selasar-loader

Berapa banyak programmer yang biasanya terlibat dalam membuat/mengembangkan sebuah website?

LINE it!
Answered Feb 03, 2018

Royyan Dzakiy
Passionate about IT, startups and IoT! Let's discuss!

Untuk jawaban singkat, saya asumsikan website yang dibutuhkan harus dibuat dari 0 baik segi Front-End (tampilan depan) dan Back-End (CMS, Web Services, Server, Database). Baiknya minimal 3 orang, dengan minimal 1 mengisi di bagian Front atau Back. Kelak alokasi satu lagi bisa disesuaikan dengan kompleksitas web yang dibuat, apakah lebih kompleks di desain dan konten atau lebih kompleks pertukaran data dan web servicenya.

Untuk jawaban panjang, saya akan menjawab dengan tergantung scope website yang hendak anda buat. Scope disini adalah seberapa kompleks web yang dibuat baik dari segi teknologi maupun konten. Bicara teknologi, bisa saja sebuah laman depan sederhana dengan memanfaatkan HTML dan CSS dikatakan sebagai sebuah website. Tentunya ini bagi siapapun belajar sehari bisa jadi cukup dan tentunya dapat dilakukan sendiri. Tapi seiring banyaknya konten maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama (dan penambahan jumlah orang hanya sekedar untuk mempercepat hal itu saja). Bahkan sekarang sudah banyak template website yang dapat ditanam di web host dan sudah akan memberikan tampilan layaknya blog profesional, baik dari segi desain tema (Front-End), hingga berbagai fungsionalitas seperti plugin, extension dan Content Management System (Back-End). Maka cukup 1 atau 2 programmer untuk mengisi pekerjaan ini karena kompleksitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun jika bicara teknologi yang sudah menggunakan MEAN stack atau Full Stack website, maka akan dibutuhkan lebih banyak orang dengan keahlian yang berbeda pula. Sebut saja Front-End Engineer dan Back-End Engineer. Disini saya tidak akan menjelaskan apakah peran mereka tapi sederhananya dengan penambahan keahlian yang dibutuhkan, maka butuh lebih banyak orang juga. Kelak dengan bertumbuhnya website, lalu konten, traffic dan data semakin banyak, maka akan butuh lebih banyak lagi orang untuk mengontrol perubahan yang terjadi. Bahkan untuk website profesional bisa jadi butuh belasan sampai puluhan programmer (atau lebih tepatnya software engineer) untuk terus memantain, mendevelop dan menghembuskan nafas inovasi pada website ybs.

Salam~

188 Views
Write your answer View all answers to this question