selasar-loader

Di mana sebaiknya mencari informasi lowongan kerja BUMN?

LINE it!
Answered Mar 02, 2018

Lowongan kerja BUMN tentu sangat menarik perhatian. Tidak hanya bagi lulusan angkatan kerja baru, tetapi juga bagi pekerja lainnya yang ingin meningkatkan karier. Lalu di mana sebaiknya mencari informasi lowongan kerja BUMN yang terpercaya?


Selasar Karier
Akun Selasar untuk Berdiskusi Mengenai Karier

Informasi lowongan kerja BUMN tentu sangat banyak berseliweran baik di media sosial, broadcast message, platform pencari kerja, ataupun web-web mengenai lowongan kerja terbaru. Di tahun 2018 ini, tentu sangat banyak lulusan perguruan tinggi atau angkatan kerja baru yang berusaha untuk mencari pekerjaan terbaik, biasanya BUMN menjadi salah satu prioritas utama selain CPNS.

BUMN erat kaitannya dengan kemapanan, gaji yang besar, dan karier yang cemerlang karena itulah banyak orang yang berbondong-bondong mencari informasi lowongan kerja BUMN, mengikuti seleksi lowongan kerja BUMN, atau bahkan sampai mengerjakan berbagai macam latihan soal yang mungkin akan diujikan dalam tahap seleksi rekrutmen kerja BUMN.

Di Indonesia sendiri, BUMN menjadi primadona. Begitu banyak BUMN yang menjadi pilihan karier bagi masyarakat. Belum lagi, BUMN di Indonesia terdiri dari berbagai bidang pekerjaan sehingga banyak lulusan perguruan tinggi dan SLTA yang tertarik dengan lowongan kerja BUMN.

Tak jarang, informasi yang membanjiri ponsel kita, membuat kita kebingungan untuk mempercayai sumber informasi lowongan kerja BUMN. Begitu banyaknya informasi terkadang disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk mengambil keuntungan dengan cara yang tidak halal seperti melakukan penipuan.

Sudah banyak cerita mengenai hal ini. Berbekal informasi yang berseliweran di media sosial atau broadcast message, para calon pekerja ini mengikuti tes sedemikian rupa agar dapat diterima di perusahaan-perusahaan BUMN terbesar di Indonesia. Hingga pada tahap akhir, mereka dimintai uang untuk biaya transportasi atau biaya akomodasi, yang sesungguhnya sama sekali tidak ada dalam tahapan seleksi BUMN di Indonesia. Sudah ratusan orang yang tertipu dengan cara ini. Tak jarang, ini juga dialami oleh berbagai lulusan universitas negeri ternama di Indonesia.

Untuk itu, di mana sebaiknya kita mencari informasi lowongan kerja BUMN terbaik dan terpercaya?

kZ9ZcaqcojuWhI7HWg0rLFndrQwRKQpc.png

Kamu sebaiknya mengikuti laman resmi Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia. Laman tersebut adalah http://www.bumn.go.id/. Laman tersebut adalah milik pemerintah Republik Indonesia sehingga segala informasi yang ada di dalamnya dapat diikuti dan dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pada laman tersebut, terdapat halaman yang menampilkan lowongan kerja BUMN atau kamu bisa mengakses di http://www.bumn.go.id/halaman/halamankategori/lowongan. Halaman tersebut akan menampilkan lowongan kerja BUMN secara berkala. Kamu akan menemukan informasi mengenai lowongan kerja PT KAI Indonesia, PT Sucofindo, PT POS Indonesia, BUMN besar lainnya, atau bahkan lowongan kerja di kementerian BUMN itu sendiri.

Informasi lowongan kerja BUMN yang terdapat pada laman tersebut akan merujuk pada segala informasi yang berkaitan dengan syarat, posisi, mekanisme seleksi, batas pendaftaran, bahkan hingga imbauan agar calon peserta seleksi mewaspadai penipuan.

