selasar-loader

Apa saja hal yang membuat orang Jawa lebih baik daripada yang lain?

LINE it!
Answered Feb 02, 2018

Lutfiningtyas Maharani
Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM l Rumah Kepemimpinan Region 3 Yogyakarta

Pasca program Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyrakat Universitas Gadjah Mada di Provinsi Jambi, saya merasakan bahwa orang Jawa memiliki keistimewaan yang membuat mereka di sukai banyak orang. Budaya Jawa yang diajarkan orang tua dan tertanam di lingkungan sehari-hari diantaranya :

1. Orang Jawa terkenal ramah

Meskipun baru sekali bahkan belum pernah kenal orang jawa pasti suka senyum dan mengangguk. Jika anda menjumpai dua karakter itu,pasti bisa diindikasikan dia orang jawa. Hal inilah yang membuat orang lain suka dan senang bergaul dengan orang jawa.

2. Menjunjung tinggi norma kesopanan

Dalam kamus bahasa Jawa alias Pepak,ada beberapa macam tingkatan bahasa, diantaranya ngoko (kasar dan alus), krama, dan krama inggil. Penggunaan bahasa ini bergantung pada lawan bicara yang dihadapi, dan kadang bisa mencerminkan status sosial di masyarakat.

3. Menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dan kebersamaan

"Mangan ra mangan sing penting kumpul" atau "makan tidak makan yang penting kumpul"

"Guyub agawe santoso" atau bisa dimaknai dengan Gotong royong membangun peradaban (hidup) yang lebih baik

Itulah beberapa istilah yang akrab di telinga masyarakat Jawa.

4. Suka merantau

Ketika saya mengunjungi Kab. Tobo Jambi, saya menjumpai kampung transmigran yang isinya semuanya orang jawa. Kebanyakan mereka berasal dari daerah Jawa Tengah seperti Sragen dan Jawa Timur seperti Sidoarjo. Mengingat pulau Jawa yang semakin padat mereka suka merantau ke luar Jawa untuk mencari kehidpan yang lebih baik. Banyak orang Jawa merantau ke luar Jawa berprofesi sebagai pedagang dan petani yang sukses. Banyak dari mereka yang lebih memilih tinggal di daerah rantau dan pulang ke kampung halaman hanya saat lebaran atau rindu dengan sanak saudara.

5. Mudah Beradaptasi

Karena memiliki jiwa sosialis yang tinggi sangat mudah bagi orang jawa untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

6. Ulet dan Pekerja Keras

7. Sungkan

Tidak enakan. Karakteristik yang paling khas dari orang jawa. Jika ada masalah atau hal yang tidak cocok dengan hatinya tidak mudah frontal untuk mengutarakan karena memiliki perasaan tidak enak dan tidak tega pada orang lain

138 Views
Write your answer View all answers to this question
Sponsored