selasar-loader

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

LINE it!
Answered Feb 03, 2018

Taufiq Anggara
Ekonomi Islam Unpad'15 | Rumah Kepemimpinan Regional 2 Bandung

Yang saya ketahu adalah bahwa ISIS memberikan beberapa jaminan kepada orang-orang yang secara sukarela bergabung dengan ISIS, di antaranya adalah jaminan hidup di Suriah. ISIS juga berhasil 'memanfaatkan' dalil-dalil yang ada (terutama mengenai jihad) untuk menarik para pengikutnya sehingga mau bergabung. Usaha ISIS dalam memperbanyak pengikutnya tidak semata-mata tanpa adanya dukungan dari pihak-pihak lain di luar ISIS, terutama jaringan-jaringan teroris yang ada di berbagai penjuru dunia. Konteks permasalahan yang diangkat oleh ISIS yang kemudian dijadikan alasan dalam berjihad pun banyak yang 'disesuaikan' dengan keadaan masyarakat muslim dunia pada umumnya, fobia islam misalnya.

Namun faktanya orang-orang yang memutuskan untuk bergabung dengan ISIS tidak sedikit yang dikecewakan atau merasa tertipu ata segala yang dijanjikan ISIS kepada mereka. Tak sedikit juga yang menyesali kesalahannya dan menganggap apa yang dilakukannya sebagai dosa besar yang sangat dilarang oleh Islam. Kebanyakan dari mereka reaktif atas apa yang ditawarkan ISIS kepada mereka.

Tak lain bahwa pemahaman agama yang tidak baik dan komprehensif adalah penyebab utamanya. Selain itu kondisi ekonomi juga menjadi salah satu penyebabnya, sehingga mereka mudah tergiur akan tawaran-tawaran yang diberikan ISIS. Islam melarang pembunuhan pada konteks yang salah, apalagi membunuh sesama muslim.

Ada banyak kajian-kajian yang membahas tentang substansi jihad yang sebenarnya. Para ulama pun sepakat bahwa apa yang dilakukan ISIS merupakan perbuatan yang salah menurut Islam, bahkan menciderai Islam itu sendiri.

Wallahua'lam

159 Views
Write your answer View all answers to this question