Segala informasi lowongan kerja BUMN yang terdapat pada halaman tersebut cukup aktual sehingga kamu bisa dengan mudah mengikuti segala perkembangan yang berkaitan dengan lowongan kerja BUMN di dalam laman tersebut.

hYWTuAuS7UNVCuYf7yaUFvQFya8twaHI.png

Laman resmi kementerian BUMN juga memuat profil dan statistik jumlah BUMN yang dimiliki pemerintah Indonesia dari berbagai bidang. Kurang lebih ada 13 BUMN yang akan selalu memperbarui informasi lowongan pekerjaan di sana. Banyak bukan?

Jadi, daripada kamu mendapatkan informasi dari sumber yang tidak jelas asalnya, tidak ada salahnya kalau kamu mengikuti laman resmi kementerian BUMN ini. Siapa tahu baik kamu, teman, atau orang terdekat kamu akan mendapatkan pekerjaan dari informasi lowongan kerja BUMN yang selalu kamu ikuti setiap harinya di laman tersebut.

Tidak hanya melalui web di atas, kamu juga bisa mulai membangun profil LinkedIn kamu sendiri loh. Setelah selesai menempuh jalur pendidikan, kamu mulai masuk ke dunia yang biasa disebut sebagai dunia nyata, yaitu dunia kerja. Di fase ini, kamu dituntut untuk lebih mandiri dan berani mengaplikasikan hasil belajaranmu. Begitu banyak mimpi yang sudah kamu rencanakan untuk dicapai, begitu indah bayangan tentang karir kamu nanti.

Namun pada kenyataannya, ternyata mencari pekerjaan dan membangun karier tidak semudah yang kamu pikirkan selama ini. Proses memasukkan lamaran ke perusahaan-perusahaan BUMN besar membutuhkan waktu, tenaga, jaringan, dan biaya lain-lain. Tapi, itu dulu.

Sekarang, sudah ada linkedIn yang membantu kamu melakukan semua itu. LinkedIn adalah sebuah media sosial yang ditujukan untuk profesional. Berbeda dengan media sosial lain, LinkedIn dapat dibilang sebagai media untuk memasarkan diri kamu kepada perusahaan atau para profesional lain yang ada di sana.

oi4xI4DE2JfzrRRWLLJn2F1gFfk1XlnC.jpg

Perusahaan yang didirikan oleh Reid Hoffman pada tahun 2002 ini sekarang sudah memiliki 161 juta anggota di lebih dari 200 negara di dunia. Melalui LinkedIn ini kamu bisa mengikuti perkembangan lowongan pekerjaan yang diselenggarakan oleh BUMN. Berikut adalah hal yang harus kamu perhatikan:

1. Membangun Profil Profesional

LinkedIn sebagai media sosial bagi profesional memberikan layanan untuk membangun profil profesional kamu. Seluruh data diri, foto, Curriculum Vitae, resume, dan lain-lain dapat kamu muat dan lampirkan di LinkedIn. Tujuannya jelas, agar kamu mendapat kesan awal yang baik dari para profesional lain ataupun perusahaan BUMN besar tujuan kamu.

2. Memperluas Jaringan

Selain kesan awal yang baik, kamu juga memerlukan jaringan yang luas untuk sukses berkarir. Sebagai media sosial online, LinkedIn membantu kamu untuk berinteraksi dengan semua orang di seluruh dunia. Dunia online memberikan kemudahan untuk dapat mengenal orang lain tanpa harus bertemu. Di LinkedIn, kamu dapat membuat profil profesional kamu dan dengan adanya profil profesional itu, kamu dapat menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau bekerja di bidang yang sama. Kamu juga bisa mencari kenalan orang-orang yang terlebih dulu bekerja di BUMN dan membangun koneksi dengannya. Ingat, koneksi merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan seseorang.

3. Menjaga Hubungan Dengan Teman Lama

LinkedIn dapat membantu kamu dalam menemukan teman lama kamu yang mungkin dapat diajak bekerja sama atau memiliki bidang yang sama. Hal ini sangat berguna karena manusia cenderung akan lebih percaya kepada orang yang sudah dikenal sejak lama. Tentunya dengan bekerja sama berdasarkan rasa saling percaya yang tinggi akan membuahkan hasil yang tidak mengecewakan.

