selasar-loader

Mengapa saya justru merasa lelah ketika bangun tidur?

LINE it!
Answered Feb 01, 2018

Apa penyebabnya? Bagaimana cara mengatasinya?


Andini Ika
Mahasiswa Farmasi UI l Peserta Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional 1 Jakarta

Pada dasarnya tidur memang menjadi kebutuhan manusia untuk dapat mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Akan tetapi jika setelah tidur badan justru terasa lelah atau lemas, kemungkinan kualitas tidur kita dapat dikatakan kurang baik. Kualitas tidur yang kurang baik menurun sebenarnya dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya adalah tingkat stress yang tinggi, lingkungan di sekitar saat tidur yang kurang nyaman untuk tidur, rasa cemas, dan masalah psikologis lainnya. 

Selain karena kualitas tidur yang kurang baik, kondisi badan yang lemas setelah bangun tidur juga bisa disebabkan karena hal lain seperti anemia, dehidrasi, hipotensi, cuaca yang tidak baik, hipoglikemia (kondisi gula darah rendah), belum makan, terlalu banyak makan, terlalu lama tidur siang, kurang olahraga, efek samping obat tertentu, atau kondisi tubuh yang sedang tidak fit.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik sbenarnya ada beberapa usaha yang dapat dilakukan seperti istirahat yang cukup dan tidur 7-8 jam/hari, membatasi tidur siang 20-30 menit saja tiap harinya, memiliki jadwal olahraga teratur, minum air putih 2-3 liter/hari, makan makanan sehat dan bergizi, membiasakan pola hidup sehat. menghindari makan makanan yang berat saat akan tidur, menghindari konsumsi kafein saat malam hari, dan mengelola stress dengan baik

Apabila usaha diatas sudah dilakukan akan tetapi masih sering merasa lemas saat bangun tidur sebaiknya lakukan berkonsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui kemungkinan penyebab badan lemas sehingga dapat bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

245 Views
Write your answer View all answers to this question