan sesuai anjuran pemerintah, apa yang bisa dilakukan anak kost untuk menjaga pola hidup sehat?


Rizky Anwari
Mahasiswa Prodi Matematika, Universitas Gadjah Mada

Dapat dilihat dari dua aspek. Pertama dari kesehatan tubuh, yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang juga banyak minum air putih. Aspek yang kedua adalah dari segi kesehatan lingkungan. Bersihkan selalu tempat tidur, rapikan barang-barang dan buang yang tidak perlu. Pastikan kostan memiliki ventilasi udara yang cukup dan cahaya matahari agar dapat masuk.

156 Views
Write your answer View all answers to this question