4. Memudahkan Kamu Melamar Pekerjaan

Dalam LinkedIn, ada fitur yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan dari perusahaan-perusahaan ataupun BUMN ternama. Hanya dengan satu kali klik, kamu dapat langsung melihat sederet lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan baik yang besar atau kecil. Dengan ini, kamu tidak perlu buang-buang waktu, tenaga, biaya print, transport, dan lainnya karena lamaran tersebut langsung tersambung dengan akun LinkedIn kamu yang sudah memiliki data diri lengkap.

5. Membuka Kesempatan untuk Direkrut oleh Perusahaan

Banyak eksekutif perusahaan yang memiliki akun LinkedIn. Seperti halnya portfolio kehidupan profesional kamu, tentu LinkedIn cukup penting bagi para profesional. Karena akses yang mudah untuk mengetahui data profesional lainnya, maka tak heran bahwa banyak juga para eksekutif yang menggunakan LinkedIn untuk merekrut seseorang. Oleh karena itu, perbaharuilah akun kamu agar kamu dapat lebih dikenal oleh mereka.

6. Memperlihatkan Keahlian

Dalam LinkedIn, ada fitur yang membuat kita dapat berkomunikasi dengan orang lain. Melalui hal ini, kamu dapat menunjukkan keahlian kamu ketika mendapat pertanyaan terbuka dari orang lain. Cara kamu menjawab dan jawaban yang kamu berikan akan dapat membangun citra kamu menjadi lebih baik.

7. Mendapatkan Informasi dan Inspirasi Terbaru tentang Pekerjaan Minatmu

Dalam segala hal, kamu harus selalu mau belajar dan berkembang. LinkedIn menyediakan informasi dan inspirasi terbaru yang pastinya berguna untuk kamu ketahui agar pekerjaanmu menjadi lebih baik lagi. Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat lebih mengembangkan diri dan menjadi orang yang lebih baik dalam bekerja. Kamu juga dapat meneladani hal-hal yang dilakukan petinggi BUMN dalam mengurus perusahaan-perusahaan besar itu.

Selin itu, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kamu ketika menjadikan LinkedIn sebagai platform pembangun profil profesional kamu. Hal-hal di bawah ini adalah hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan pada halaman LinkedIn kamu:

1. Mengabaikan pesan dari perekrut

Mungkin Anda sudah cukup puas dengan pekerjaan saat ini. Namun jika ada yang mengirimkan penawaran pekerjaan, jangan abaikan. Ada baiknya Anda tetap membalas pesan mereka. Balas saja dengan jujur dan katakan Anda saat ini tidak sedang mencari pekerjaan.

Tinggalkan kesan terbuka untuk kontak masa depan. Lebih baik lagi menawarkan untuk mengenalkan kandidat yang mungkin cocok untuk kebutuhan mereka. Namun sebelum itu, tetap tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan Anda.

Sebaliknya jika Anda sedang membutuhkan pekerjaan baru, jangan tambahkan profil seseorang hanya untuk bertanya soal kesempatan kerja di perusahaan mereka. Anda bisa mengunjungi situs perusahaan mereka.

2. Lupa mematikan notifikasi pemberitahuan update profil Anda

Jangan bombardir koneksi LinkeInd Anda dengan puluhan update. Saat Anda ingin meng-update profil Anda, jangan lupa terlebih dulu masuk ke halaman Pengaturan lalu aktifkan menu “Turn on/off aktivitas Anda” di bawah Kontrol Privasi.

Setelah Anda selesai, kemudian Anda mengaktifkan kembali kembali sehingga orang dapat melihat ketika Anda mendapatkan pekerjaan baru, menambah keterampilan baru, atau merayakan ulang tahun kerja.

3. Jangan posting hal pribadi terlalu sering

Idealnya Anda dapat  posting dua atau tiga artikel atau mengiklankan situs pribadi perhari. Atau beberapa kali per minggu. Dengan begitu Anda akan tetap selalu terlihat tanpa membuat jaringan profesional Anda merasa terganggu.

Ini adalah jaringan profesional, dan bersikaplah layaknya demikian, jangan posting foto anak, keluarga, atau liburan. Tersedia media sosial lainnya untuk keinginan berbagi yang satu ini. Satu lagi, jangan pernah menanyakan nomor telepon atau kontak melalui update status secara terbuka.

713 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored

Author Overview


Selasar Karier
Akun Selasar untuk Berdiskusi Mengenai Karier