selasar-loader

Apa penyebab utama kemacetan tol dari Jakarta ke Bandung? Apa yang bisa dilakukan masyarakat sebagai solusinya?

LINE it!
Answered Feb 02, 2018

Kemacetan tol dari Jakarta ke Bandung semakin macet setiap hari. Media memberitakan bahwa panjang antrian kemacetan di tol Jakarta - Bandung bisa mencapai beberapa kilometer pada akhir pekan. Pada masa libur panjang atau mudik kemacetan ini bisa mencapai 30 km. Kemacetan ini banyak terjadi dari tol Cikampek hingga tol Cipularang.

Sebagai masyarakat Indonesia, kemacetan Jakarta-Bandung merupakan tanggung jawab masyarakat juga. Silahkan jawab pertanyaan di atas dengan analisis atau pengalaman kamu, lebih baik jika menampilkan data. Juga ceritakan apa yang bisa dilakukan masyarakat untuk menyelesaikan masalah kemacetan ini!


Muhammad Ali Izzah
Mahasiswa Penggiat Tata Ruang

Tol memang jalan paling nyaman bagi kendaraan pribadi. Aksesnya yang besar serta bisa mendapatkan kecepatan yang tinggi membuat jalan ini walaupun berbayar tetap menjadi primadona pilihan warga Ibukota. 

Transportasi merupakan masalah sistemik yang tidak dapat berpisah dengan sistem lainnya, terutama dengan sistem transportasi lainnya. Bagi kita masyarakat biasa yang mungkin tidak bisa menerapkan kebijakan seperti yang pemerintah lakukan, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan :

1. Minimal, bertanggungjawab dan 'berkorban' diri sendiri. Sekali-kali cobalah transportasi alternatif lain salah satunya ialah kereta. Dengan begitu, secara tidak langsung kita sudah berkontribusi untuk mengurangi macet setidaknya minimal berkurang satu mobil.

2. Cobalah tempat-tempat baru selain Bandung. Toh ternyata banyak juga potensi pariwisata lokal yang berada di Jawa Barat, tidak melulu harus ke Bandung. 

3. Tertib berlalu lintas, karena sejatinya ketertiban dan keteraturan memudahkan aparat untuk mengatur lalu lintas lebih baik.

Mungkin itu dari saya, semoga berguna.

243 Views
Write your answer View all answers to this question