selasar-loader

Apa yang akan terjadi jika semua nasabah suatu Bank menarik semua uang mereka?

LINE it!
Answered Feb 04, 2018

Andre Basrija
Accounting Student of UNPAD | Awardee Rumah Kepemimpinan Bandung

Menurut saya, ada tiga pihak yang secara langsung merasakan imbas dari peristiwa penarikan semua uang yang dilakukan oleh nasabah pada suatu Bank.

Pihak pertama adalah BANK itu sendiri. Uang yang mereka kumpulkan dari nasabah adalah senjata dan nyawa utama mereka. Uang nasabah menunjukkan identitas kekayaan yang membedakan kekuatan bank yang satu dengan yang lainnya dalam menjalankan aktivitas operasional dan fasilitas keuangan yang mereka sediakan. Uang tabungan dari nasabah diputar lagi untuk nasabah yang lain, misalnya untuk pemberian pinjaman dan jasa kredit. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jika para nasabah suatu bank menarik semua uang mereka, maka dapat dipastikan Bank tersebut akan mati dan tidak dapat meneruskan kegiatan operasionalnya. Mengapa? Karena mereka tidak memiliki bahan bakar utama untuk menjalankan mesin keuangannya.

Selanjutnya adalah MASYARAKAT. Nasabah suatu institusi keuangan adalah masyarakat luas, bahkan hampir semua masyarakat memiliki akun di satu atau lebih Bank. Saat mereka menarik semua uang yang mereka miliki di Bank, maka jumlah cash on hand mereka akan sangat besar. Sifat manusia yang konsumtif akan membuat perputaran uang di masyarakat akan semakin cepat. Bertambahnya jumlah uang yang beredar di masyarakat dapat menyebabkan terjadinya inflasi karena masyarakat begitu mudahnya mengeluarkan atau menghabiskan uang yang mereka miliki mengingat banyaknya cash on hand mereka. Hal ini dibuktikan oleh formula Irving Fisher, yaitu M (money) x V (velocity) = P (price) x T (transaction). Saat jumlah uang beredar (M) besar dan kecepatan perputarannya ata perpindahannya (V) juga tinggi, maka jumlah transaksi (T) yang terjadi juga tinggi. Sisi kiri (M x V) yang bernilai tinggi akan membuat P (price) terpaksa meninggikan dirinya karena teman sisi kanannya (T) juga bernilai tinggi agar adanya hasil "sama dengan" antara sisi kiri dan kanan. Inilah yang dikenal dengan inflasi. Kenaikan harga yang disebabkan oleh kenaikan jumlah uang beredar, kecepatan peredaran uang, dan frekuensi transaksi.

Lalu yang terakhir sudah pastilah PEMERINTAH. Sesungguhnya pemerintah ini adalah pihak yang terlibat di titik akhir, yaitu regulasi. Saat jumlah uang yang dipegang masyarakat sangat besar, maka pemerintah akan berupaya menciptakan regulasi-regulasi yang mengurangi jumlah uang beredar tersebut agar nantinya inflasi dapat diatasi dan ditekan. 

594 Views
Write your answer View all answers to this question