selasar-loader

Apakah mereka yang gemar membaca buku selalu lebih pintar dari mereka yang tidak membaca buku?

LINE it!
Answered Feb 03, 2018

Heri Kurniawan
Peserta Rumah Kepemimpinan Regional 7 Makassar

Buku adalah gudangnya ilmu, banyak ungkapan mengatakan Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. jangan biarkan ilmu terkurung dalam buku, selembar dua lembar dari membaca buku pasti akan terdapat ilmu baru yang akan dipahami. Melatih diri untuk membaca akan mendapatkan banyak manfaat misalnya menstimulasi mental. Dengan membaca buku dapat menjaga otak agar bisa tetap aktif sehingga dapat melakukan fungsinya secara baik dan benar. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa dengan membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan demensia.

Namun apakah orang yang rajin membaca akan lebih pintar dari mereka yang jarang membaca, sejauh ini memang betul bahwa orang yang rajin membaca akan mendapatkan ilmu yang lebih banyak jika dipandang dalam konteks ilmu yang sama. Namun dalam ilmu yang heterogen bisa saja pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar misalnya saja pengetahuan umum, bagi orang yang jarang membaca dan lebih suka menggunakan media sosial misalnya instagram, mereka akan mendapatkan dengan mudah membaca pengetahuan yang pendek dan sederhana. Meski begitu pengetahuan tersebut bisa saja dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal.

Ilmu saat ini memang tidak melulu harus didapatkan dari buku, dengan semakin meluasnya teknologi ilmu baru dapat dengan mudah diperoleh dari berbagai media misalnya Televisi, internet, radio, dan lainnya. Namun meski begitu ada nikmat tersendiri ketika dapat memilki, membaca, dan menyelesaikan suatu buku dan ditambah dapat memahami suatu buku.

131 Views
Write your answer View all answers to this question