selasar-loader

Apa arti muhrim sebenarnya?

LINE it!
Answered Feb 01, 2018

Ridwan Hidayanto
Dokter Gigi Muda | Unair | Rumah Kepemimpinan Angkatan 8 Regional 4 Surabaya

b.PNG

“Muhrim” dan “Mahram”, keduanya merupakan istilah yang sering diucapkan masyarakat dalam sehari-hari. Akan tetapi namun pada persoalan ilmu fiqh agama Islam, tentang hukum larangan nikah bagi yang ada pertalian darah (nasab) dan sepersusuan dikenal dengan istilah “Mahram”.

Kesalahpahaman antara istilah “Muhrim” dan “Mahram” ini sendiri di masyarakat disebabkan oleh karena banyak dari mereka yang belum mengerti akan kebenaran istilah itu sendiri dari bahasa Arab. Para ulama dan da'i sendiri jarang menjelaskan hal ini di masyarakat sehingga kesalahan ini terkesan menjamur di masyarakat itu sendiri, bahkan di kalangan intelektual. Padahal dua kata ini artinya jauh berbeda, sekilas tulisan Arabnya memang sama, namun harakatnya berbeda. Berikut keterangan mengenai hal tersebut dan juga penjelasan secara susunan huruf dalam istilah “Mahram” dan "Muhrim".

1.    Muhrim, huruf mim ( م ) mesti dibaca dhammah, dan ra’ ( ز ) dibaca kasrah, jadi artinya adalah “Orang yang melakukan Ihram ketika melaksanakan ibadah haji atau umrah dikala memasuki daerah miqat, kemudian setelah mengenakan pakaian ihram, juga harus menghindari semua larangan ketika sedang ihram, jadi orang semacam ini disebut dengan “Muhrim”. asal kata dari “Ahrama-yuhrimu-ihraaman-muhrimun.

2.    Mahram, huruf mim ( م ) dan ra’ ( ز ) mesti dibaca fathah, jadi artinya adalah orang yang haram dinikahi karena sebab tertentu, untuk memahami apa saja sebabnya dan siapa saja mahram kita, maka lihat pula aturan tentang mahram berikut ini.

Jadi apabila ingin menyebut saudara dan keluarga yang haram dinikahi maka kata "Mahram" adalah istilah yang paling tepat, sedangkan kata "Muhrim" sebagaimana telah disebutkan di atas merujuk pada istilah untuk orang yang telah melakukan ihram untuk haji atau umrah.

#Jawabanku Januari 2018
#Rumah Kepemimpinan
#RK Regional Surabaya

2574 Views
Write your answer View all answers to this question