selasar-loader

Apa tradisi dalam keluarga Anda yang khas dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri?

LINE it!
Answered Feb 27, 2018

Eka Primadestia K
Administrasi Negara UI - Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

Hari Raya Idul Fitri merupakan suatu moment kebersamaan yang mungkin dinantikan oleh sebagian orang, karena di moment itulah keluarga yang jauh merantau akan pulang ke asal kampungnya untuk bersilaturahim kepada sanak saudara mereka yang berada di kampung halaman. Dan setiap keluarga pasti memiliki budaya-budaya tersendiri ketika menyambut hari raya idul fitri tersebut, karena kebudayaan tersebut juga dipengaruhi oleh latar belakang daerah. Kemudian, bagaimana dengan tradisi keluarga saya di saat idul fitri ?

Keluarga saya merupakan keturunan jawa asli, sehingga mungkin tradisi yang dilakukan hampir sama dengan beberapa keluarga yang di Jawa lainnya. Tradisi yang biasanya dilakukan antara lain :

1) Selepas Sholad Idul Fitri, melakukan sungkeman kepada orangtua dan keluarga inti di rumah seperti kakek-nenek, om-tante dan sebagainya.
2) Adanya sungkeman (salim-salim) dengan seluruh tetangga di kampung biasanya dengan mengunjungi dari satu rumah ke satu rumah berikutnya. Atau pernah juga dengan berkumpul di lapangan (membentuk lingkaran) dekat mushola untuk salim-saliman dengan berputar ke semuanya.
3) Adanya kupat / lontong dan semur ayam, ini merupakan menu wajib di rumah meskipun menu tersebut juga sering disajikan di hari-hari biasa.
4) Bersilaturahim ke rumah saudara yang jauh dengan menggunakan mobil ataupun ditambah motor dengan keluarga besar. Disinilah terdapat moment bagi-bagi uang dari saudara yang dikunjungi atau dari keluarga inti kepada keponakan-keponakan yang berkunjung ke rumah.

Dan bagaimana dengan tradisi di keluarga Anda ?
Pasti terdapat kekhasannya masing-masing dan keseruan dalam kebersamaan tersebutlah yang tidak akan tergantikan oleh apapun :)

157 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored